Wednesday, September 15, 2010

GAJAH MADA MENCARI CINTA (CERITA I)

Cerita dibawah ini adalah merupakan ilustrasi dari penulis, dimana pada cerita ini digambarkan bahwa ada seorang pemuda yang berbadan besar dan sewaktu kecil bandel makanya dia dijuluki Gajah Mada..
Kalau artinya adalah Gajah berari besar dan Mada berarti Nakal/Bandel. Mada diambil dari pergaulan sehari-hari di Pekanbaru Riau dimana penulis berdomisili.
Cerita ini merupakan khayalan penulis sewaktu masih muda dan saat itu masih bekerja di areal PT. Badak NGL Co Bontang sebagai Mechanical Piping Design Engineer

Berikut ceritanya.

Waduh..panas sekali cuaca hari ini gumanku ketika aku melihat ke langit..langi tanpak cerah sekali tanpa gumpalan awan yang biasanya selalu menghiasinya. Tapi mau tak mau aku juga harus menikmatinya karena aku harus ke pabrik untuk melihat kondisi di salah satu lokasi yang ada di Pabrik. Kebetulan sedang ada request dari pihak operation untuk memodifikasi system perpipaan yang ada di sana.

Oh yach perkenalkan nama saya Faiz Faturahman..saya dilahirkan di Bangkinang, 28 tahun yang lalu. kalau ditanya perawakan saya. Tinggi saya 175 cm, berat badan 85 kg. Muka saya agak bulat. Tapi ibuku selalu bilang kalau aku mirip aji masaid. Tapi kadang aku bingung dari mana ibuku bisa menilai aku mirip aji mashaid. Apa karena aku sering pangkas agak botak dikit alias dua sisir. Kalau cukuran yach iyalah tapi kalau muka jauh banget deh..Perasaan kalau saya lihat muka saya dengan cukuran seperti ini malah mirip seperti Tom Cruise dalam Film Top Gun. Cuma bedanya porsi badan aja agak gendut.

Aku sering dipanggil temanku Gajah Mada karena sewaktu aku masih kecil teman-temanku sering memanggiku Gajah Mada. Karena dari dulu badan saya gendut. Dan aku waktu keci suka jahil sama teman-temanku sehingga kadang membuat mereka kesel. Tapi karena mereka badannya lebih kecil dariku maka mereka hanya bengerutu dasar Gajah Mada yang artinya Si Gendut yang Nakal. Karena kalau bahasa di Riau..Mada artinya Bandel, Nakal atau umpatan orang kalau dia kesel sama orang yang menjahilinnya. Jadi julukan tersebut selalu melekat di diriku.

Hei..Mada..mau kemana..?

Kulihat Suebi baru pulang dari pabrik sambil menenteng gambar dan helm.

Mau masuk ke Train B , ada mau dilihat

Oh gitu...Tapi udara lagi panas-panasnya nich..

Iya..ya sudah bawa botol minum kok..kataku sambi menunjukkan 1 botol air mineral ukuran 600 ml.

Ya udah..hati-hati aja deh ..

Ok..man thanks..

Oh yach tadi ada salam dari Rosa..

Siapa Rosa..

Itu ..tuh anak operation, katanya pernah jumpa sama kamu di Bontang Plaza.

Trus mulailah aku berpikir ...Oh Rosa..yach yach saya kenal dia.

Salam kembali yach kataku sambil tersenyum kepada temanku.

Dasar Gajah Madah..Tahu aja lho mana yang manis ...he.he..he..kata suebi..

he..he..he...aku tersenyum juga...

Udahlah ...aku mau ke pabrik dulu ntar kesorean nich kataku..

sambil berlalu menuju ke parkiran mobil..
Ehm Rosa...rosa emang anak baik..cantik ,...manis dan enak untuk diajak ngobrol. Tapi kok nggak ada rasa “kesan pada pandangan pertama” lagipun apakah dia mau dengan saya ..

Memang umurku dah mau menginjak 29 tahun tapi belum juga ada pendamping hidup atau pun pacar. Sudah banyak wanita yang coba kudekati tapi hasilnya selalu gagal. Kayaknya mereka menilaiku secara fisik saya. Padahal mereka belum tahu bahwa "Aku tercipta untuknya"


Memang aku mencari krateria khusus dalam mencari seorang pendamping hidup. Memang berbeda specification sewaktu masih duduk di SMA. Memang sewaktu SMA, aku selalu mendekati gadis yang tercantik di sekolah. Dan kadang-kadang suka kumirip-miripin dengan bintang film idolaku. Seperti Rosamund Kwan, Drew Barrimore, Grace Simon, Demi Moore ataupun Desi Ratnasari. Tapi itulah semasa SMA hanya bisanya Hunting doang ..tapi beberapa gadis teman SMA ku kudekati hsilnya selalu gagal.

Ada yang bilang,”Maaf Faiz..kita temanan aja yach..Saya belum siap untuk pacaran.”
Tapi setelah 2 minggu kulihat dia sudah berboncengan ria dengan temanku yang ganteng dan tajir.

Ada yang bilang,”Maaf Faiz, you are not my type....”

Maaf Faiz...Saya sudah punya pacar jadi saya nggak mungkin jalan sama kamu.”

Jadi kulewatilah masa SMA ku yang kata orang harusnya indah..jadi suram dan sunyi..

Sewaktu kuliah pun kucoba dekati beberapa gadis..Ada juga yang mirip rosamund kwan.

Tapi hasilnya tetap nihil..

Tapi sebentar dulu...ada juga beberapa cewek yang menyukai aku..Tapi itulah aku nggak suka karena memang nggak ada rasa tek..tek..tek..nya pada pandangan pertama.

Memang nggak gampang mencari kekasih hati pkirku. Atau mungkin karena sewaktu SMA aku sering menolak cewek yang suka sama aku. Atau kah bagaimana ???? Tapi wajar dong kalau aku tolak cewek yang suka sama aku karena cinta khan tak bisa dipaksain. makanya "Aku Harus Jujur " kepada mereka bahwa aku nggak bisa mencintai mereka. Sebenarnya bisa saja aku pacari cewek-cewek yang suka sama aku sekaligus untuk menambah daftar cewek-cewek yang pernah dekat sama aku tapi rasanya kurang fair gitu lho bila dia cinta tapi aku tak cinta..Ya tetap sabar lah ...
Tapi sekarang berbeda suka krateria cewek yang aku sukai..aku nggak pandang dia cantik atau manis. Yang penting cewek yang jadi pendamping hidupku sholatnya rajin, ibadah nya bagus sehingga sewaktu mendidik anak-anakku , mereka dah tahu mengenai agama. Khan pendidikan agama seharunya ditanamkan sejak kecil malah beberapa orang mengatakan pendidikan agama itu ditanamkan sejak bayi masih dalam kandungan.

Sampailah aku di post penjagaan dan berhenti untuk mengganti badge menjadi badge masuk ke lokasi pabrik, kalau menurut standard safety procedure itu istilahnya access permit. Jadi setiap orang yang masuk ke dalam lokasi pabrik diwajibkan menukar tanda pengenal mereka deengan tanda pengenal khusus pabrik.

Setelah memasuki kawasan pabrik...kuparkir mobilku di daerah parking area dan aku pun masuk kedalan Control room untuk meminta izin memasuki areal Train B kepada group leader Train B disana.

Setelah menjelaskan maksud dan tujuanku ..

Akhirnya saya diberi izin untuk memasuki kawasan Train B,

Udah lengkap semua PPE nya

Sudah Pak..

Tapi di sana jumpai dulu operator di lapangan yach..

Biar mereka tahu kamu masuk ke areal mereka.

Ya Pak..kataku..



