Tuesday, December 1, 2020

One Month Notice working With SMBR Duri Riau (June 2018-December 2020)

 One Month Notice itu adalah info atau pemberitahuan yang diberikan baik itu oleh perusahaan atau oleh karyawan yang tak mau kontraknya di perpanjang kembali oleh perusahaan dimana dia bekerja sebelumnya. Alasannya macam macam bisa kerena gaji yang tak sesuai, bisa jadi tak mau jauh dari istri, dapat pekerjaan lain atau lainnya. Kalau perusahaan biasanya tidak memperpanjang karena pekerjaan sudah low dan kebutuhan karyawan menjadi berkurang.

Saya salah satunya yang mendapatkan one month notice dari SMBR dimana pekerjaan saya yang bergabung di seconded Chevron CPM akan berakhir di 31 December 2020 nanti. Devisi CPM sudah mengadakan virtual farawel party di 25 November lalu dimana kalau diadakan december nanti kemungkinan banyak karyawan chevron di divisi CPM akan cuti akhir tahun atau menghabiskan cuti.

Saya bergabung di SMBR untuk di tempatkan di CPM Engineering Chevrom di gedung Teladan 2 Duri Camp dari Bulan Juni 2020 hingga nanti berakhir di December 2020. CPM itu singkatan dari Coorugated Pipeline Maintenance , tujuannya untuk mengganti pipa pipa di line nya minyak, gas atau air yang berhubungan dengan produksi minyak di lapangan juga termasuk penyaluran minyak dari Minas ke Dumai. Kebanyakan pekerjaaan nya adalah Maintenance. 

Yang unik menurut saya adalah saya bergabung CPM sebanyak 3 kali , yaitu CPM sebagai Perusahaan yaitu Citra Panji Manunggal sewaktu di LNG PT Badak, CPM Sebagai Project di Chevron Riau yaitu Capital Project Management, dan sekarang adalah CPM sebagai bagian dari Devisi CPI Riau yaitu Corrugated Pipeline Maintenance. Dan kesemuanya berhubungan dengan Project di Oil & Gas. 

One Month Notice itu adalah hal yang biasa dalam bekerja dan kita selalu mengandalkan waktu satu bulan itu untuk mencari pekerjaan baru dan posisi baru di perusahan lainnya yang ada. Tapi itu lah dalam kondisi normal, kita mudah mendapatkan pekerjaan namun dalam kondisi tidak normal setelah datangnya virus Covid 19, peluang kerja semakin menipis karena ketatnya proses recruitment. 

Saya pun nggak tahu apakah ada peluang saya untuk mendapatkan pekerjaan baru sebagai piping pipeline design engineer dimana usia saya sudah tidak mudah lagi dimana tahun depan sudah mau masuk usia 50 tahun. Tidak mudah bagi gue , Old Guys untuk cari kerja baru sebagai karyawan dan alternative lainnya adalah usaha atau bisnis. Tapi apakah bisnis bisa mencover dan berhasil seperti gaji yang biasa saya dapat selama kerja sebagai engineer.

Life is not easy , specially since covid 19 comes. Tapi semua itu bisa diatasi dan menjalankan kehidupan new normal yaitu dengan memakai masker dan lainnya sesuai protokoler kesehatan. Tapi tidak semua peluang kerja itu ada karena sudah mulai banyak orang yang kena PHK atau kontrak kerja tidak diperpanjang. Tapi yach semua itu harus dihadapi. Tak mudah memang tapi hadapi aja lah sambil menjalankan bisnis usaha kopi dengan serius lagi dan mulai menjalankan training lagi serta menjalankan expedisi lagi. 

One Month Notice berakhirnya masa kerja kontrak itu hal biasa bagi saya walau memang sedih juga bakalan kehilangan pekerjaan tapi itulah kehidupan tenaga kerja kontrak dan kita harus siap. Kalau pun tidak dapat pekerjaan nanti tapi bisa  



1 comment: