Selasa, 08 November 2011

MAKANAN KHAS PALEMBANG - "PEMPEK & TURUNANNYA."

Kalau anda para atlet dan keluarga sedang menyaksikan SEA GAMES di Palembang, apa salahnya menyempatkan diri untuk menikmati Makanan Khas Palembang yaitu Pempek atau Mpek-Mpek. Dan di Pelembang bisa di cari di seluruh tempat karena semua sisi di Palembang pastilah menjual mpek-mpek. Yach bisa juga diibaratkan bahwa mpek-mpek ini bisa menjadi sarapan pagi, makan siang atau makan malam. 

Pada umumnya masyarakat Palembang atau yang dilahirkan dibesarkan di Palembang menyukai makanan pempek ini. Yach termasuk saya juga. Tapi sekarang pempek sudah menyebar ke seluruh daerah yang ada di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung ataupun Pekanbaru. Cuma sayang Pempek tidak ada yang menjual di Kuala Lumpur. Jadi kalau saya balik ke Pekanbaru menyempatkan diri untuk membeli Pempek yang rasanya tak kalah dengan Pempek yang dibuat di Palembang karena yang buat Pempek di Pekanbaru kebanyakan orang Palembang juga. 

Kalau ingin mencari pempek di Palembang, coba cari Rumah Makan Pempek Vico atau Pak Raden yang lokasinya di depan Palembang Indah Mall, juga kalau mau bisa datang ke Plaju, di sana ada Rumah Makan Pempek Plamboyan, AP, Candy dll. Tapi kalau lidah saya biasa Pempek Vico. karena sejak kecil saya sudah mengenal pempek Vico. Yah sudah hampir 28 tahun saya menikmati pempek Vico. 

Kalau cerita mengenai Pempek menurut Wikipedia, Pempek itu yang terbuat dari ikan dan sagu. Dimana ikannya harus ikan Belida atau Ikan Gabus.(Baca : ASAL MULA NAMA "EMPEK-EMPEK" MAKANAN KHAS PALEMBANG diterbitkan di Bulan April 2011 di blog ini). Kalau process pembuatan pempek ini rasanya sulit saya jelaskan disini karena saya pun hanya bisa menikmatinya saja. Tapi yang jelas processnya secara ringkas, ikan yang telah dipilih yaitu Ikan Belida, Ikan Tenggiri atau Gabus, dagingnya digiling di mesin penggiling supaya lunak dan lunak banget.
Dan setelah itu dicampur dengan sagu dicampur dengan air sehingga bercampur menjadi satu. setelah bercampur barulah dibentuk-bentuk menjadi jenis-jenis pempek dan bisa divariasikan juga menjadi berbagai jenis nama pempek. misalnya bila dicampur dengan telor namanya pempek telok, bila dicampur dengan bawang namanya pempek bawang, Tapi ada satu nama pempek yang masih membuat bingung yaitu "Pempek Kapal Selam" karena adonannya tidak menggunakan kapal selam sebagai alat bantunya. 

Nama-nama Pempek yang harus anda ketahui sebelum menikmati makanan Pempek adalah :

1. Pempek Telok Kecik
2. Pempek Adaan
3. Pempek Lenjer Kecil atau sekarang dikenal Pempek Jari.
4. Pempek Tahu
5. Pempek Kereteng/ keriting
6. Pempek Pastel
7. Pempek Telok Besak atau lebih dikenal dengan sebutan Pempek Kapal Selam
8. Pempek Lenjer Besak
9. Pempek Panggang. 
10. Pempek Dos (not recommended) karena tidak ada rasa dan variasi. 
11. Pempek Kulit

Makanan Lainnya yang dijual secara bersamaan dengan Pempek yang adonannya ikan dan sagu juga alias turunan dari pempek, yaitu :
1. Tekwan : semacam soap berisi pempek yang dipotong-potong kecil-kecil alias dicomot-comot
2. Model : semacam pempek kapal selam tapi isinya tahu dan ada kuahnya/ soup.
3. Rujak Mie/ Rujak Tahu
4. Lenggang atau dikenal dengan Pempek Lenggang. 
5. Otak-otak
6. Mie Ayam khas Vico.

Dan kalau mau mencari pempek panggang atau pempek lenggang, anda bisa mencarinya di arah menuju ke Jalan Bukit Besar. atau dikenal dengan sebutan "Daerah Takeda" 

Dan untuk menyajikan makanan-makanan pempek ini , penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kekan Mpekcoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. 

Jadi kalau mau makan pempek harus sedia cuko tapi kalau tak tahan pedas yach kasih Kecap Manis saja deh. karena kalau anak-anak saya makan pempek selalu pakai kecap manis yang dituang di atas mangkok. 

Kalau orang makan pempek, cuko nya dianggap sebagai kuah, anggap saja bila anda memakan Bakso pastilah dihirup kuahnya begitu pun orang makan pempek, cuko nya itu dihirup dan diminum. padahal kalau mau benarnya cuko itu cukup panas di dalam perut kita, kalau orang yang nggak tahan bisa kena diare. jadi disarankan bila makan pempek pake cuko, diusahakan makan nasi dulu supaya tidak sakit perut. 

Dan bila ingin menikmati makan pempek sambil minum ada baiknya mencoba dulu "Es Kacang Merah" ya karena es kacang ini adalah semacam peneman dahaga saat menikmati pempek.

Tapi kalau untuk lebih jelasnya mengenai makanan khas Palembang yang satu ini, anda bisa mencarinya di google atau di yahoo. Kalau mau bertanya-tanya mengenai Kota Palembang. Saya akan menjawabnya.

Salam Kuala Lumpur, 8 November 2011. 

"Pujangga Piping Blog ..Official tidak resmi SEA GAMES ke 26 Palembang-Jakarta "


Info : Semua Photo dibawah ini adalah diambil dari internet. Tujuan dimasukkan photo-photo ini adalah untuk pembelajaran agar orang yang melihat dapat memahami jenis-jenis pempek beserta turunannya.
PEMPEK KAPAL SELAM/ PEMPEK TELOK BESAK

"PEMPEK LENGGANG"

PEMPEK "MODEL"

PEMPEK LENJER


PEMPEK PANGGANG

PEMPEK KULIT (ATAS), PEMPEK ADAAN (TENGAH), PEMPEK KERITING (BAWAH)

PEMPEK TELOK KECIK (ATAS), PEMPEK LENJER KECIL/JARI (BAWAH)


MIE AYAM 

RUJAK TAHU

TEKWAN

PEMPEK TAHU

PEMPEK DOS

PEMPEK PASTEL/PSTEL

ES KACANG


2 komentar:

  1. Salam. TQ for this info. Sebelum ini saya fikir Pempek makanan tradisional warga Bandung..

    BalasHapus
  2. Terima kasih Bu atas komentarnya. Masak Pempek makanan asli Bandung Bu?? Tapi memang Pempek Palembang sudah men Indonesia makanya banyak kota di Indonesia yang sudah menyediakan warung Pempek. Jadi nggak perlu jauh-jauh lagi ke Palembang untuk makan Pempek. Kalau Makanan Traditional Bandung yach Oncom Bu..

    BalasHapus