Monday, September 13, 2010

SYSTEM PENAMAAN ORANG MINANGKABAU - TRULLY OF INDONESIA

Saya mencoba mengupas sedikit mengenai Nama-Nama orang MinangKabau dan Saya pun banyak teman yang berasal dari Minangkabau dan kebanyakan nama-nama bule dan nama-nama jawa..
nama-nama teman saya yang berasal dari nama-nama Barat Alexandra, Yesika Erina, Primadona, Morris Boy, Johannas, Gustina Blow, dan masih banyak teman-teman saya yang memakai nama-nama yang kayaknya bukan orang Minang Kabau.
Dan Ada yang memakai nama Jawa , Ayu dan Irwan Prayitno..
Dan Pak Irwan Prayitno akhirnya menjadi Gubernur Sumatra Barat sekarang karena Beliau memenangi Pilkada di Bulan Juni/Juli 2010.
Mungkin sulit juga Bagi Beliau untuk menyakinkan pemilihnya bahwa Beliau adalah Putra Terbaik dari MinangKabau dan Sungguh perjuangan yang sangat sulit untuk menyakinkan pemilihnya.

Maka saya mencoba mensearch ke Internet mengenai system penamaan orang Minang Kabau ini dan akhirnya saya menemukan sebuah ulasan dan saya telah membacanya dan saya baru paham.

Dan saya pun mau menshare informasi ini ke teman-teman semua agar supaya teman-teman semua dapat memahami juga dan bagi teman-teman yang berasal dari Minang Kabau atau keturunan Minang Kabau dapat memahami lebih lanjut dan semakin dapat mencintai nama yang diberikan oleh orang tuanya.

Berikut ulasan yang saya search dari internet mengenai system penamaan orang Minang Kabau.

"NAMA ORANG MINANGKABAU; UNIK, FLEKSIBEL DAN “ANEH” "


Oleh : Elfitra Baikoeni

email : elbaiko@yahoo.co.id

Diantara sejumlah suku-suku bangsa yang ada di Nusantara, mungkin
nama-nama orang Minang tergolong kompleks, aneh, variatif, longgar, tetapi
sekaligus fleksibel, unik, kreatif serta pragmatis. Orang Batak dan Manado
selalu mencantumkan nama marga dan clan di belakang nama kecil. Nama
orang Maluku dan Papua dapat dikenali secara cepat dan familiar. Sebagai
pengaruh Islam, nama orang Melayu lazim mencantumkan bin/binti sebelum
nama orang tua. Orang Jawa dan Sunda lumayan ketat dalam memberi nama
anak, sehingga kita nama-nama mereka memiliki khas tersendiri.

Bagi orang Jawa dan juga Sunda, dari nama saja bisa langsung dikenali
status sosialnya sekaligus, apakah dia keturunan bangsawan atau rakyat biasa.
Nama depan “Andi” jelas berasal dari kaum ningrat Sulawesi Selatan (Bugis).

Demikian juga halnya dengan kelompok masyarakat adat lain : Badui, Dayak,
Sakai, Nias atau Mentawai, masing-masing memiliki karakter tersendiri yang
mudah dikenali (addressed).

Bagaimana dengan Minangkabau??? Penamaan dalam masyarakat
Minangkabau masa lampau kelihatannya berpegang pada falsafah “alam
takambang jadi guru”. Orang-orang menamai daerah-daerah baru, kampung,
dan nama-nama suku-suku dengan falsafah ini, termasuk juga menamai orang
(anak) dan gelar. Tak mengherankan kiranya, kalau nenek moyang kita bernama
: Kirai, Upiak Arai, Talipuak, Sirancak, Jilatang, Masiak, atau Jangguik.
Kedengarannya aneh dan lucu, ya???

Setelah Islam masuk dan berkembang, mulai pula nama-nama orang
Minang berubah menjadi kearab-araban (Islam). Nama-nama seperti ini,
contohnya : Mohammad Attar, Mohammad Natsir, Saiful, Bahri, Mochtar, Ali,
Amir, Arifin, Ismail, Aziz, Fauzah, Hamid, M. Rais, Zakiah, Ibrahim, Idris, Rasid,
Sofyan, Dahlan, Fatimah, Aminah, Maimunah, Hayati, Nurhasanah, Nuraini,
Saidah, dst.

Pasca takluknya peristiwa PRRI-Permesta, orang Minang mengalami
tekanan mental luar biasa dari pemerintahan Jakarta, banyak diantara mereka
kemudian memutuskan meninggalkan kampung halaman untuk pergi merantau.
Setidaknya, demikian pendapat yang tertulis dalam buku “Merantau”-nya
sosiolog Mochtar Naim. Mulai pula orang berusaha menanggalkan identitas dan
label keminangannya, salah satu lewat perubahan nama. Tak sedikit orang

Minang memiliki nama yang kejawa-jawaan, ada seperti nama Eropa, Parsia,
atau Amerika Latin. Sekedar contoh, seorang pejuang pemberontak PRRI yang 2
semula bernama Bastian St. Ameh, kemudian merantau ke Jawa dan berhasil
jadi pengusaha sukses : Sebastian Tanamas.

Ada “urang awak” bernama Revrisond Baswir, ekonom UGM yang
terkenal. Beberapa nama yang ikut menjadi calon gubernur Sumbar tempo hari
bernama ; Leonardy Armaini, Jeffry Geovanni dan terakhir siapa kira kalau
Irwan Prayitno itu adalah putra asli Kuranji, Padang? Saya berkali-kali berusaha
meyakinkan orang-orang tua di kampung halaman, kalau Irwan Prayitno bukan
orang Jawa, pada saat Pilkada berlangsung. Mungkin mereka kuatir dengan
“trauma” masa lalu, pada penghujung Orde Lama banyak sekali pejabat tinggi
di Ranah Minang yang di”drop” dari Jakarta dan berasal dari etnis Jawa.

Dalam pemberian nama kepada anak orang Minang sangat pragmatis tapi
kreatif. Di SD saya punya kawan bernama hebat, John Kennedy, sayang dia
sempat tinggal kelas. Waktu kuliah teman akrab saya bernama Socrates, asal
Labuah Basilang Payakumbuh, yang waktu lahir kakek yang memberinya nama
terkagum-kagum pada pemikiran Filsafat Yunani. Semula saya kira dia orang
Tapanuli, namanya Hardisond Dalga, ternyata dia dari Singkarak dan nama
belakang adalah nama ayah-bunda ; Dalimi-Gadis.

Ada lagi kawan bernama Ida Prihatin, karena waktu melahirkan orang
tuanya mengalami masa-masa ekonomi susah. Indah Elizabeth, Indah namanya
dan waktu lahir ditolong oleh bidan Tionghoa yang ramah bernama Elizabeth.
Dian Bakti Kamampa, kata terakhir bukan nama daerah melainkan akronim dari
“Kepada Mama dan Papa”, juga ada Taufik Memori Kemal, menurut cerita
orang tua yang memberi nama tersebut, dia selalu terkenang (teringat) kepada
komandan seperjuangan yang gugur pada Revolusi Fisik Kemerdekaan bernama
“Kapten Kemal”. Juga menarik seorang mahasiswa bernama M. Batar. Sudah
pasti M tersebut adalah Mohammad, dan “Batar” mungkin saja diambil dari kata
bahasa Arab, begitu pikir saya selama bertahun-tahun. Tetapi kemudian ketika
sesi "mukaddimah" saat dia ujian skripsi, dia menceritakan kisah dibalik nama
tersebut (karena memang ada dosen yang iseng nanya arti namanya).

Singkatnya M. Batar artinya; “mambangkik batang tarandam”, itulah nama
yang sekaligus menjadi misi hidup laki-laki berperawan kurus ini. Kalau kita
rentang, akan banyak kisah-kisah seterusnya dibalik pemberian nama Orang
Minang.

Nama-nama singkatan/akronim bagi orang Minang sudah mentradisi.
Salah satu “perintis”nya adalah Buya Haji Abdul Malik Karim Amarullah, yang
menyingkat namanya jadi HAMKA. Setelah itu tak sedikit yang meniru,
memendekkan nama panjangnya menjadi akronim atau singkatan. Ada Pak AR,
Buya ZAS, STA, HAP, HAKA, Zatako.

Yang menarik ada nama yang sering diasosiasikan sebagai khas Minang,
karena nyaris tak dijumpai pada di etnik lain, yakni nama yang mengandung
atau ber-akhiran …Rizal. Sebutlah misalnya ; Rizal, Rizaldo, Rizaldi, Afrizal,
3Erizal, Syamsurizal, Syahrizal, Endrizal, Masrizal, Syafrizal, Hendrizal, Efrizal,
Nofrizal, dst.

