Friday, July 19, 2019

LAJUKELA COFFEE : ONE MONTH BEFORE DEPARTURE TO MALINDO EXPO 2019

Ini adalah kali pertama kali lajukela coffee Insha Allah menghadiri kegiatan pameran yang diadakan oleh Usahawan Malaysia di Johor Bahru Malaysia pada 16 - 18 Agustus 2019 nanti. Sebenarnya kegiatan ini banyak menjual product product baik dari Malaysia sendiri maupun Indonesia. Dan banyak product yang akan dijual di sana dari barang, pakaian , minuman, pernak pernik maupun makanan. 

Letusan Gunung Sinabung
Yang akan hadir dan ikut pameran yang dari Indonesia yaitu usahawan dari Medan Sumut, Surabaya Jatim dan Pekanbaru Riau dengan berbagai barang bawaan yang akan dijual dalam pameran tersebut. Untuk itu kita sudah mengirimkan surat ke Konjen RI di Johor Bahru agar bisa membantu kami agar bisa hadir dalam acara Malindo Expo 2019.

Baik tiket pesawat, P/P, Akomodasi selama di Johor Bahru, makan minum dan pengeluaran lain yaitu ditanggung secara pribadi. Tapi Bagi Owner Lajukela Coffee , Malaysia itu adalah rumah kedua setelah Indonesia makanya kami usahakan hadir disana. Insha Allah. 

Tanah Longsor
Insha Allah lajukela coffee akan hadir dalam acara tersebut mewakili Pekanbaru Riau dan karena base usahaa UMKM nya adalah kopi maka Insha Allah akan membawa kopi yang sudah masak baik dalam bentuk biji masak maupun bubuk. Single Origin Kopi yaitu 100 % kopi asli yang akan dibawa kesana. 

Awalnya lajukela coffee berencana akan membawa kopi kopi yang sudah dikenal oleh masyarakat di Malaysia dan setidak-tidaknya dari stock yang sudah ada di Lajukela Coffee Roaster seperti kopi Timor Leste, Kopi Bali, maupun kopi Aceh. Dan tentunya kopi yang berasal dari Riau yaitu kopi Liberika Meranti..

Gempa Gunung Rinjani
Tapi ada masukan dari teman yang mengatakan kenapa tidak membawa kopi dari daerah pasca bencana baik kopi arabika maupun robusta. Pada awalnya masih berpikir dan akhirnya lajukela coffee memutuskan untuk mengikuti saran dari temannya itu yach setidak-tidaknya lajukela coffee hadir disana tidak asal jualan kopi kemasan tapi juga siapa tahu bisa meningkatkan kembali ekonomi daerah-daerah yang terkena bencana alam di Indonesia. Dan teman saya itu berjanji mencarikan kopi-kopi dari daerah bencana yang dimaksud. yaitu kopi dari Sinabung Sumut, Kepahiyang, Banjarnegara, Enrekang, Lombok Utara dan dari Gunung Rinjani.(Speerti yang pernah saya tulis sebelumnya. 

Persiapan satu bulan menjelang Expo yaitu 
banjir di Kepahiyang
1. Masih mengumpulkan biji biji kopi yang akan di bawa, dan sebagian sudah terkumpul yaitu kopi Liberika Meranti Riau dan Kopi Robusta Kepahiyang. Sedangkan kopi dari daerah lainnya masih menunggu pengiriman dari teman saya di Jakarta. (bayarnya pas terima gaji bulanan)
2. Masih mendesign dan membuat konsep agar kopi daerah bencana di Indonesia tersebut bisa diterima masyarakat di Johor Bahru. 
3. Mendesign Poster ataupun stiker kopi untuk product
4. Berencana membeli kembali kantong-kantong kopi ukuran 250 gram (nunggu gajian)
Abu Vulkanik di kebun kopi gunung sinabung
5. Meroasting kopi-kopi yang ada dan bekerja sama dengan roaster kopi yang handal dan pengalaman
6. Menunggu info dari KJRI Johor Bahru Malaysia karena surat dari kami sudah dikirimkan ke sana.
7. Membeli tiket pesawat P/P Pekanbaru- Johor Bahru, cari Akomodasi di Johor Bahru Malaysia  (menunggu terima gaji dari kantor) 
8 Dan lain-lain

Sementara itu dulu informasi mengenai keikut sertaan lajukela coffee di ajang pameran di Malaysia mewakili UMKM di Riau dan bilamana teman-teman mau membantu dan memberikan donasi untuk keberangkatan kami ke Malaysia silahkan lihat di bagian donasi atau bisa membantu membeli product kopi dari kami melalui marketplace kami di www.tokopedia.com/liberikariau atau di www.bukalapak.com/iwanagungdwisaputra




No comments:

Post a Comment