Wednesday, October 30, 2019

TEKNIK SEDUH KOPI MASA KINI - METODA SARING

Indonesia pada zaman sebelum sekarang ini hanya mengenal metode seduh dengan nama kopi tubruk. Kopi yang di letakkan dalam gelas/cangkir trus disiram dengan air panas atau kopi diletakkan dalam panci kecil kemudian di masak bersama air hingga mendidih kemudian diletakkan dalam cangkir/gelas.

Perkembangan dunia modern sekarang ini dan saking banyaknya masuk kopi dari luar Indonesia menimbulkan berbagai macam metode seduh baik cara manual atau cara memakai mesin espresso. Disini kita akan berbagi cerita mengenai metode seduh sederhana atau dikenal dengan manual brew dan terbagi dalam beberapa teknik seduh manual seperti Teknik Saring pakai kertas, Teknik Tekan pakai pressure manual dan teknik rebus yaitu direbus bersama airnya.

TEKNIK SARING
Adapun Teknik Saring adalah Kopi Bubuk setelah digiling diletakkan ke dalam kertas saring dengan ukuran gram tertentu diatas media saring yang berbentuk V60 atau lainnya. Ada baiknya kertas seduh tersebut dibasahi air dahulu sebelum diletakkan kopi bubuk dimana agar aroma dan rasa kertas filter kopi hilang terbawa air yang disaring setelah itu barulah dilaksanakan seduh kopi secara normal. Tapi untuk meode vietnam drip tidak memakai media kertas.

V60
Berbentuk kerucut , bermotif spiral dan mempunyai sebuah lubang di bagian bawahnya . Karena bentuknya V dan derajat kemiringanya adalah 60, maka kebanyakan orang menyebutkan V60. Dengan Waktu seduh 3 - 4 menit. Teknik Seduhnya adalah letakkan kertas filter yang berbentuk kerucut ke dalam alat saring , siram kertas filter dengan air panas, taruh bubuk kopi di filter yang sudah dibasahi air , tuangkan air panas dengan gerakan melingkar, diamkan sejenak sekitar 30-40 detik agar air dan bubuk kopi menyatu dan berintegrasi setelah itu seduh lagi pakai air panas sehingga mencapai batas gelas yang diinginkan. Waktu seduh : 3-4 menit. Gilingan diusahakan medium agar bubuk kopi tidak terlalu lama berdiam di atas kertas/paper. Karakter : Tergantung variabel, umumnya lembut, kaya rasa, berkurang rasa tidak ada rasa pahit atau asam.

Kalita Wave
Berbentuk kerucut dengan dasar rata memiliki 3 lubang. Teknik Seduhnya sama dengan V60. Waktu Seduh 3-4 menit. Gilingan Agak Halus. Karakter tergantung variabel umumnya terang dan kaya rasa.

Chemex
Berbentuk seperti vas bunga dengan bagian tengah yang mengecil untuk meletakkan kertas filter. Teknik seduh nya sama dengan V60
Waktu seduh 3-4 menit. Gilingan agak halus kasar. Karakter tergantung variabel, umumnya body sedikit tebal, kaya rasa.

VIETNAM DRIP
berbentuk datar dengan banyak lubang dan menyatu dengan wadah kopi. tidak memerlukan kertas filter.
Teknik :mLetakkan alat penyaring diatas gelas/cangkir, letak bubuk kopi ke dalam wadah kopi dan masukkan alat penekan yang berbentuk bulat, kemudian tuangkan air panas dan diamkan hingga seluruh cairan kopi menetes ke dalam cangkir.
Waktu Seduh : 4-5 menit. Gilingan agak kasar agar tidak terjadi sumbatan pada filter. Karakter Body tebal , sedikit asam.

MANUKA PAPER DRIPPER
berbentuk seperti tas/bag dan dimana kopi diletakkan di dalam media yang berbentuk bag kemudian di press. apabila ingin melakukan penyeduhan kopi sobek kertas yang ada tulisan sobek kemudian letakkan ke atas gelas karena ada 2 wing yang menyangga.
Teknik Penyeduhan sama dengan teknik penyeduhan dengan menggunakan media paper lainnya.
Waktu seduh 3-4 menit Gilingan agak kasar agar tidak terjadi sumbatan. Karakter tergantung variabel,umumnya full body, enjoy and Awesome.





No comments:

Post a Comment