Wednesday, April 25, 2012

ESTIMASI LIVING COST IN KUALA LUMPUR

Lanjutan dari " ESTIMASI BIAYA HIDUP DI KUALA LUMPUR. (1)"

Disini saya mencoba untuk melanjutkan kembali mengenai cerita saya dan pengalaman saya di Kuala Lumpur. Dan di Kuala Lumpur semua sudah tersedia dan kita tinggal beli saja bilamana kita mau. Dan mengenai keamanan dan kenyamanan di Kuala Lumpur, Alhamdulillah Aman dan Nyaman. Tapi itu semua tergantung anda semua di mana lokasi anda tinggal. Kalau saya tinggal di daerah Chow Kit ke Arah PWTC.

Tambahan sedikit mengenai tempat tinggal, kalau kita sendiri dan punya cukup dana untuk tinggal di Apartment ataupun Condominium, usahakan mencari tempat tinggal di daerah yang dekat dengan statiun Monorail atau LRT sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan transportasi.

Kalau di Kuala Lumpur, ada perbedaan kata mengenai kata-kata Apartment dan Kondominium, beda dengan yang ada di Indonesia, Kalau di Indonesia , mau Condo atau Apartment semuanya hampir sama. Kalau di Malaysia berbeda. Intinya kalau Condominium itu banyak facilitasnya seperti Kolam Renang, Tempat Fitness, mini market dan lainnya tergantung apa saja yang di provide oleh Condo tersebut. Kalau saya dahulu tinggal di Bistari Condominium dan semuanya lengkap. Kalau di Bistari untuk sewa kamar berkisar antara RM 500 untuk kamar yang kecil, RM 850 untuk kamar yang sedang dan RM 1500 untuk Master Room. Dan semua itu hitungannya bayarannya bulanan.

Tapi bila kita akan sewa kamar biasanya yang punya akan minta biaya deposit sebesar 1 bulan sewa rumah atau bisa juga 2,5 bulan dan biaya maintenance RM 300. Jadi bilamana kita ambil yang harga sewa kamar RM 800 yach bisa saja kena RM 2300. Tapi tidak semua penghuni rumah yang memberlakukan seperti itu. Tapi memang besar kecil biaya depositnya biasanya tercantum dalam iklan untuk sewa kamar. Kalau saya mendapat kamar middle dengan harga RM 800 dan dengan deposit RM 800. Untuk deposit ini bisa diambil kembali oleh kita saat kita keluar dari kamar itu. Tapi biasanya yang menyewakan kamar biasanya minta sewa 6 bulanan dan 1 tahun, kalau untuk 1 bulan atau 3 bulan, biasanya mereka tak mau. Dan kita sewa kamar yang janji diawal adalah 6 bulan dan kita hanya menghuni kamar itu 5 bulan saja, biasanya akan hangus uang depositnya. Tapi itu semua tergantung dengan Landlordnya lah. Kalau untuk sewa apartment dan Condominium, hampir sama dengan sewa kamar cuma biasanya mereka mintanya 1 tahun contract.
Kalau sewa rumah diapartment atau condominium  biasanya deposit sekitar 2 bulan harga sewa rumah. Tapi kalau di Kuala Lumpur, rata -rata harga sewa  perbulannya RM 1700. tapi kalau di Bistari Condo bisa sekitar RM 3000 dan itu minimalnya. Tapi ada teman yang dapat rumah dengan harga RM 1000/bulan tapi tidak fully furniture.

Untuk Biaya Telpon,
Kalau di Malaysia dan khususnya di Kuala Lumpur, biayanya nggak begitu mahal bila ingin menelpon ke Indonesia. Kalau saya pakai operator Digi dan Tune Talk. Dan kalau untuk internetan saya biasa pake Diginet karena biayanya murah RM 1 perhari sudah bisa internetan sepuas puasnya. Tapi kalau saya, bila ingin internetan, jaringannya sudah disediakan oleh pemilik rumah dengan system Wifi. jadi saya nggak perlu lagi pake portable modem untuk internetan. Tapi intinya biaya internet dan biaya telpon cukup murah. Dan sekarang di Malaysia sedang gencar-gencarnya promosi Nelpon Murah untuk ke Indonesia. Tapi Indonesia kok tak ada biaya telpon murah ke Malaysia pake Operator Telpon, bisa saja sich pake Skype atau YM. 

Untuk biaya Cuci via Loundry
Untuk biaya loundry , di Kuala Lumpur cukup banyak Loundry tapi tidak banyak sangat karena di daerah tertentu saja. Dan biaya loundry di KL cukup mahal juga dan lumayan harganya. Tapi tergantung dengan kita, kalau malas mencuci yang pake loundry. Biaya Londry di KL kalau untuk Cuci saja RM 4 perkilo dan kalau pake setrika RM 4 perkilonya. Jadi bisa dibayangkan bila kita cuci dan gosok (Iron) kalau beratnya 5 kilo, jadinya RM 40 setara dengan Rp. 120.000. Tapi kalau saya mensiasatinya adalah pakaian untuk kerja saja yang saya pake Iron dan untuk kaos-kaos oblong gitu yach saya hanya Cuci saja. Dan saya biasanya mengeluarkan uang perbulan untuk mencuci dan gosok sekitar RM 120. Memang mahal biaya loundry saya tapi berhubung hanya itu satu-satunya yang dekat dengan tempat kost saya makanya saya pilih tempat itu. Dan juga kecepatannya , misalnya hari ini masuk loundry, besoknya bisa langsung diambil.  Tapi ada juga yang murah kok, tapi kita harus muter-muter dahulu mencari tempatnya. saya pernah lihat ada harganya RM 2 perkilonya. tapi nggak tahu apa itu hanya mencuci saja atau pakai gosok (Iron) juga. Saya pakai loundry dan tidak mau mencuci karena disamping saya malas dan tidak ada waktu untuk mencuci pakaian.juga karena ada sisa allowance yang bisa saya pakai untuk biaya loundry.

Jadi kalau semua itu ditotal-total baiya hidup di Kuala Lumpur :

1. Bila anda seorang diri.
    a. Biaya Makan selama 1 bulan berkisar antara RM 300 - RM 1000
    b. Biaya Tempat Tinggal  1 bulan diluar deposit , berkisar antara RM 100 - RM 800
        cari saja informasi mengenai sewa bilik di website yang saya bagi di postingan sebelumnya.
    c. Biaya Transportasi selama 1 bulan antara RM 50 - RM 100
        tergantung dari dimana kita tinggalnya, kalau saya tinggal Di Chow Kit jadi
        segitulah estimasinya.
    d. Biaya Telpon dan internet selama 1 bulan sekitar RM 100
        tergantung cara kita berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia,mau tiap hari atau
        tiap minggu.karena  semakin sedikit berbicara bisa semakin murah biaya untuk telpon.
    e. Biaya untuk cuci dan gosok (Iron) selama 1 bulan RM 100.

Jadi bila ditotal-total :

     RM 500 + RM 500 + RM 100 + RM 100 + RM 100 = RM 1300

Estimasi dengan RM 1300 itu termasuk biaya makan di luar. Kalau saya setiap bulan total pengeluaran saya : RM 2000. karena saya rada boros di pulsa dan di biaya makan. Tapi kalau anda cukup hemat bisa saja 1 bulannya RM 1000. tapi itulah untuk apa menyiksa diri dengan tempat tinggal yang minim dan seadanya. Tapi kalau anda kerja dengan Gaji RM 1000 sebulan, kemungkinan yach bisa pengeluaran sekitar RM 500.

Kalau untuk keluarga saya kurang tahu pasti berapa pengeluaran sebulannya. Tapi kalau prakiraan saya bisa RM 3000 - RM 4000. sebulannya. Tapi usahakan untuk tempat tinggal dan dependend permit di provide oleh company atau agent anda. Khan anda expart bila bekerja di Kuala Lumpur sebagai Profesional.
 
Dan saya kira segitu dulu uraian singkat saya mengenai "Estimasi biaya hidup di Kuala Lumpur" bila ada pertanyaan silahkan kasih komentar di sini. Jangan lupa, Tolong  Klik Iklan yang ada atau anda akan memberikan Donasi di Blog ini.

Ini cuma sekedar sharing saja deh. Kalau hidup tergantung kita mau hidup enak atau hidup tak enak, tapi itu lah kalau kita ingin hidup enak dan mendapatkan kenyamanan biasanya memerlukan biaya yang cukup tinggi.

Tapi intinya biaya hidup di Kuala Lumpur sama saja dengan Biaya Hidup di Jakarta. Asalkan tidak makan di restoran atau di Mall. kalau sesekali boleh lah.

Saya...Iwan Agung DS..Terima kasih atas perhatian anda.,

Wassalam

No comments:

Post a Comment