Saturday, December 12, 2020

KOPI LIBERIKA RIAU YANG DISUKAI DI DAERAH LAIN TAPI TIDAK DITERIMA DI PEKANBARU..

Adalah seorang teman di Jakarta yang dulu pernah sama sama di Australia, memesan kopi Liberika Riau kepada saya sebanyak 1 kg. dan teman tersebut berada di Jakarta.. Dan awalnya saya menduga bahwa teman saya itu berbelanja kopi dengan saya karena ingin membantu teman nya dan kebetulan teman saya itu suka kopi tapi cenderung Arabika dan Robusta. 

Tapi sebulan kemudian Beliau pesan kopi lagi dan 1 kg kopi liberika Riau, saya kirim ulang ke Jakarta dan selang beberapa minggu kemudian, Alhhamdulillah Beliau pesan lagi , dan kali ini minta dikirim ke Palembang dan 1 kg lagi pesannya. Jadi teman saya itu sudah membeli 3 kg kopi liberika Riau asal meranti dan saya rasa teman saya itu menyukainya..

Dan ada pelanggan saya di Jogjakarta, minta dikirimkan kopi Liberika Riau sebanyak 5 kg dan rencananya akan di kirim setelah tanggal 15 december 2020 ini setelah membayar seharga kopi yang saya jual kepadanya.. 

Juga Alhamdulillah kopi Liberika asal Riau ini sudah menjadi bagian dari booh nya BNPB sebagai salah satu kopi untuk konservasi lahan paska kebakaran hutan dan lahan di Riau. Sehingga selalu ikut pameran yang diikuti oleh BNPB Bagian pemulihan ekonomi paska bencana alam di Indonesia. Jadi tidak hanya kopi Liberika Riau saja yang diajak tapi juga kopi kopi dari daerah lain yang mengalami bencana alam, seperti kopi sinabung, kopi banjarnegara, kopi kepahiang, kopi lombok, kopi dari enrekang, serta juga anekan makanan dan produk daerah yang mengalami bencana ada tersedia disana.

Jadi Kopi Liberika Riau asal Meranti ini sudah sangat di kenal di daerah lain, jadi program pemrintah Riau dalam menggalakkan kopi RIau yang dicanangkan tahun 2017 yang lalu semasa Gubernur Pak Andi berjalan sesuai rencana. Dan harapannya juga seluruh kedai kopi yang ada di Riau menggunakan kopi asli daerah Riau di dalam kedai kedai seduh nya.

Tapi kenyataan tidak demikian, ternyata hanya beberapa saja yang menjual kopi liberika Riau dan bahkan kopi Liberika Riau tidak bisa dijual di salah satu counter titip yang ada di Pekanbaru, dikarenakan ada kopi dari daerah lain yang mengisinya. Bagi saya aneh dan lucu.

Tapi itulah kehidupan, orang hanya bisa bicara tapi aplikasinya tak ada. Hanya berguman dalam tidur istilahnya.. karena tidak mau tahu apa yang terjadi di lapangan..mungkin mereka banyak kesibukan lain atau bagaimana lah..

Tidak bisa masuknya kopi liberika riau asal meranti ke dalam outlet salah satu taman hiburan di Pekanbaru, itu membuat saya selaku usaha yang menaungi kopi Liberika Riau dan ingin mengembangkan kopi liberika riau di tanah air dan dunia menjadi kecewa. Karena di daerah sendiri kopi liberika riau tidak ditetima, padahal yang mereka pasarkan kopi daerah lain. 

Yach mau gimana lagi , kita tak bisa apa apa kecuali saya ini pejabat daerah yangpunya wewenang dan otoritas utnuk minta kedai kopi di riau utnuk menggalan atau menyediakan kopi Liberika Riau

Ya habis sudah rasa dan mau tak mau harus bersaing


No comments:

Post a Comment