Thursday, January 20, 2011

START TO WORK IN KUALA LUMPUR

Pagi itu tanggal 6 December 2010 , saya bangun kesiangan. Dan saking buru-burunya saya nggak mandi dan sikat gigi jadi hanya cuci muka saja dan basah-basah dikit badan karena sudah ditunggu teman-teman di luar kamar.
Mungkin karena keenakan tidur pake AC dan kasur king koil membuat lupa bangun dan lagipula jam weker tidak diaktifkan. Dan lagipula juga , jam tidurnya mulai jam 3 malam (after midnight)
Jadi Awal pertama kerja dimulai dengan tidak mandi.

Jadi kami ber empat menuju ke kantor dengan menggunakan LRT  (semacam kereta api) dimana kami bertiga baru mulai kerja dan 1 orang lagi yang membawa kami ke kantor kami yang baru yang terletak di jalan tuanku ismail.

Jadi sebelum masuk kantor, kami sarapan dulu di restoran Ukhwah yang terletak dekat kantor kami yang baru. Sarapannya enak dan murah. Ada roti cane, bebek, udang, dll.

Setelah sarapan kami masuk kantor dan kami pun dikenalkan dengan pimpinan department kami dan Engineering Manager.

Oh yach, saya bekerja di bidang piping design dengan tugas mendesign sebuah perancangan piping yang ada di field tapi juga bekerja berdasarkan SID (Safety in Design).
Dan posisi saya di perusahaan ini adalah sebagai piping design engineer padahal posisi awal saya adalah Piping Engineer. Tapi karena CV saya direview sama user orang Korea maka saya diberikan posisi sebagai piping designer. Mungkin karena propesi saya sebagai piping design engineer dianggap sama dengan piping designer untuk case project yang akan dihandle.
Sebenarnya saya kecewa berat diberikan posisi ini tapi saya ingin sekali kerja di luar negeri dan gaji yang ditawarkan cukup bagus bila dibandingkan dengan posisi saya sebagai engineer di perusahaan saya terdahulu.
Apalagi semua yang ditawarkan selain gaji sungguh sangat memuaskan. Dan saya tertarik kerja di luar negeri inii dan sebagai batu loncatannya adalah di Kuala Lumpur ini. Siapa tahu ke depannya saya bisa balik ke posisi sebagai engineer.
Istri saya pun mendukung keputusan saya ini dan istri saya pun bilang sekalian belajar bahasa inggris lah dan istri saya cukup paham walau posisi saya bukan engineer lagi..

Setelah saya mendapatkan tempat duduk dan computer, saya diberikan semua hal mengenai project yang akan dihandle dan juga spec yang dipakai oleh client dalam hal ini Petronas.
Dan ini hal yang baru bagi saya dalam menghandle suatu project. Tapi itulah karena posisi designer jadi kapasitas saya disana adalah designer dengan tugas membantu engineer.

Pertama kali saya diberikan pekerjaan membuat insulation dan painting dari existing drawings untuk beberapa Plant. Dan saya usahakan agar pekerjaan saya bisa siap dan memuaskan engineer saya.
Dan Alhamdulillah pekerjaan itu walau dikerjakan dalam beberapa hari tapi dapat memuaskan engineer saya.

Saya menyukai pekerjaan di perusahaan saya sekarang walau kapasitas saya sebagai engineer yang sebenarnya dibatasi oleh posisi saya sekarang sebagai designer.
Biasanya saya tahu schedule project tapi sekarang tidak lagi, biasa mengatur anggota sekarang diatur engineer. tapi itulah nasib orang kontrak kadang diatas dan kadang dibawah. Tapi saya nggak mau dibawah lah. Kalau bisa diatas terus namun tidak lupa melihat ke bawah.

So, itulah saya sekarang bekerja sebagai piping designer tugasnya mengecek pekerjaan drafter dan membantu engineer. Tapi walaupun demikian saya akan tetap mencoba menulis mengenai cerita mengenai piping. Siapa tahu bermanfaat buat pembacanya.


Salam, KL 20 JAnuari 2011.

No comments:

Post a Comment