Saturday, April 30, 2011

KUMPULAN KATA-KATA INDAH BAK MUTIARA DI ATAS AWAN (ditulis tahun 1971)

Ketika saya membolak-balik buku cacatan almarhum ayah saya, saya menemukan suatu buku yang isinya kumpulan-kumpulan kata-kata mutiara dan Buku itu ditulis di tahun 1971 dan telah berumur 40 tahun. Dan ejaannya masih belum EYD jadi saya sempurnakan sesuai EYD. Dan yang membuatnya adalah teman-teman alm ayah saya semasa merka masih hidup. mudah-mudahan ini menjadi memori yang terindah untuk saya.
Dan sungguh sangat mengagetkan saya karena buku tersebut belumlah rusak dan masih tersimpan baik.

Kumpulan kata-kata mutiara

Manusia yang paling kuat tak dapat ditaklukan
Meskipun ia dapat dihancurkan oleh sesuatu

Alangkah beratnya perpisahan antara dua orang manusia yang saling mengasihi
apalagi perpisahan tanpa ucapan

Cinta itu akan membentuk manusia akan kasih sayang
Saling menghormati membina kasih sayang.

Hati wanita hanya mengenal satu kegembiraan diatas dunia
yaitu mencintai dan dicintai

Hati wanita itu sukar di duga
Dia menjauh belum tentu dia benci
Dia mendekat belum tentu dia cinta

Setiap wanita yng hidup di dunia tentunya membutuhkan cinta
walau cinta itu pengorbanan dirinya sendiri

Wanita yang sejati ialah wanita yang dapat menerima cinta seorang pria
Tanpa memandang harta kekayaan nya, rupa maupun tingkatan

Berilah senyuman kepada orang yang telah engkau kecewakan
walaupun senyuman itu tak mempunyai arti apa-apa

Kuburan cinta biasanya tidak berapa dalam
sehingga mudah dibongkar dan membongkarnya kembali

Asmara sungguh tidak bergandenagn dengan kebijaksanaan atau pengalaman atau kecerdasan
Asmara adalah angin yang menghembus terus dalam dunia pemuda

Keelokan badan memang mungkin menarik percintaan
tetapi harus ada keindahan jiwa untuk mengikat mereka

Cinta dan Asap adalah sama
Kedua-duanya tiak dapat di sembunyikan

Cinta yangtak diiringi senyuman kasih sayang
berarti cinta itu hampa

Cinta itu bagaikan empedu dan
kalau cinta itu murni bagaikan salju

Cinta tanpa cembuiru
adalah bagaikan cinta palsu

Senyum kepada semua orang adalah wajar
tetapi cinta kepada semua orang adalah kurang ajar

Wanita tidak harus secantik bunga mawar
tetapi harus seharum bunga melati

Kesalahan kita yang paling lumrah adalah
membandikan diri kit asendiri dengan orang lain.

Apabila anda kedatanagan cinta maka ingatlah
bahwa cinta itu harus dengan pengorbanan
Cinta tanpa pengorbanan tak akan berhasil

Persahabatan yang  terjadi dalam kesukaran lebih kuat
dari pada persahabatan yang terjadi dalam percintaan

Persahabatan adalah satu-satunya pintu kemerdekaan
kita ber sama-sama

Sebuah senyum dapat membuat menariknya seseorang
yang sesungguhnya tidak menarik

Rendahkanlah dirimu serendah mutiara di dasar laut
Dan capailah cita-citamu setinggi bintang di langit

Cinta adalah suatu tugas yang paling berat
Dan bukan hanya sekedar pengisi waktu

Kegembiraan yang paling manis
dan kesedihan yang paling pahit adalah cinta

Demikianlah sebagian kata-kata mutiara yang saya salin dari buku alm ayah saya dan nampaknya buku itu semacam buku keanggotaan pemuda-pemuda semasa Alm Ayah saya masih muda. Jadi nampaknya bilamana ada yang ingin mencurahkan perasaannya baik yang sedih atau senang selalu dituangkan dalam buku itu. Jadi tak heran di dalam buku itu banyak berisi kata-kata cinta..
Nanti saya muat lagi kata-kata  mutiara lainnya karena da tulisan-tulisannya agak sulit dibaca karena pakai tulisan latin jadi saya harus mengejanya dahulu sebelumsaya muat dalam blog saya.

Kerteh...30 april 2011

3 comments: