Kamis, 30 September 2010

ALL ABOUT PUJANGGA PIPING

My name is Iwan Agung Dwi Saputra, I am 39 years old. Indonesia, have one wife and two boys.  I live in Indonesia. Do you thick I am to old to write on blogger?
If you say Yes.. I am sorry to tell you that I am still going on to write in my blog for increase my knowledge and share you all about everything that I got in live.

Some you may be already see my curriculum vitae in this blog that I posted before. Hopefully there are Company would like to used me as an employee on their Company.. Hopefully in your can recommend me to your Company or your friends.

Now I would like to say in Bahasa about my live ..I f you from outside Indonesia , you can used google translete in www.google.com

Tentang Hidup Saya :
Saya lahir di Plaju, 39 tahun yang lalu. saya besar dan kuliah di Palembang. Saya bersekolah dasar di SD Yaktapena I Plaju (1978-1984) , dan masuk ke SMP Negeri 15 Palembang (1984-1987) dan saya masuk SMA Yaktapena I Plaju dan kelas dua ambil jurusan A1 (1987 - 1990) dan setelah lulus SMA , saya masuk ke Perguruan Tinggi tahun 1990 di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya Palembang.
Dan tamat dan Wisuda tanggal 29 February 1996 ditahun kabisat. Setelah tamat kuliah saya bekerja dari April 1996 sampe sekarang di beberapa buah perusahaan yang ada di Indonesia sampe sekarang

Tentang Kehidupan Percintaan Saya,
Saya pertama kali pacaran ketika SMP kelas III, tapi kalau suka sama cewek dari SD kelas 6. Banyak yang bilang saya playboy tapi saya ketawa aja..karena pacar-pacar saya bisa dihitung dengan jari.. Karena saya pun nggak berani ngatakan cinta sama cewek yang saya sukai karena takut ditolak. Karena saya punya banya pengalaman ditolak sama cewek.
Saya punya prinsip kalau punya pacar harus cantik dan manis dan mirip artis. tapi kalau istri cantik dan menurut saya, cantik agamanya, tapi kalau cantik muka itu relatif (baca kutemukan istriu di malam Nisfu Sa'ban).
Saya mulai pacaran SMA kelas 1 dan maaf saya tak mungkin menyebutkan nama pacar saya sekarang takut marah dia bila dia membaca mengenai ini. Tapi dia tinggal di Depan Patra Jaya Plaju, dan anak SMA 8 Palembang. Tapi awal pendekatan ke dia yach dari sejak SMP kelas II. Setelah putus sama pacar pertama saya, dan dapat pacar lagi dan ini anak masih SMP kelas III dan saya waktu itu kelas II SMA. setelah putus dengan cewek ke dua saya, saya pun berusaha mendekati gadis-gadis teman SMA saya baik itu teman sekelas tapi tetap nggak dapat juga he..he..he... dan kuliah pun saya berusaha mendekati cewek adik tingkat dari Teknik Kimia tapi nyatanya tidak dapat juga..Hingga tamat kuliah saya nggak punya cewek dan ketika masuk kerja di Bontang, saya dekat dengan cewek lagi.. Dan dia ini anak tetangga dimana dekat rumah Wak saya di HOP III Bontang. jadi ketika kuliah aku punya pacar sebanyak 2 orang, tapi yang terakhir anak baru tamat SMA dan kuliah di Jogja..Ya itulah namanya pacaran sama anak SMA , akhirnya putus karena dia ternyata dalat yang lain di sana. Jadi pacar saya ada 5 orang dan yang terakhir saya jadikan istri.
Dan tahun 1999 saya menikah dengan istri saya sekarang, dan dikaruniahi 2 orang anak laki-laki.
Tentang Hobby Saya,
 Hobby saya adalah main Bulu tangkis, Main Volly, main tenis meja, main tenis lapangan. Nonton bola juga saya hobby tapi saya nggak pandai main bola. Kesebelasan Kesukaan saya untuk klub luar yach Manchester United, Kalau Negara nya Indonesia dan Inggris, kalau klub lokal yaitu PSPS dan Sriwijaya FC.
Kalau hobby lain , saya hobby nyanyi dan suka karaoke dan juga saya hobby photografy..saya suka photo-photo obyek yang menurut saya bagus. Dan kadang saya diminta juga untuk jadi tukang photo di kegatan-kegiatan di tempat tinggal saya.
kalau lagu yang biasa saya nyanyikan adalah : lagi Kahtna, Dewa, Once, Slank, Kerispatih, Peter Pan, Ada Band.. Tapi sekarang ini saya lebh suka bawain lagunya Kerispatih..Karena menurut hemat saya vokal saya cukup pas dengan si sammy. Tapi vocalist yang Kerispatih sekarang kayaknya kurang bisa menyesuaikan dengan vokalist yang terdahulu. Memang kuakui vocal dan improvisasi Sammy sangat baik.

Tentang Pekerjaan saya,
Saya punya pengalaman kerja hampir 14 tahun, baik di bidang Oil & Gas, Pulp & Paper, Oil Palm Plantation and Factory ataupun Rubber Factory. Tapi walaupun beda-beda pekerjaan dan posisi tapi saya lihat semua yang dikerjakan sama yang berbeda adalah system kerja dan spec yang dipakai.
Saya bekerja di Lingkungan Project LNG selama hampir 3 tahun dan sudah cukup paham dengan apa yang ada di dalam sebuah LNG Plant. dan semua ilmu yang saya dapatkan ketika saya bekerja di dalam lingkungan PT. Bada NGL Co. Bontang..
Adapun perusahaan dimana saya bergabung selama saya bekerja di Lingkungan PT. Badak NGL Co Bontang :
1. PT. Citra Panji Manunggal (PT. CPM) anak perusahaan Medco Energy, sbenarnya mereka ini specialisasinya ke pipeline project tapi waktu itu kayaknya dapat project Maintenance. Saya bekerja dari April 1996 - December 1996 sebagai Scheduller ..

2. PT. Summa Prakarsa Coorporation (Supraco), man power supply untuk project Train G , tapi pada sadarnya kami diperbantukan di Facilities Engineering Technical Department, sebagai Mechanical Engineer (Piping & Static ). Saya bekerja dari April 1997 - Maret 1998. Tugas saya membuat Piping Plan Layout, Isometric Layout, Equipment Layout, Bill of Materials, masuk vesel keluar vesel pada saat shutdown Train.
Yang sering saya masukin adalah vesel 1- C - 2 dan 1 - C - 5 dan sering saya  naik adalah di 5-E-1, kalau yang lainnya hanya via visual saja..


3.  PT. Summa Prakarsa Coorporation (Supraco), man power supply untuk project Train G , tapi pada sadarnya kami diperbantukan di Facilities Engineering Technical Department, sebagai Mechanical Engineer (Piping & Static ). Saya bekerja dari Oktober 1998 - Oktober 1999. Tugas saya membuat Piping Plan Layout, Isometric Layout, Equipment Layout, Bill of Materials, masuk vesel keluar vesel pada saat shutdown Train. Sama seperti halnya dengan sewaktu kerja di PT. Supraco.. Istilahnya ganti bendera doang tapi tugasnya sama dan lokasi kerjanya sama.

Setelah sekitar hampir 3 tahun saya bekerja di Bontang, akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari Bontang dan mencari pekerjaan di Riau dimana istriku tinggal. Tapi itulah suatu keputusan yang sangat fatal bagi karier hidup saya dimana saya ada kesempatan untuk bekerja di PT. Badak NGL Co. sebagai Mechanical Engineer tapi watu itu emosi saya nggak stabil dan pengen dekat dengan istri saya. kebetulan waktu itu kami baru menikah. Itulah emosi sesaat dimana kalau saya tunggu aja hasil pengumuman dari PT. Badak NGL Co, tentunya kehidupan saya nggak seperti sekarang ini. Tapi sudahlah semua sudah terjadi dan tak akan terulang lagi. Walau sedih kurasakan tapi aku harus ambil sikap agar dekat keluarga.


Setelah Keluar dari Bontang Kalimantan, saya pun dapat kerja di Riau. Dimana saya mendapat kerja di PT. Pec- Tech Indonesia sebagai Mechanical Engineer dan saya bekerja dari Maret 2000 - Juni 2001.
Kerja saya mendesign monorail, mendesign casing untuk motor, mengurusi document-document project, megawasi pekerjaan lapangan, berkoordinasi dengan vendor . Waktu itu projectnya adalah Upgrade Pulp Machine 1 dan 2 serta pembangunan Pulp Machine 3 di lingkungan PT. Riau Andalan Pulp and Paper.
Di perusahaan ini banyak sekali orang India entah dari mana saja. mereka masuk dan bekerja sebagai atasan
Saya pernah hampir mati sewaktu bekerja di sini dimana ceritanya sewaktu itu, saya sedang mengawasi pekerjaan di dalam cerobong untuk Pulp Dryer dengan pekerja sebanyak 3 orang dari PT. Truba Jurong Engineering sewaktu shutdown plant. Untunglah kami mendengar ada suara mechine dihidupkan jadi seketika kami berlari menuju manhole yang ada di atas dan untuk manhole nya cukup besar sehingga badan kami bisa menyangkut di manhole. Kalau tidak menyangkut mungkin tubuh kami sudah disedot ke dalam machne pengering pulp tersebut. Kami pun berteriak-teriak agar machin tersebut di hentikan.
Syukur Alhamdullillah , Allah masih menyelamatkan diri kami. Tapi yang buat saya jengkel bos kami yang kulkarni namanya pura-pura menganggap itu tak terjadi apa-apa. dan cuek aja dan tidak merasa bersalah atas kejadian tersebut.

Setelah saya meninggalkan PT Pec Tech Indonesia Pangkalan Kerinci, akhirnya saya berlabuh di salah satu perusahaan perkebunan yang ada di Medan. Namanya PT. Tolan Tiga Indonesia yang merupakan group dari SIPEF Belgia. Dan Perusahaan ini mempunyai 25 anak perusahaan yang ada di seluruh Indonesia, yaitu di Sumatera Utara, Bengkulu, Jawa Barat, Sumatra Selatan. Posisi saya Assistant Technik / Mill Assistant. Dimana pekerjaannya sebagai supervisor untuk pengwasan pekerjaan di lapangan atau di pabrik.
Untuk pertama kalinya saya ditempatkan di Muko-Muko Bengkulu.
1. PT. Agro Muko Crumb Rubber Factory,   (January 2002 - Maret 2003)   
2.  PT. Simpang Kiri Plantation Indonesia (Maret 2003 - April 2004)
3. PT. Bandar Sumatra Indonesia (April 2004 - June 2005)
4. PT. Tolan Tiga Indonesia "REHABILITATION AND RECONSTRUCTION ACEH" (June 2005 - Sept 2005)

Banyak hal yang menarik yang mau saya ceritakan sewaktu bekerja di Tolan Tiga Indonesia, tapi kayaknya terlalu banyak jadi singkat cerita, saya resign dari PT. Tolan Tiga Indonesia karena saya tidak puas dengan apa yang saya dapat di sana yaitu komitmen. Karena sewaktu saya di tempatkan di Banda Aceh, saya dijanjikan aan mendapatkan uang makan perhari Rp. 80 ribu karena saya mandah di sana, dan mendapatan uang sewa rumah dan mendapatkan uang transport. Tapi apa yang saya dapat trnyata uang makan saya dikasih sekitar 300 ribu/bulan, uang transport 500 ribu/bulan dan uang sewa rumah 500 ribu perbulan. Dan ditengah kondisi waktu itu 6 bulan setelah terjadinya Tsunami Aceh.. Dan ditengah kondisi masih ada gempa, panas dan angn kencang..dan harga-harga makan cukup mahal dimana 1 hari saya bisa kena 40 ribu/hari.
Untuk mengirit pengeluaran saya setdak-tidaknya makan indomie goreng hampir setiap makam dan berjalan kaki ke setiap lokasi  proyek di Lampo Daya dan Punge Jurong.  Makanya dengan kodisi yang seperti itu dan tidak adanya kebijaksanaan dari Perusahaan Tolan Tiga Indonesia. Saya memutuskan untuk mencari pekerjaan lain. Saya kurang suka dengan orang yang tidak bisa menjaga komitmennya Dan saya pun berusaha untuk menjaga komitmen saya. Tapi karena tidak adana komitmen dari perusahaan akhirnya saya mencari pekerjaan lain di luar Banda Aceh, baik itu menghubungi teman-teman saya atau melalui internet.
Singkat cerita akhirnya saya dapat pekerjaan di Duri Riau dimana lokasinya dekat dengan tempat tinggal keluarga saya di Pekanbaru.
September 2005 awal mula saya bekerja di PT. TRIPATRA FLOUR CONSORTIUM Duri untuk Project Flexible Program Management di PT. Chevron Pacific Indonesia Duri.
Saya disini ditempatkan di Engineering Department - awal masuk sebagai Design Engineer - Piping  dan Terakhir sebagai Senior Design Engineer - Piping & Mechanical. Saya bekerja di sini dari September 2005 - Mei 2009 dan pekerjaannya adalah membuat scope of work piping, estimate manhours, mambuat deliverable list, piping layout, equipment layout and section, isometric layout, bill of materials dan lain-lain yang hubungan dengan pekerjaan saya.

Saat ini saya masih bekerja di salah satu Perusahaan Engineering Consultant di Duri Riau..Areal kerja di Dalam Lingkungan Complek PT. Chevron Pacific Indonesia, tugasnya sebagai engineering consultant untuk project yang berhubungan dengan Tanki dan Pipa. Posisi Saya Senior Mechanical Engineer disamping pekerjaan Mechanical juga mengerjakan pekerjaan Piping. Tapi sebenarnya experences saya banyak di Piping Design Engineering tapi berhubung yang dapat posisi tersebut jadi mau tak mau diambil juga dan setidak-tidaknya dapat menambah ilmu mengenai mechanical.
Tapi sebentar lagi kontrak saya berakhir dan saya harus mencari pekerjaan baru lagi dan mau nya yang sesuai dengan bidang saya Piping Design tapi bila nggak ada juga , apapun pekerjaannya yang penting halal dan cocok gaji yang ditawarkan. Tolong bantuannya untuk mencarikan pekerjaan sebagai Senior Piping Engineer. ....


Duri, 30 September 2010.... Tak Lekang Oleh Waktu..

5 komentar:

  1. yang punya blog pujangga memang benar benar pujangga beneran ini

    BalasHapus
  2. keren keren ini ternyata isi blognya setelah saya liat liat

    BalasHapus
  3. semoga makin sukses dalam terus berkarya ya pujangga

    BalasHapus
  4. kutunggu ceritamu dan kisah kisamu yang istimewa ini

    BalasHapus
  5. semoga jalanmu makin sukses luas dan lebar dalam berkarya ya bang

    BalasHapus