Akhirnya setelah mendapat izin dari orang operation, aku pun keluar control room dan menuju ke Train B dan setelah kujumpai operator di Train B untuk meminta izin . Aku pun langsung menuju lokasi yang mau ku ukur atau mau di design untuk project baru.

Setelah sekitar 20 menit aku berada di kawasan tersebut, aku pun dapat selesai mensketch  gambar-gambar di sana dan akan melanjutkannya ke dalam gambar design.

Selah pamitan dengan operator dan group leader operation untuk Train B dan setelah mengganti Badge kembali dengan badge ku maka aku meninggalkan kawasan pabrik menuju kantor ku di gedung kuning.

Dimanakan gedung kuning karena catnya berwarna kuning..nggak ada hubungan dengan lain-lainnya atau pun mitos.

Sesampainya di halaman parkir gedung kuning..kulihat jam di tanganku sudah menunjukkan pukul 3 lewat 35 menit. Entar lagi dah mau pulang nich pikirku. Karena biasanya jam kantoran pulangnya jam 4 sore.

Setelah kuparkir kendaraanku trus aku memasuki ruanganku yang sudah

"Eh mas Faiz ..baru sampe rupanya..."

"Ya nich  Mas Rusdi.. "

Mas Rusdianto ini adalah teman satu ruangan denganku. Kami sama-sama sebagai mechanical engineer di pt Radiant Utama Bontang yang diassign ke PT. Badak NGL Co di Technical Department Facilities Engineering Section.

"Ngerjain apa mas..?"

"Ini nich mas hanya kerjaan dikit.."

"Mau masang line baru untuk support maintenance shutdown." Kataku menjelaskan.

"Oh gitu yach "

"Ya mas.."

Setelah aku duduk dan kuletakkan kembali peralatan kerjaku..Aku pun minum segelas air putih . Dan setelah kusket ulang.dan mencocokkan dengan gambar design existing (yang ada sebelumnya)

Tak terasa sudah jam 4 lewat 10 menit.

Yok..kita pulang mas Rus..?

Ya ayo ...

Akhirnya kami pulang ke rumah masing-masing..

aku kost dikawasan HOP IV no 217, Bontang.

DI kamarku aku merenung..kapan kutemukan jodohku pikirku. Udah 28 tahun masih juga belum ada pacar..kadang-kadang pengen nyanyi “Bapak-Bapak..Ibu-Ibu...punya anak bilang aku yang kasihani aku..Yang tak laku-laku...

Apa aku harus sholat tahajjud yach pikirku. Kudengar kalau kita sedang gundahgulana dan punya kesulitan disarankan untuk sholat tahajjud agar pemcahan masalahnya.

Lagsung kusiapkan jam weker kearah jam 1 malam. Karena kataanya kalau mau sholat tahajjud harus tidur dahulu dan bangun di tengah malam.

Tiap tengah malam aku sholat tahajjud dan berdoa agar diberikan jodoh yang cantik, manis, baik, mencintai diriku, anak orang kaya, beragama, berpendidikan.
Sudah satu minggu lamanya aku lakukan sholat tahajjud api kok elum juga ada jodohyang dimaksud.


Sehabis sholat maghrib aku berencana berbelanja ke Supermarket yang ada di Bontang Plaza.

Kuajak temanku Bakris untuk menemaniku berbelanja. Memang kadang kurang sreg kalau berbelanja sendirian di sana. Bingung kala jalan sendirian ..

Bakris..Ntar malam temani aku dong ke Bontang Plaza.

Ngapain kita ke sana..

Ya cuci matalah kataku.

Sekalian aku mau belanja

Dasar Gajah Mada..he..eh..h..

Oke lah ..jam berapa jemputnya..

Oke ntar jam 7 malam aku ke sana yach..

Oke deh kutunggu. Nanti klakson aja bilamana sudah nyampe di epan rumah.

Bakris ini adalah teman ku


Sehabis sholat maghrib, kuberdoa dan dalam doaku pun memohon kepada Allah agar dicarikan jodoh yang cocok untuk diriku. Sehabis berdoa kulihat jam di dinding menunjukkan pukul 7 kurang 15 menit. Waduh..aku harus siap-siap segera nich.

Segera kupakai celana jeans dan kaos kerah berwarna biru. Kulihat mukaku di cermin..Kuperhatikan lagi emang nggak mirip dengan aji masaid. Entahlah dari mana ibuku menilainya begitu.
Kuambil helm ku dan kunyalakan motorku dan segera kutancap gas menuju rumah Bakris.

Tet..tet...tet...suara klakson

Kok cepat banget ..baru jam 7 nich..

Ya khan harus tepat waktu men...

Jam 7 yach jam 7 hee...he..he...

Dasar Gajah Madah lu men..kata si bakris

aku pun tertawa ...

Kami pun segera berangkat ke Bontang Plaza yang jaraknya sekitar 10 KM dari rumah Bakris.

Setelah kuparkir motorku di basemasnt kami pun segera amsuk ke dalam Paza tersebut.

Plaza yang cukup besar untuk kota seukuran bontang ini..


Tiba-tiba mataku tertuju pada seorang gadis yang tengah membaca buku di dalam toko buku yang berada di dalam Plaza tersebut. Memang posisi nya agak di dekat kaca etalase toko jadi mukanya nampak olehku..

Gila...!!!!! Cakep banget cewek itu pikirku...

Dan lebih Gila lagi..mukanya mirip Rosamund Kwan artis film hongkong yag jadi idolaku sejak masih SMP. Kuperhatikan lagi dia...dan terus kuperhatikan dan lagi-lagi kuperhatikan dari luar etalase toko..

Kris..kris..itu ..tu..ada cewek cakep tuh ..kataku

yang mana men....

Yang itu ..tu yang sedang baca buku di dalam toko buku itu.

Yang mana .!!!????..

Itu tu...tuh.... yang pakai baju biru..dan yang rambutnya sebahu itu. Kebetulan kami duduk di seberang jalan.

Oh yang itu dasar lho tahu aja mana yang cantik..

Ya udah kita ke dalam aja kata bakhris..

Lho ..ngapain kita ke dalam..kataku agak gugup...

Ya kita baca buku jugalah sambil dekati dia.

Gila lho ...kris...aku nggak berani nich...kataku lagi..

Eh ..Faiz harusnya kamu itu malu pada dirimu sendiri.Masak Gajah Mada takut dengan hal semacam ini.

Kalau yang lain aku berani Men...Tapi kalau untuk kenal wanita ..aku nggak tahu cara untuk memulai

apalagi badanku gendut gini apakah dia akan mau..

Ya namanya usaha..kamu kahn mau cari jodoh khan katanya lagi.

Iya memang ..pengen sich yang sesuai.

Ya..ayok ke dalam..ntar dia keluar..

Aku memang cinta betul melihat dia wajahnya cantik mirip rosamund kwan dan pakai jilbab lagi. Sebenarnya itu

Dengan berat hati akhirnya aku mengikuti langkah bakris...

Heran...berani banget anak ini pikirku..aku aja nggak berani ..paling aku hanya berani mengagumi kecantikannya..

Kami pun pura-pura melihat lihat buku yang ada di dalam toko buku itu..Kulihat ada judul Arti Mimpi Islam..Buku itu mau kuambil tapi tanganku ditepis oleh bakris..

Eh masak dekati cewek ..bacaannya “Tafsir Mimpi sich..”

ambil buku yang kira-kira menunjukkan kita jago..

Eh..benar juga omongan temanku ini..Akhirnya kulihat buku “Kupinang Kau dengan Hamdalah” dan bakris pun tersenyum..Kulihat Bakris mengambil buku tafsir mimpi yang tadi mau kubaca..