Memasuki pertengahan tahun 1980-an, ketiga pemerintahan Orde Baru
sedang puncak-puncaknya, mulai pula “trend” nama anak berbau kebaratbaratan.
Ada yang bernama Alex, Andreas, Hendri(k), Anthon(y), Roni,
Yohanes, Octavia, Octavianus, Matius, Agustin, Angela, Monica, Susi, Selly,
Ryan, Mathias, Dona, Harry, Sintia, Agnes, Yosep, Yoserizal, John, Johan,
Yohanna, dan kalau diteruskan nama-nama ini akan jadi deretan cukup
panjang.

Mungkin pengaruh dominasi budaya Orde Baru, banyak juga nama yang
berasal Sangsekerta seperti : Eka, Eko, Ika, Dharma, Bakti, Agus, Esa,
Kurniawan, Sinta, dst.

Seiring dengan itu, pernah juga sebagian orang mengangkat nama suku
sebagai nama belakang. Ini menurut saya karena pengaruh nama orang Batak
dan Mandailing yang terlihat “gagah” dengan nama marga yang selalu
menempel di belakang nama mereka. Maka kemudian muncul nama semisal,
Hendri Chaniago (karena berasal dari suku Caniago), Indra Piliang, Afrizal Koto,
Anisa Jambak. Nampaknya hanya nama Chaniago (mengherankan….entah
mengapa nama suku itu selalu dibubuhi “h”, padahal aslinya hanya “caniago”)
dan Piliang saja yang cukup populer sebagai nama, suku yang lain relatif
jarang. Memang, nama-nama semacam itu hanya sedikit peminatnya, karena
tidak lazim. Bagi orang Batak atau Mandailing, kalau mereka berasal dari marga
yang sama misalnya sama-sama Sitorus atau Nasution berarti bersaudara.

Sementara suku-suku di Minang bersifat menyebar pada semua nagari di seluruh
Sumatra Barat, sehingga rasa pertalian sesama suku itu – meskipun di rantau -
pun terasa longgar.

Runtuhnya rezim Suharto dan digantikan oleh era reformasi sekarang,
kembali trend nama-nama Islam dan religius untuk nama anak. Sebutlah
misalnya ; Habib, Farhan, Said, Anisa, Naufal, Aqila, Zahra, Najla, Najwa,
Zahira, Salma, Sarah, dst.

Sebenarnya banyak hal yang masih mengganjal dengan “style” namanama
orang Minang, misalnya mengapa karakter nama Minang cenderung
berubah-rubah, dari satu periode ke periode berikutnya? Mengapa begitu
variatif dan kompleksnya nama orang Minang, sehingga kadang bersifat
“menipu”, uncertain dan kadang absurd, lalu adakah yang mereka sembunyikan
dibalik nama-nama tersebut? Apa arti/makna nama bagi orang Minang zaman
sekarang, sejauhmana nama seseorang dianggap penting sebagai identitas
sosial? Sejauhmana hubungan antara nama/gelar dengan politik, modernisasi,
atau birokrasi? Kalau dulu nama sebagai identitas yang dijumpai adalah, misal :
Y. Dt. Rangkayo Basa, M. Dt. Mangkudun Sati atau B. Bagindo Sutan, mengapa
tiba-tiba sekarang tak ada yang mencantumkan gelar adat tersebut sebagai
nametag, kartu nama, atau sebagai nama resmi (yang disandang kemana-mana
4
karena bangganya) sebagaimana dulu? Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya
bisa dijawab melalui kajian yang lebih serius.

Bdg, Januari 2008
 
Diatas tadi merupakan ulasan dari seseorang yang meneliti nama-nama orang Minang Kabau..
Dan tidak ada maksud apa-apa dengan dimasukkan berita di atas ke Blog saya, karena saya
berharap informasi bisa menambah wawasan kita mengenai Minang Kabau..Negeri Yang Indah, 
dan banyak adat istiadatnya yang beragam.
Setidak-tidakanya informasi di atas bisa membantu teman-teman untuk dapat mengenal lebih dalam 
mengenai orang Minang Kabau dan membuka wawasan bagi orang Minang Kabau sendiri bahwa
mereka punya kebanggaan terhadap Budaya Minang Kabau dari segi keaneka ragaman budayanya..
 
Salam.....13 September 2010.

No comments:

Post a Comment