Thursday, June 13, 2019

OLEH-OLEH KHAS RIAU DISINI TEMPATNYA..

Salah satu oleh-oleh khas Riau adalah Kopi Liberika Meranti. Kopi yang ditanam di daerah Pulau Rangsang Kepulauan Meranti Riau. Kopi Liberika ini kebanyakan ditanam di daerah rawa-rawa / lahan gambut dan mempunyai aroma buah nangka..makanya kopi liberika meranti riau ini dikenal dengan julukan kopi unik. Kenapa unik karena biasanya kopi itu ditanam di daerah pegunungan diatas ketinggian minimal 600 mdpl. Tapi kopi liberika ini ditanam di antara 2-5 mdpl. 


Dan keunikan lainnya adalah kopi ini mempunyai biji/bean yang berbeda ukuran sehingga ada yang besar dan ada yang kecil sehingga mau tak mau proses pengolahannya masih bersifat manual. agar kopi yang dihasilkan tidak terlalu susut banyak. Tapi kadang kala kopi Liberika ini susutnya mencapai 35-40% dari total buah ceri yang di olah menjadi kopi gabah (green bean). Maka tak heran dari 100 kg buah Ceri yang bisa jadi green bean hanya 60 kg saja. Karena kadang kulit Cerinya tebal tahunya isinya kecil. Belum lagi susut pada saat roasting yaitu sebesar 15% kalau masak medium. 

Banyak orang menilai harga kopi Liberika Meranti yang Lajukela Coffee jual itu mahal, Jawabannya karena kopi dari petani yang disupply dari pulau meranti pun mahal karena biaya transportasinya cukup tinggi bilamana disupply ke Pekanbaru, Riau. Dari Pulau Rangsang kopi dikirim via perahu menuju ke Selat Panjang, Tebing Tinggi Island, setelah itu dikirim menuju ke Toko Lajukela Coffee yang berada di Pekanbaru. Dan itu pun kita harus bersaing dengan pembeli dari Malaysia yang mana sangat menyukai kopi Liberika dari Pulau Rangsang. kalau di lihat dari Peta diatas terlihat bahwa jarak antara Pulau Rangsang dengan Malaysia lebih dekat dibanding jarak Pulau Rangsang ke Pekanbaru. Maka dari itu jangan heran bilamana harga kopi Liberika dari Pulau Rangsang lebih mahal dari kopi Liberika dari daerah lain. kami dari Lajukela Coffee bisa menerima perbedaan harga tersebut dikarenakan kondisi lapangan dan juga maraknya esport kopi liberika ceri ke Malaysia. 

Kami dari Lajukela Coffee menjual oleh-oleh kopi khas Riau termasuk kopi Liberika Meranti ini, Kami menjual nya dengan harga Rp. 70.000,- / 250 gram dan Rp. 30.000,- / 100 gram. 

Kedai Kopi kami dengan nama dan lokasi yaitu KIOS OLEH-OLEH KOPI RIAU, Jl. Sembilang no 107 Rumbai Pekanbaru. telp. 08117603471 

kalau untuk Marpoyan Pekanbaru di 08117603471 (khusus sabtu & minggu)
kalau untuk Kota Duri Mandau hubungi 08117603471 

Kami juga ada online shop di :

www.tokopedia.com/liberikariau  www.bukalapak.com/iwanagungdwisaputra


No comments:

Post a Comment