Wednesday, June 13, 2018

APA MAKNA PIPELINE DI MATA PUJANGGA PIPING.

Banyak cerita mengenai pipeline engineer dan banyak yang sudah menulis mengenai arti dari pipeline engineer. Dan anda bisa lihat dari situs situs yang ada dalam mbah google Dan mungkin tak perlu saya jelaskan disini apa itu pipeline engineer

Cuma say ahanya ingin share mengenai apa saya yang berkemungkinan berbeda dengan pekerjaan seorang piping engineer. 

Sebagai pujangga piping, penulis hanya bisa mengambarkan bahwa piping tu adalah sesuaty u perlakukan dengan kekakuan yang nyata sedangkan pipelin itu adalah perlakuan dengan kelembutan. Buktinya piping menggunakan elbow sedangkan pipeline menggunakan bending pipe.

Pipeline banyak berhubungan dengan perlakuan yang sempurna karena dia merupakan main distribusi dari setiap aliran baik gas maupun fluida (minyak/ water) . makanya walau dibilang orang simple tapi nyatanya tak sesimple yang orang duga dimana kadang di dalam kesimplean itu tersimpan lost production yang besar. 

Piping mah kalau ribut dan ngeyel cukup diganti dengan yang baru dan kerumitan di dalam piping itu berbanding terbalik dengan kesimplean pipeline. Pipeline simple tapi kritical sedangkan piping ribet tapi bisa tergantikan.

Pipeline itu banyak macam perlakuannnya seperti perawatan seorang raja dimana agar diperlakukan demikian supaya umur pipeline itu bisa mencapai lebih dari 100 tahun , karena life time pipeline itu sangat berarti bagi perkembangan zaman. walaupun zaman berubah tapi pipeline tetap itu itu saja.

Sedangkan piping diperlakukan seadanya saja , karena kalaupun bertingkah dan mengalami menstruasi / kebocoran tinggal diganti dengan piping baru dan perawatannya pun maksimal juga tapi maksimal sebagai seorang pengawal raja. 

Pipeline mempunyai perawatan yang significant seperti di pipeline kita akan mengenal sesuatu yang berujud Pipeline Integrity dan Pipeline Risk Asessment juga Inline pipeline inspection program implementation (pigging clean & check), serta perawatan harian melalui pengawalan Cathodic Protection 

kalau lainnya seperti Failure Mechanism, Repair Coating, repair , rehabilitation dan regutory Enviroment juga hampir sama dengan piping , cuma mungkin scopenya berbeda , dimana piping scopenya hanya region kecamatan sedangkan pipeline bisa mempunyai scope propinsi atau negara.

kelalaian dalam perawatan pipeline bisa menyebabkan keterpurukan pada lingkungan setempat dan berbahaya bagi mahluk hidup makanya pipeline dimanja dengan perlakuan istimewa semata-mata agar pipeline bisa bertahan sampai ratusan tahun. 

Karena Usia Pipeline itu dipengaruhi (sebelumnya sudah pernah dibahas..red)
1. Design (Perancangan yang bermartabat)
2. Construction yang merekat dan nyaman
3. Cathodic Protection yang melindungi 
4. Pengamanan terhadap kerusakan yang timbul akibat dari luar tubuh pipeline (ketika rock nya tersingkap) ..sehingga kadang perlu ada proteksi terhadap pipeline yang muncul diatas tanah (terbuka Auratnya) sehingga pipeline itu terproteksi dengan baik dan aman terhindar dari gangguan setan yang terkutuk. 

Jadi harap maklum saya bilamana perlakukan terhadap pipeline lebih bermartabat dibandingkan perlakuan terhadap piping. 

Tak ada gading yang tak retak, tak ada pipeline yang bocor itulah harapan kami , pipeline engineer

Salam , 13 juni 2018

No comments:

Post a Comment