Senin, 24 Januari 2011

THE NIGHT OF BOWLING GAME

Waduh ...sakit sekali rasanya tanganku ini . Mau di genggam tak bisa karena rada sakit di lenganku. Nampaknya harus di kasih balsem nich...Siapa tahu besok bisa segera sembuh..karena kadang nggak enak sama bos..kalau kerja tak optimal..
Mau di genggam jari jemariku terasa sakit dan belum bisa optimal. Tapi mungkin 3 hari sudah sembuh..

Baru kuingat penyebab sakit nya pergelangan tanganku ini. Rupanya 2 hari yang lalu kami bermain bowling di Piramide Bowling setelah acara team building yang diadakan oleh perusahaan tempatku bekerja.
Seumur-umur baru kali itu, saya bermain bowling dan baru kali itu pertama memegang bowling. Pertama-tama bingung gimana caranya. Oh rupanya gampang juga yach tinggal lempar bola bowling dan pin pun jatuh.

Acara bermain bowling ini diadakan tanggal 22 Januari 2011, dan dimulai jam 8 malam sampe jam 10.30 malam. Dan ceritanya diadakan semacam kompetisi, Siapa yang nilainya banyak berarti menang. Dan acara ini merupakan bagian dari acara Team Building yang diadakan oleh Perusahaan saya tempat saya bekerja, dan pesertanya semua yang terlibat dalam project PRR II (Baca CSR...terbitan pujangga piping kemaren ...red)

Pertama-tama saya bingung ketika sebelum acara ini diminta membawa kaos kaki dan sarung tangan untuk bermain bowling. Dan rupanya terjawab sudah bahwa kaos kaki untuk alas sepatu dan sarung tangan untuk ditangan pada saat menahan bola sebelum di lempar. Susah deh menceritakannya.

Kulihat teman-teman Malaysia pada jago-jago bermain bowling dan nampaknya anak mudanya pun pandai-pandai. Nampakanya mereka sudah terbiasa bermain bowling. Mungkin sedari kecil sudah terlatih bermain bowling atau ada kegiatan exkul mereka termasuk bowling. Karena area bowling banyak bertebaran di Kuala Lumpur. Jadi tak heran anak berumur 10 tahun sudah jago bermain bowling.  Dan berbeda sekali dengan saya nggak bisa main bowling karena saya beranggapan bahwa main bowling itu olah raga mahal tapi mungkin karena area bowling di tempat saya tinggal cuma di satu lokasi saja. Jadi seakan2 itu olah raga mahal. Jadi tak heran pada saat saya main , kadang ada bola yang mau dilempar ke depan mengelinding ke belakang. karena bolanya licin dan teknik memegang bola bowling asal dipegang saja.

Tapi kalau dipikir-pikir permainan bowling itu bisa menjadi alternatif olah raga untuk orang di Indonesia, karena tak perlu body contact antara sesama pemain, tak perlu ngejar-ngejar bola dan perlu berpikir terlalu lama. Anggap saja bermain kelereng/ gundu. Kalau di lempar ke gundu/kelereng pastilah yang kena lempar milik kita. Tekniknya main bowling tak perlu muluk-muluk cukup menjaga stamina, strategi dan berdoa..

Maksudnya kalau Stamina perlu dilatih supaya tetap semangat sehingga tidak mengganggu konsentrasi, strategi maksudnya gimana caranya supaya bola yang dilempar mengenai bola Pin dan terakhir berdoa, berdoa sangat diperlukan agar pin yang kena lemparan bola bowling jatuh semua.

Jadi untuk bermain bowling, selalu ingat stamina, strategi dan berdo'a.

Teknik Bermain Bowling menurut pujangga piping adalah :
Pertama-tama kita harus memiliki area untuk bermain bowling , seperti nampak pada gambar sebelah. Dan pastikan semua dalam keadaan aman dan terkendali. Setelah itu kita membeli koin untuk mendaftar mengambil satu areal/line (saya kurang tahu istilahnya)
Kalau nggak salah di Kuala Lumpur harganya RM 4 - 5/game dan sewa sepatu rata-rata RM 2 -3 /kali main. Tapi saya kurang tahu pastinya tapi seperti itulah nampaknya..
Kedua : harus ada pemain minimal 1 orang lah kalau pengen main sendiri tapi kalau untuk kompetisi atau istilah nya pertandingan diperlukan banyak pemain. Dan setiap pemain harus punya mental yang kuat dan semangat untuk menang walau kelihatannya belum tentu menang. Yang penting punya motivasi, sportif dan punya kesabaran yang tinggi. Karena kesabaran sangat diperlukan untuk menjaga konsentrasi. Tapi ada satu lagi yang terlewat yaitu Keikhlasan sangat diperlukan bilamana tidak semua pin nya tumbang.. Dalam permainan ini keikhlasan diperlukan untuk tidak menjadi stress..

Ketiga, Harus ada Bola Bowling, Pin Bowling, dan lintasan bola yang menggelinding dan tentunya papan scor . Tapi biasanya papan scor itu dicatat secara otomatis dengan menggunakan machine.
Bola Bowling
Pin Bowling.
 Dan ke empat mulai bermain...
 


Memegang Bola
Bola Bowling diambil dari tempatnya. Pilihlah bola bowling sesuai kemampuan tangan anda untuk memegangnya dan pada bola bowling terdapat juga nomor-nomor, ada kemungkinan berhubungan dengan ukuran kari tangan dan berat dari bola bowling itu sendiri . Kemudian Lempar Bolanya dengan berlari kecil (perhatikan orang pakai baju hitam...red)

Setelah dilempar bola nya, biarkan bola bowling melintas di lintasannya (line..red) tanpa ganguan apa-apa.. Dan Nampak peserta yang pakai baju kuning memandang pasrah ke arah bola yang melaju ke pin bowling. Dalam pandangannya itu nampak dia berdo'a agar bola bowlingnya mengenai sasaran dengan pas dan mengakibatkan semua pin jatuh. Tapi dalam berdo'a pun dilandasi rasa ikhlas. Karena kalau tak ikhlas, konsentrasi kita menjadi buyar dan hasilnya menjadi kurang memuaskan. Tapi bilamana bola sudah di lempar dan mengenai sasaran atau tidak, semua teman satu team tetap menyemangati dengan cara bertepuk tangan dan memberika touch atau istilahnya 'Give Me Five" Apapun hasil yang didapat oleh teman yang melempar bola.

Itulah secara ringkas uraian mengenai permainan bowling.. Dan semoga anda-anda semua yang membaca dapat bisa segera bermain bowling. Bowling bukan olah raga untuk orang kaya, tapi kalau main bowling harus ajak anak orang kaya supaya dapat gratisan.
Tapi saya kurang tahu pasti berapa biaya bermain bowling di Indonesia. Karena di Indonesia masih sangat jarang area bowling .  Kalau sekitar RM 4 - 5 /game itu untuk bermain Bowling di KL. 

Semoga ini semua dapat diaplikasikan dengan bermain bowling di tempat masing-masing karena harga bermain bowling bisa dikatakan sudah terjangkau.
Teknik bermain bowling diatas hanyalah semacam gambaran oleh seorang pujangga piping tapi bisa dipraktekkan atau tidak, tinggal anda yang memutuskannya.

Salam Pujangga

24 Januari 2011






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar