Rabu, 13 Juni 2012

LULUSAN TEKNIK MESIN - MAU JADI APA?

Artikel ini saya coba tulis berdasarkan pandangan saya mengenai lulusan Teknik Mesin, Karena kebanyakan orang beranggapan bahwa lulusan Teknik Mesin kerjanya hanya di Bidang Automotive saja seperti kerja di perakitan sepeda motor atau mobil.

Saya pun pernah berpikiran seperti itu sewaktu diterima di jurusan Teknik Mesin di tahun 1990 lalu di Fakulitas Teknik Universitas Sriwijaya., Karena Waktu itu saya ingin melamar ke Teknik Civil tahunya diterima di Teknik Mesin. Alhamdulillah, aku keterima di PTN. Yang penting kuliah di Negeri. jadi nggak harus keluar uang banyak. Waktu itu biaya kuliah per semester sekitar 120 ribu rupiah termasuk uang praktek. Tentunya sekarang lebih mahal malah bisa berpuluh juta rupiah.

Tentunya anggapan saya terhadap Teknik Mesin itu hanya berhubungan dengan Automotive itu salah. Buktinya kita diajari Mengelas, mengikir dan menggambar..Tapi memang Yang digambar tidak jauh dari roda gigi, piston saja. Ibaratnya kalau sejak kecil kita diajari menggambar pemandangan, tentu yang kita gambar adalah dua buah gunung dan matahari. Aku nggak tahu apakah di perkuliahan teknik mesin masih saja diajarkan menggambar piston dan roda gigi saja, kenapa nggak diajarkan menggambar lainnya seperti system perpipaan dan lain-lain.

Tapi saya dengar sekarang nampaknya sudah ada beberapa universitas yang mewajibkan kuliah teknik mesin mampu mengoperasikan software, dan tentunya sangat bagus orientasinya untuk perkembangan lulusan Teknik Mesin bila ingin terjun di dunia kerja. Sehingga nggak harus selalu kerjanya di dunia Automotive saja.

Saya pun heran kenapa orang selalu berpikiran seorang Lulusan Teknik Mesin harus bisa Bongkar Mobil..Dan itu yang membuat saya rada takut waktu itu karena aku nggak tahu dimana aku bisa magang untuk mendapatkan ilmu jadi mechanic dan akhirnya setelah lulus aku hanya punya ilmu sedikit mengenai bongkar mesin mobil.

Ternyata pemikiran aku salah, bahwa nggak ada keharusan lulusan seorang sarjana teknik mesin harus bisa bongkar mesin mobil, karena aku melihat banyak kakak-kakak kelasku kerjanya di Oil & Gas, Pulp & Paper, dan lain-lain selain bidang Manufacturing. Tapi kesadaranku itu terlambat datangnya karena aku belum punya modal apapun juga untuk bekerja di bidang seperti itu. Dan aku harus ikut training-training yang setidak-tidaknya membutuhkan modal yang besar.

Kenapa kubilang terlambat? seharusnya sebelum aku lulus sarjana teknik dengan gelar ST, setidak-tidaknya aku bisa menggambar dengan menggunakan AutoCad, mengerti dunia kerja dan memahami apa yang kurencanakan untuk masa depanku. Sehingga aku pun tidak menunggu sekian lama untuk mencari pekerjaan. Bila misalnya aku bisa menguasai AutoCad (drawing dengan menggunakan komputer), dan bidang pekerjaan yang mempunyai peluang kerja yang besar seperti Engineering Consultant dan Jadi Client (Pertamina, Chevron, PT Badak NGL dll)

Tapi lulus pun harus mempunyai nilai yang baik dan bagus sehingga memudahkan saya untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik seperti menjadi Client dengan gaji mantap dan permanent. Namun nilaiku IPK pas-pasan yakni 2,76 saja sehingga aku selalu gagal untuk ikut seleksi menjadi yang lebih baik walaupun aku sering lulus dalam seleksi awal. Pernah saya ikut test di Chevron Indonesia untuk menjadi permanent staff sampe 3 periode dan hasilnya tetap saja, gagal deh..hehehehee. Khan kata orang..kegagalan itu adalah keberhasilan yang tertunda...hehehe..Ya tetap optimis saja deh.

