Wednesday, June 20, 2018

TRIP AND TRIK MASUK KE HIJIR ISMAIL DI MASJIDIL HARAM







Sebenarnya tidaklah mudah untuk masuk ke dalam Hijir Ismail ( pada waktu haji 2014 lalu) , dimana pintu masuk dan keluar adalah sama yaitu disisi sebelah kanannya. Sehingga kita harus berhimpit-himpitan untuk masuk dan keluar dari Hijir Ismail dan harus punya keberanian dan keihlasan. Walaupun sudah masuk, kita harus berhimpitan lagi agar bisa melakukan sholat sunnah di sana. 


Tapi kadang ada yang membuat lingkaran untuk menjaga orang untuk sholat sunnah dan bergantian untuk menjaga. Kendala lainnya adalah tidak adanya perbedaan baik bagi wanita dan pria sehingga kadang bisa saja terjadi pelecehan seksual secara tidak sengaja bilamana badan wanita dan pria berhimpitan.


Di Dalam Hijir Ismail, kita tidak boleh melakukan Sholat Wajib dan hanya diperkenankan Sholat Sunnah karena Hijir Ismail adalah bagian dari Kabah. 


Saya disini akan mencoba berbagi tips and trips bagi anda agar supaya bisa masuk ke dalam Hijir Ismail.



1. Harus punya tenaga kuat, tinggi minimal 170 cm, karena diperlukan demikian karena besarnya tubuh orang arab sehingga kadang yang punya badan kecil pasti terhimpit-himpit. Tapi bilamana anda badannya kecil, usahakan ajak yang punya badan besar untuk menemani anda masuk ke dalamnya. Tapi jangan khawatir untuk anda yang berbadan kecil karena bilamana anda punya niat yang kuat dan ikhlas, dan tenaga yang cukup serta membaca ayat-ayat Al Qur'an, anda bisa masuk dan keluar dengan selamat 


2. Mengikuti aliran Thawaf , biasanya saya mengikuti Aliran orang melakukan Thawaf yaitu berputar mengelilingi Ka'bah dan bilamana ada peluang agak sepi di depan pintu masuk Hijir Ismail, anda langsung masuk dan walaupun berhimpit, anda biasanya bisa ke dalam. Jadi harus bisa membaca timing atau kesempatan saat ada peluang masuk ke Hijir Ismail.



3. Waktu masuk ke dalam Hijir Ismail usahakan setelah sholat subuh maupun setelah sholat Isha atau pun setelah sholat  Zuhur dan Sholat Asar. Karena bilamana selepas sholat Maghrib, peluang untuk berada di dalam hijir Ismail lebih sedikit karena kebanyakan orang sibuk mencari makan

4. Bilamana masuk ke dalam hijir ismail usahakan anda mengambil tempat diujung sebelah kiri dari Hijir Ismail karena bilamana anda berada di tengah, anda pastinya tersenggol dan terdorong-dorong saat anda melakukan sholat ataupun berdoa. Kalau anda berada di pintu sebelah kiri, maka Insya Allah tempat tersebut rada sepi dan bebas dari gangguan. Jadi anda bisa melakukan apa saja di dalamnya. karena tidak terganggu orang, saya pun sempat merekam orang terjepit saat thawaf tapi akhirnya saya hapus karena takut kualat. 

5. Bilamana di dalam hijir ismail, diminta hati-hati karena kadang kita tidak tahu apa yang dilempar orang-orang yang melakukan thawaf ke dlaam hijir ismail. Biasanya dinding pembatas hijir ismail itu yang dari keramik itu adalah tempat kumpulnya barang-barang yang terjatuh di lantai thawaf. Jadi kadang kala, sandal, sejadah, dan lainnya dilempar oleh jemaah ke dalam hijir ismail tapi tidak ada batu yang dilempar ke dalam hijir ismail. Saya mungkin beruntung saat orang yang thawaf melempar ke dalam hijir ismail, saya terkena lemparan sejadah. Untuk kisah di dalam hijir ismail lainnya bisa dilihat pada cerita sebelumnya.

6. Bacalah Ayat Kursi, dan sabar serta ikhlas mencari ridho Allah Insha Allah anda bisa masuk dan keluar dari Hijir Ismail dengan selamat. Jaga Emosi Anda, jangan terpengaruh dengan lingkungan. Karena disana orang emosi dan marah-marah tanpa sebab, jadi agar dimaklumi saja.



7. Kalau orang mendorong anda, kasih dia senyuman sehingga dia tidak dorong anda lagi. Kalau ada yang dorong di depan, yach ikutin saja arah dorongan dan usahakan terlepas dari dorongan.

 
8. Setelah anda masuk ke dalam hijir ismail, usahakan anda berada di ujung dekat cincin dan bergerak masuk ke arah kiri Hijir Ismail untuk mencari tempat yang lapang. Saya aja habis subuh sampai jam 7 pagi berada di dalam hijir ismail dan tidak bisa keluar saking ramainya, tapi akhirnya bisa keluar juga dengan membaca Ayat Kursi dan juga mengikuti rombongan orang lain yang keluar.



9. Kalau anda nantinya tidak mampu mencapai ujung sebelah kiri hijir ismail dan hanya bisa sampai tengah doang, usahakan bergabung dengan jemaah haji lainnya yang melindungi orang sedang sholat, dan pastinya anda akan mendapat giliran untuk sholat dan berdoa. Saling bantu di dalam hijir Ismail adalah hal yang biasa. Kalau anda mencoba sholat sendirian di dalam hijir ismail agar berhati-hati karena saking banyaknya orang, anda bisa saja terinjak-injak pada waktu anda sujud. 

 

10. Bilamana anda berada di dalam Hijir Ismail, hendaklah membawa air minum karena di dalam Hijir Ismail tidak tersedia Air Minum. Dan bilamana anda membawa air minum, share lah kepada orang lain yang membutuhkannya. dan jangan khawatir anda dehidrasi memberi minum kepada orang lain. karena Allah yang mengatur semuanya. 

Kalau saya, kebanyakan masuk ke dalam hijir ismail di kala sesudah subuh, sesudah maghrib dan larut malam, karena kalau siang hari udara cukup panas. 


Itulah sepintar mengenai Tips and Trick , bilamana ingin masuk ke dalam hijir Ismail.Dan itu saya alami sendiri selama menunaikan ibadah haji tahun 2014 lalu. Kalau pun nanti berbeda dengan yang anda alami, anggaplah ini sebagai referensi aja



No comments:

Post a Comment