Monday, June 11, 2018

PROTECTIVE COATING PADA PIPELINE YANG TERPASANG

Untuk melindungi pemukaan luar under ground pipeline dari kerusakan karena korosi, salah satu cara adalah dengan membalut pipa dengan suatu bahan pembalut yang dapat mengisolasikan pipeline dari lingkungan sekitarnya .

Adapun jenis coating yang umum digunakan ada beberapa macam, diantaranya yaitu :
- Concrete Coating
- Coalter enamel coating
- Polyethelyne coating

Pipa untuk pipeline bisa juga dipesan dalam kondisi sudah tercoating (cat) , tapi kedua ujung-ujungnya harus tetap telanjang secukupnya agar mudah untuk di las. Bilamana sudah di las maka bagian yang masih belum ada pembalutnya akan dibalut setelah proses pengelasan selesai.

namun bilamana saat dibeli pipanya masih belum ada coating nya maka untuk pencoatingan akan dilakukan di lapangan dengan cara yang manual dengan menggunakan mesin .

Tapi sebelum dilakukan pekerjaan coating ada baiknya pipeline tersebut bisa dibersihkan terlebih dahulu agar pembalut/ coating bisa melekat ke atas permukaan pipa.

pemeriksaan coating/ hasil pembalutan dilakukan dengan alat Holiday Detector . Bilamana ada pemasangan coating terpasang tidak sempurna maka alat tersebut akan memberikan kode yaitu dengan alarm berbunyi. Maka coating yang rusak itu harus segera diperbaiki lagi dan seterusnya dilakukan pemeriksaaan ulang


Duri, 11 juni 2018

No comments:

Post a Comment