Kalau anda ingin cepat mendapatkan pekerjaan, usahakan nilai IPK anda diatas 2, 8 skala 4 atau kalau bisa diatas IPK 3. Dan ku rasa itu bisa didapatkan mengingat sekarang ada istilah semester pendek jadi bisalah digunakan untuk memperbaiki nilai. Kalau jaman saya dulu mana ada yang seperti itu, sehingga kadang harus kuliah 7 tahun dulu kalau mau dapat nilai bagus diatas 3.

Kalau IPK 2,76 yach nasibnya akan seperti saya inilah kerja sebagai tenaga tidak tetap alias tenaga kontrak. Nggak punya karier tapi punya banyak kawan, Tapi sebenarnya bisa juga hidup kok walau jadi tenaga kontrak. yang penting punya banyak teman, baik terhadap teman dan mengerti teman. Tapi itu menurut pendapat saya saja. karena kerja dan info kerja tidak terlepas dari teman.

Bila anda ingin bekerja sebagai design engineer atau bekerja di Engineering Consultant sebelum jadi Client , hendaknya yang harus diperhatikan sebelum lulus, yaitu:
1. Seorang lulusan Teknik Mesin bila dia ingin bekerja di Engineering Consultant biasanya posisinya sebagai Mechanical Engineer - Static , Mechanical Engineer - Rotating dan Piping Engineer.
2. Seorang lulusan Teknik Mesin setidak-tidaknya minimal harus bisa AutoCad. walaupun ada beberapa software yang perlu juga diketahui dan sesuai dengan bidang diambilnya.
3. Setidak-tidaknya harus sudah paham apa yang dimaksud dengan pompa, kompressor, vesel, heat exchanger, piping, valve dll.Tapi kalau tidak tahu pun tak apa-apa, tapi kemungkinan peluang itu kecil.
karena kebaanyakan yang melamar biasanya mempunyai sedikit bekal mengenai bidang pekerjaan yang diaambilnya. Misalnya : mereka mencari Engineer dengan pengalaman 2 tahun, anda coba aja melamar walau anda masih fresh engineer, toh anda sudah mengetahui mengenai piping, pompa ataupun vesel.

Nanti saya coba menuliskan secara global apa-apa saja yang dipelajari selama di kuliah dan hubungannya dengan bidang pekerjaan yang kita ambil nantinya.


= = = = =  = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

http://pujanggapiping.blogspot.com.au/2012/06/privat-belajar-piping-design-online.html




28 komentar:

  1. co,untuk berapo lamo trainingnyo,soalnya di gawean kadang2 dak dapat signal....!

    BalasHapus
  2. Kalau mengenai lama trainingnya tergantung anda mengikuti training ini. Bisa tiga bulan atau enam bulan.

    Nanti saya kasih materi mengenai piping secara bertahap dan diharapkan peserta bisa berinteraksi dan bertanya via email bilamana ada sesuatu yang ingin ditanyakan. Khan metode trainingnya distance learning.

    bila berminat segera email ke iwanadsaputra@yahoo.com.au

    BalasHapus
  3. bagus blognya bos...sangat bermanfaat, semoga para lulusan teknik mesin lebih cepat mendapatkan pekerjaan dengan menguasai bidang yang lebih spesifik dan penguasaan software yang spesifik juga.
    Jika ada waktu luang bisa ke sini untuk saling kerjasama reseller, situs pertama workshop autocad yang menyediakan program reseller di http://autodeskcad-eworkshop.com

    BalasHapus
  4. Terima kasih Mas Walidin. boleh saja kerjasama, tolong email saja ke iwanadsaputra@yahoo.com.au. Salam

    BalasHapus
  5. Mas iwan dapat langsung ke halaman reseller klik di sini
    Di halaman tersebut terdapat penjelasan dan trik yang dapat di download.

    BalasHapus
  6. mna lanjutan artikelnya mas?,ternyata seru jga jdi sarjana teknik

    BalasHapus
  7. Ok Mas. Ntar saya coba jabarkan sedikit tapi jamannya saya kuliah di Teknik Mesih berbeda dengan jaman sekarang...hehehehe.

    BalasHapus
  8. Mantap mas.. saya dari setahun lalu ingin beralih ke Migas, tapi karena terbentur dengan background saya yg lulusan arsitektur, jadinya saya mesti nambahin modal ilmu saya yg bisa sesuai ke bidang Migas. Cari punya cari.. saya disarankan utk lari ke piping design, searching puyna searching ketemu blog ini.. Mantap! Keep sharing boss..

    BalasHapus
  9. mas pake pin bbm ga ? saya mau nanya2 nih sama yang senior soalnya saya masih semester 3 teknik mesin di PTN mas :)

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. thanks gan infonya. lam kenal dari sang pemula

    BalasHapus
  12. thanks infonya gan, jika berkenan kunjungi blog artikel teknik mesin saya

    BalasHapus
  13. artikelnya bagus pak, saya juga berminat untuk kerja di perusahaan migas.
    oiya, saya adik tingkat bapak, teknik mesin unsri 2011, salam kenal buat bapak. kalau boleh minta saran bapak, di jaman sekarang apa saja kualifikasi yang menunjang untuk bekerja bagi lulusan teknik mesin

    BalasHapus
  14. artikelnya bagus pak, saya juga berminat untuk kerja di perusahaan migas.
    oiya, saya adik tingkat bapak, teknik mesin unsri 2011, salam kenal buat bapak. kalau boleh minta saran bapak, di jaman sekarang apa saja kualifikasi yang menunjang untuk bekerja bagi lulusan teknik mesin

    BalasHapus
  15. artikel yg bagus pak, saya jg lulusan teknik mesin d3 politeknik negeri jakarta saya jg lulus dengan ipk pas pasan hanya 2.79 karena mendapatkan ipk di atas 3.00 di jurusan teknik mesin itu gk semudah dijurusan lain kadang orang suka membanding2 ipk sebagai tolak ukur kepintaran seseorang tapi nyatanya kembali lg di dunia kerja bahwa ipk hanya sebatas syarat awal pelamar kerja saja namun yg paling menentukan adalah skill anda dimana anda mampu menguasai ilmu yg sudah dipelajari di dunia kampus dan kemudian diaplikasikan di dunia kerja jd untuk temen2 yg lulusan teknik mesin yg ber ipk di bawah 2.75 jgn patah semangat tunjukin bahwa lulusan teknik mesin mempunyai skill yg lebih di bandingkan dengan jurusan2 lain

    BalasHapus
  16. artikel nya luar biasa pak,
    cap jempol dah..
    hidup teknik...

    BalasHapus
  17. artikel nya luar biasa pak,
    cap jempol dah..
    hidup teknik...

    BalasHapus
  18. Selamat Pagi Admin.semangat selalu saya juga lulusan SMK.alhamdulillah bisa berkiprah di dunia kerja dan sekarang masuk ke dunia bisnis.tetap yakin kita bisa bahagia.SMK BISA.terima kasih

    BalasHapus
  19. menulislah sangat bermanfaat bagi bimbingan karir utk anak sla, saya copy sedikit ya

    BalasHapus
  20. Mas minta pin bbnya saya mau syaring saya lulusan smk mau luliah bingung. Klo g ini pin saya tolong mas 546411bf

    BalasHapus
  21. KISAH NYATA.
    Ass.Saya IBU Yunu Sara.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Nyi Pele,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Hyi Pele alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Nyi,mau seperti saya silahkan hub Nyi
    Dimas di nmr 0823-9350-0556 Nyi Pele,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.PESUGIHAN NYI PELE

    BalasHapus
  22. Saya sekarang sedang kuliah teknik mesin, saya ingin bertanya kira2 kita bisa mengambil sertifikat keahlian tuhh dimana dan kalau di lapangan kerja peluang sarjana teknik mesin kiria2 berapa ??

    BalasHapus
  23. Saya sekarang sedang kuliah teknik mesin, saya ingin bertanya kira2 kita bisa mengambil sertifikat keahlian tuhh dimana dan kalau di lapangan kerja peluang sarjana teknik mesin kiria2 berapa ??

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  25. Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : D04A8185

    BalasHapus
  26. postigan yg bagus pak.buat pemicu semanggat kuliah

    BalasHapus