Rabu, 09 November 2011

MAKANAN LAIN YANG BISA DIJUMPAI DI PALEMBANG

Dalam menyambut SEA GAMES ke 26 di Palembang Jakarta, Blog Pujangga Piping mensupport pelaksanaan acara tersebut karena sebagai putra kelahiran Palembang merasa bangga akan terpilihnya Palembang jadi tuan rumah. Dan besar harapan , semua rakyat Palembang dapat mensupport acara tersebut dengan menjaga lingkungan agar aman dan kondusif. Untuk menjaga harkat dan martabat Orang Palembang di mata orang Wisatawan Asing alias atlet yang dari luar negara Indonesia.

Disini saya akan mencoba melanjutkan kembali cerita mengenai makanan Palembang yang ada. Dan memang di Palembang , masih banyak makanan lain selain pempek yang enak untuk disantap dan kalau saya balik ke Palembang , nggak cukup waktu saya untuk makan makanan Palembang secara utuh karena waktu saya berkunjung ke Palembang hanya 4 hari dan kalau ingin menikmati masakan Palembang secara utuh memerlukan waktu 2 minggu.

Setelah kemaren, kita bicara makan makanan Pempek dan turunannya secara utuh, berikut saya akan coba untuk mengenalkan makan-makanan Palembang lainnya yang saya ketahui saja., yaitu :

1. MARTABAK HAR
MARTABAK HAR
   Martabak Har ini sejenis martabak biasa cuma yang berbeda adalah kuah nya dari kuah kentang bercampur dagung sapi dan enak rasanya sangat. Dan ini dapat di jumpai di sepanjang jalan Jend. Sudirman Palembang. Dan anda jangan sampai tertipu dengan kedai-kedai yang menjual martabak lainnya di Palembang, karena cuma di Martabak Har saja yang pas rasanya memakan martabak.

Kalau saya jarang sempat memakan martabak Har ini karena waktu untuk memakan pempek dan turunannya masih belum cukup sehingga sewaktu balik lagi ke Pekanbaru, Martabak Har tak disingahi.


2. LAKSAN PALEMBANG 

Kalau bicara mengenai Laksan tentunya bicara Laksan yang ada di Palembang. Dan bukan Laksa Penang atau Laksa Singapure. Karena Laksan Palembang bisa dikatakan juga merupakan turunan dari Pempek dimana Pempek Lenjer dipotong-potong dan dimasukkan di dalam mangkok dan dikasih kuah semacam kuah soup.
Kalau untuk menikmati Laksan ini biasanya dilakukan di pagi hari alias pada waktu sarapan. Banyak juga orang yang berjualan laksa di Palembang di Pagi Hari tapi biasanya mereka jualan di kedai-kedai kecil atau menjajahkan dari rumah ke rumah. Harganya tak mahal sangat lah. Dan kalau kita orang Malaysia laksan Palembang ini hampir mirip dengan Laksa Malaysia. Tapi laksa Malaysia hampir mirip dengan burgo.

3. BURGO
BURGO
Burgo adalah sejenis makanan Palembang yang dibuat dari beras tumbuk dan dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam mangkok dan diberi kuah santan. Dan biasanya disajikan di pagi hari. Dan burgo ini sangat enak sekali dan kalau di Malaysia lebih mirip Laksa Penang.
Dan Burgo ini dijualnya di kedai-kedai kecil dan biasanya di jual dengan dijajakan dari rumah ke rumah juga.



LAKSA PENANG
Dan waktu saya balik ke Palembang kemaren saya tak menjumpai makana burgo ini dan memang sulit mencari burgo ini karena kemungkinan bahan baku sudah mahal sedang harga jual burgo tak naik-naik. sehingga pasaran burgo menjadi berkurang. Tapi kadang kalau saya mempunyai rasa kangen makan burgo, saya pesan saja Laksa Penang karena rasanya mirip betul dengan burgo.Coba bandingkan antara burgo dengan Laksa Penang ini? Sama Khan?

4. PINDANG MERANJAT ATAU PINDANG PEGAGAN
Kalau pindang ini semacam suop ikan patin atau ikan baung yang dihidangkan di dalam mangkok besar. Dan semua orang yang pernah ke Palembang biasanya menyantap ini juga. Dan rasanya sangat enak apalagi dicampur dengan sambal mangga. Sungguh nikmat rasanya. Dan untuk mencari tempat menjual makanan ini anda bisa mencarinya di Palembang atau di Plaju. Tapi kalau makan di rumah makan yang resmi harganya cukup mahal . Tapi sesekali di Palembang, apa salahnya dicoba dulu..Kalau cocok dilanjutkan kalau tak cocok yach dinformasikan ke kita-kita ini.

Dan kalau di Malaysia atau di Riau dan Medan bisasanya dipanggil dengan sebutan gulai ikan patin atau ikan asam pedas. Karena dari rasa hampir mirip dengan Pindang Ikan ala Palembang. Intinya walau  berbeda tapi isi dan rasanya tetap sama.

DAN TAMBAHAN LAINNYA

PECAL SAYUR
 Pecal dan Rujak tentunya anda belum tahu yang bagaimana bentuknya karena di luar Indonesia, rujak dan pecal jarang ada yang menjualnya dan Rujak dan Pecal ini sebuah makanan yang mengandung gizi yang tinggi karena terbuat sayur-sayuran untuk pecal dan buah-buahan untuk rujak.
Dan kedua jenis makanan tersebut banyak juga dijual di Palembang tapi sebenarnya makanan ini berasal dari Jawa dan tapi sekarang banyak dibuat oleh orang Jawa kelahiran Palembang.
Kalau saya makan Rujak dan Pecal selalu membeli di dekat rumah saya dan dijamin enak deh.

RUJAK BUAH
Bila anda berniat mencicipinya datang saja ke "Toko Pecal dan Rujak Yuk Yati Pecal" yang berlokasi di Jalan Kapt. Abdullah Lrg Wargo Rw. 4 Rt.11 Plaju Darat Palembang.

Dan inilah sekilas mengenai makanan yang tengah beredar di Palembang bila anda sudah bosen memakan Pizza Hut, Mc Donald, KFC ataupun yang lainnya. Dan jangan khawatir apapun yang ada di negara diluar Indonesia hampir bisa dipastikan bisa dinikmati secara halal dan aman.

And If You wanna ask me according Palembang , you can email me at piping_engineer88@yahoo.com

Kuala Lumpur, 9 November 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar