Wednesday, February 23, 2022

BERJUALAN ONLINE - MENCARI NAFKAH DI UJUNG SENJA

 Sudah setahun lebih saya menganggur alias tidak kerja dan waktu yang menganggur itu saya sempatkan untuk berjualan produck kopi dan product buku yang saya buart serta juga membuat kedai kopi kecil kecil dan ada di dua lokasi yaitu untuk Lajukela Coffee 1 berada di Lantai 2 Mall SKA Pekanbaru dan Lajukela Coffee 2 berada di Lantai 1 Sukaramai Trade Center (STC) Sudirman Pekanbaru . Dimana menjual minuman seduh dan juga makanan kecil

Disamping itu juga Lajukela Coffee mempunyai pemasaran Online atau mungkin istilahnya adalah market place yaitu di ShopeeFood, GrabMart, PaDiUMKM, dan juga di tokopedia.com.liberikariau. Dan hampir rata rata memakai nama Lajukela Coffee. Ya yang penting usaha dulu baru minta hasil. Itu pun kalau berhasil

Tapi saya sudah hampir setahun gabung di Grab Mart tapi sampai saat itu baru satu atau dua yang pesan lewat grab food. Entah kenapa bisa sepi penjualan atau mungkin kurang berpromosi. Tapi itulah ikuti aja bagaimana jalannya, makanya saya coba beriklan, membuat iklan mengenai produck kami di Shopee Mart. Tapi sebenarnya pengen juga gabung di GrabFood tapi entah kenapa belum diperbolehkan pada waktu itu. Tapi sekarang belum saya coba juga.

Saya juga bergabung di ShopeeFood dan kebanyakan pemesanan tidak seperti yang diharapkan alias masih sekali order saja tapi nikmati ajalah. Padahal sudah tiga bulan lebih bergabung di ShopeeFood, tidak tahu apa masalahnya, tapi yang penting tetap mencoba usaha walaupun baru sekali yang pesan online. Tapi kalau untuk pemakaian Qris by Shopee banyak yang memanfaatkan juga dan bahkan untuk belanja air mineral dan 1 aja pakai shoope pay alias Qris. Tapi semua itu yach di jalani aja lah, dak perlu dipersoalkan karena semua perlu waktu dan usaha. dan nama besar tentunya. Mungkin Lajukela Coffee bukanlah punya nama besar. Tapi nikmati ajalah..

Dan yang ketiga saya coba gabung jualan online di Padi BUMN, katanya ini aplikasi buatan anak anak yang bekerja di BUMN, jadi katanya setiap karyawan dan juga perusahaan BUMN wajib membeli product dari UMKM yang ada di wilayah kerja mereka yang tergabung dalam BUMN. Baru hampir dua bulan ikut baru 1  orderan masuk ke Gerai Kami dan kami nikmati aja dengan indah. namun untuk selanjutnya nampaknya masih belum membuahkan hasilnya. Tapi saya dak tahu apakah itu sengaja di pesan karena hasil dari ikutan training masuk aplikasi Padi jadi seolah-olah ada yang pesan. Tapi intinya bagi saya pengusaha kopi, ada produk yang dibeli dan walauu tak banyak tapi jadilah dan ada usahanya

Yang terakhir dan sudah cukup lama bergabung dan mungkin sudah hampir 2 tahun yaitu bergabung di tokopedia. www.tokopedia.com/liberikariau adalah nama dari judul kami di toped. Dan saya di toped sering mendapatkan pelatihan pelatihan dari toped sendiri dan sudah dua kali kami diajak untuk bergabung, tapi itu semasa belum adanya covid.

Jadi itulah sekilas mengenai usaha lajukela coffee dalam hal mencari nafkah di ujung senja dan dimana saya masih belum ada gambaran apakah saya bisa diterima kerja kembali atau tidak dimana , banyak kebutuhan yang saya harus saya penuhi termasuk membayar hutang dimana saya berhutang tapi saya tidak memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

Jadi saya lagi perlu uang , dan bila berkenan bisa membeli product-product kami baik dari aplikasi maupun secara langsung melalui kami. di 08117603471 

#lajukelacoffee #kopienak #kopinikmat #kisahpujangga #pujanggapiping #larismanis #laris








 






No comments:

Post a Comment