Dasar lho ..pikirku sambil tersenyum sendiri. Rupanya itu yang dimauin dia.

Perlahan tapi pasti kami berusaha mendekati gadis yang berkerudung biru yang tengah asyik duduk membaca buku..Aneh ..kok tidak ada rasa gugup nya si Bakris ini pikirku..Aku aja gugupnya setengah mati..

“Maaf Mbak...bisa kami duduk di sebelah sini..

Ini kosong kan..katanya lagi..

“Kulihat cewek itu melihat ke arah muka bakris..Dan anehnya tiba-tiba cewek tersebut tersenyum dan bilang “Abang ini kok bicara begitu segala”

Eh rupanya dia .......

Kenalkan ini teman abang,”Gajah Mada..” sambil menunjuk ke arahku..

Lho ..kok gajah mada pikirku. Namaku Faiz men...Aku terseyum tersipu-sipu

Kena dah saya nich..

Kulihat mereka asyik berbicara dan aku semakin terbengong bengong. Hampir tak percaya rupanya si bakris punya adik secantik ini. Sulit dipercaya..Dan sangat sulit dipercaya kebenaran ini.

Eh..nggak namanya Faiz kamarullah. Ini teman abang kerja ,”

kusodorkan tanganku

Hai...jawabku ..

Hai..jawabnya lagi waduh rasanya mau pingsan melihat senyum manisnya. Benar-benarmirip rosamund kwan.

Rupanya namanya Yesika Evianti  Safitri

Waduh nama yang bagus mirip mirip nama orang dari eropa timur dan panjang banget namanya.


"Kamu kok nggak pernah cerita kalau kamu punya adik perempuan." kataku sama bakris

"Kamu khan nggak pernah tanya " jawab bakhris

Tapi setiap aku main ke rumahmu.kulihat laki-laki semua tak ada wanitanya.

Adikku itu kuliahnya di Unibraw Malang..jadi wajar dong nggak ketemu.

Lagian kamu khan kemari baru bebeapa bulan..

Pas kamu kemari adikku masih kuliah di Malang..

Jadi dia sekarang masih mahasiswa yach..

Nggak dia dah tamat kuliah dan pengen kerja di sini.

Yes.....Yes....Yes.....Yes.......pikirku semakin senang.. Bukan Nyebut namanya Yesika Evianti Safitri..Kalau namanya memang awalan Yesika tapi kalau dipanggi Evi..
"Kris..boleh aku kenal dekat dengan adikmu..", kataku serius menatap mukanya..

"Nanti kamu mainkan dia..." kata bakhris lebih serius lagi menatapku.

"Nggak Kris mana pernah aku mainkan cewek.."....
"aku aja belum ada pacar tapi kok dibilang mainkan cewek.."

Okelah tapi tergantung dia yach..kalau dia suka ..aku sich oke saja..

Yang penting kamu serius...Dan sesuai dengan judul buku yang kamu pegang tadi katanya.

Buku yang mana ? kataku lagi ..."Tafsir Mimpi kah?"..

Bukan yang itu men....

Oh..Buku "Kunikahi Emgkau dengan Hamdalah" ..

Iya..men kata bakris mengangguk..

Setelah kuantar bakris di rumahnya. Kulihat adiknya bakris baru sampai di rumah juga. Dan dia melambaikan tangannya ke arah kami. Dan aku berharap itu buatku. Du....du..du....du....du....

Akhirnya malam itu aku nggak bisa tertidur pulas. Bayang-bayang wajah Evi selalu menghiasi mimpiku. Dan kreng....kring...krinng...kudengar suara beker ku berbunyi..ada rasa malas untuk bangun.

Tapi pas kuingat wajah Evi bergegas aku bangun tidur..
Aku pun melaksanakan sholat tahajjud dan “Ya Allah ...Engkau telah tunjukkan jodohku.

Aku mohon pada Mu Ya Allah..agar wanita yang kujumpai tadi adalah istriku. Dan aku mohon agar kiranya dia mau mencintai aku seperti aku mncintai dirinya..”

Setelah mengakhiri doa ku aku pun tertidur.

Aduh pusing ..aku nggak bisa konsentrasi kerja nich..selalu ingat wajah Evi dan senyuman manisnya..Sudah 4 jam kupandangi kertas gambar yang ada di hadapanku..tapi nggak kusentuh-sentuh juga. Bayangan wajahnya selalu menghiasi ..Kayaknya aku cinta pada pandangan pertama.

Akhirnya kucoba telpon Bakhris.

Kris...aku minta maaf nich...

kenapa men...

Kayaknya aku suka sama Evi nich..

Ha..ha..ha...ha...bakris tertawa..

aku nich serius kris..kataku lagi...

Kenapa kamu suka adikku Iz..?

Aku pun nggak tahu men..kataku..

Nanti kamu mainkan adikku..

Nggak kris..nggak kris...aku serius..

kalau emang jodoh mau aku jadikan istriku adikmu itu..kataku serius..

Tiba-tiba hening terasa dan tak kudengar lagi suara bakris dari seberang sana.

Kris...Hallo ...Kris...Hallo...

Akhirnya Bakhris menjawab.. Kok Putus..
Eh..bukan itu ...Tapi yang dibawha ini lho..
Ya..kalau saya sich terserah dia aja. Kalau dia mau yach syukur dan kalau dia tak mau jangan dipaksa yach. Yang penting kamu tetap temanku walau akhirnya adikku ngak mau sama kamu ya men..

Ya ..Makasih kris atas supportnya..

Yang penting aku dah izin dulu sama abang nya he...he..he...he...

Dasar lho..sambil tertawa juga..
akhirnya kucoba sms Evi

“Assalammualaikum..Apa khabar Vi? Saya Faiz Faturahman temannya Bang Kris..”

trus ku ketik tombol send..

Kutunggu sms balasan dari Evi..Kok belum dibalas juga yach pikirku. Apakah memang dia tak mau sama aku jadi malas terima sms dari aku.

Ya udahlah mungkin bukan jodohku pikirku..

Kuperhatikan lagi gambar yang ada di hdapanku dan mulai aku menyeket ulang..Aku coba menghilangkan bayang-bayang wajah Evi dalam pikiranku..

Tapi tiba-tiba ..tit...tit..tit..kudengan suara sms masuk dan kubuka kulihat nama Fitri

“Assalammualaikum ..Maaf baru balas , tadi hp nya ketinggalan di rumah.”

Kok Mas Mada eh..Mas Faiz tanya khabar khan tadi malam kita baru ketemuan. Kata Evi membalas smsku..

Perasaan badan ini mau melayang jauh ke atas membaca sms darinya.

Ya iya ya...tadi malam sudah ketemuan..Tapi rasanya cuma sebentar yach..

Pengennya lebih lama lagi ketemu sama Evi .he..he.he....  Send..

kalau mau lama ketemu Evi .main-main ke rumah lah.

Bagai gayung disambut ..

Ya ..Boleh nanti malam saya main kerumah Evi..?  ...Send..

Evi ada di rumah.? ...(Maaf seharusnya disini Send nya...)

Ya..katanya lagi memalui SMS..

Akhirnya kami akhiri bersama sms-sms an dengan kata sepakat untuk bertemu..

Singkat Cerita..

Setelah beberapa kali kunjugan ke rumah Bakris eh Evi

DI malam yang ke lima belas..aku beranikan diri menyatakan cinta kepada fitri.

Tapi aku hanya berani menyatakannya lewat surat..Aku takut di tolak men..

CERITA SELANJUTNYA AKAN DILANJUTKAN KE CERITA SELANJUTNYA...

Rumbai, 15 September 2010.

No comments:

Post a Comment