Tuesday, February 15, 2022

KEMAREN IN PENGHASILAN LAJUKELA COFFEE 40K

Semalam aku mendapat informasi dari kru yang ada di Mall SKA bahwa penghasilan di Lajukela Coffee Lantai 2 Mall SKA mencapai 40K. Dan itu membuat saya sedih dimana menurut estimasi saya penghasilan di sana paling aman adalah  minimal 300 ribu/ hari. Jadi minus sekitar 260 ribu dan semua itu harus dinikmati dengan Indah. 


Kadang terpikir untuk menutup usaha yang rugi tersebut tapi kadang ada rasa ingin menepati janji kepada pengelola agar saya bisa bertahan sampai bulan November 2022. Namun keuangan saya semakin menipis dan juga hutang yang harus saya bayar pun banyak. Bingung jadinya..

Saya memang tak pandai dalam hal berbisnis sehingga banyak keputusan yang tidak saya sadari sangat merugikan usaha saya tapi namun ke depannya saya lebih hati hati lagi Dan itulah yang harus disiasati agar usaha tetap berjalan dengan baik dan menguntungkan.

Bayangkan saja sudah setahun lebih usaha tapi belum ada juga pendapatan yang berarti karena saya nombok terus dan saya menemukan kesalahan bahwa saya meberikan bonus harian kepada kru padahal pendapatan harian kadang ada menghasilkan 40 ribu rupiah. jadi saya merasa bodoh aja melakukan hal seperti itu tapi itu tidak saya sadari selama satu tahun dan setelah terpuruk baru sadari bahwa saya salah dalam melakukan bisnis. Mau tutup ya mau gimana lagi , dak enak sama yang kelola. 


Tapi mulai tangal 14 February kemaren saya putuskan untuk tidk memberikan bonus harian lagi tapi bonus bulanan setelah dipotong pengeluaran-pengeluaran baik itu sewa kios maupun gaji karyawan dan juga keuntungan untuk pemilik usaha. 

Ya walaupun terlambat, tetap harus dilakukan karena usaha harus terus berjalan dan berjalan walaupun misalnya para kru tidak setuju dengan apa yang saya terapkan tapi khan mereka sudah mengdapatkan hasil dari kesalahan system bisnis saya. Kemana tanggung jawab para kru bilamana melihat penjualan tidak mencapai target ? tentunya kalau pemilik mau kasar , yach harus dipotong gajinya dari sana. karena apabila mencapai target, mereka mendapatkan bonus. Dan ternyata itu salah.


Terus terang sekarang saya tidak mampu membayar gaji para kru dan gaji saya sendiri, tapi semua itu harus di hadapi dengan indah dan I will Survive. Semua adalah pengalaman dalam hidup dan semua nikmati aja walaupun kadang sesak di dada apabila ingit kesalahan yang dibuat sehingga merugikan diri sendiri.

Kedai Lajukela Coffee berada di Lantai 2 Mall SKA Pekanbaru. (Di Depan CFC dan dekat Solaria)  dan kami menjual minuman kopi, jahe, teh, minuman kekinian, cemilan, dan juga oleh-oleh Pekanbaru seperti kopi, kelor, coklat kopi, kue kopi, cocies Kopi dan lainnya. Kami buka mulai pukul 10.00 - 21.000 dan untuk pembelian online anda bisa kunjungi toko kami di www.tokopedia.com/liberikariau

atau info bisa WA ke 08117603471

#lajukelacoffee2018 #kopiriau #belilas #rengat #bangkinang #kuok #padang #dumai #Minas #kandis #duri #Riau #kopiliberikariau

Please subscribe my Youtube Channel








No comments:

Post a Comment