Selasa, 06 Desember 2011

SUDAH SAATNYA PEMPEK PALEMBANG MENDUNIA

Tak terasa sudah hampir satu bulan SEA GAMES 2011 berakhir di kota Palembang. Dan banyak cerita-cerita indah yang ada untuk warga kota Palembang dan Warga Sumatera Selatan pada umumnya dan orang Indonesia secara menyeluruh.

Dan tak hanya orang Indonesia sebagai tuan rumah mendapatkan manfaat dari pelaksanaan SEA GAMES tersebut dan tentunya banyak orang asing dari negara-negara peserta mendapatkan berkah baik di Palembang atau di Jakarta



Tapi disini saya nggak cerita mengenai semua cerita di atas, saya mau ngomong-ngomong dikitlah mengenai pempek Palembang yang gara-gara SEA GAMES yang baru lalu semakin mendunia saja.

Saya sebenarnya sudah menulis di blog saya asal muasal pempek Palembang yang saya ambil dari Buku Hari Lahir Kota Palembang terbitan tahun 1973. Dan ada beberapa yang saya tulis juga di blog ini mengenai pempek Palembang dan turunannya. Jadi tengok aja di Blog ini untuk mengetahui lebih jauh mengenai makanan khas Wong Palembang - Wong Kito Galo.. Tapi nampaknya ada juga yang menjual pempek Palembang di Kuala Lumpur tapi nampaknya susah dicari karena harus pesan dulu secara personal ke seorang ibu yang bertempat tinggal di Kerteh Kemaman Trengganu Malaysia.

Tapi kenapa setelah mendunia begini, susah sekali mencari makanan khas Pempek Palembang di Kuala Lumpur yach. Padahal kalau saya putarin kawasan bukit bintang, KLCC, Masjid Jamik, yach hampir semua lokasi di Kuala Lumpur. Tahu yang saya jumpa di KL..semacam Pempek Kulit namun tak sekenyal pempek Palembang namanya Kropok Lekor. Sebelum nya pernah saya tulis mengenai Kropok Lekor di dalam Blog ini.

Kropok Lekor ini dibuat dari ikan juga tapi nggak tahu ikannya apa tapi rasa bisa dikatakan rasa ikan dan bentuk kayak pempek lenjer tapi warna menyerupai pempek kulit, tidak kenyal tapi enak dimakan. Dan kuah untuk menyicipinya menggunakan kuah asam jawa. Maka tidak bisa dikatakan sebagai pempek tapi bagi saya sich sama saja yang penting itu bisa menghilangkan rasa rindu saya dalam makan pempek.

Tapi dengan adanya SEA GAMES 2011 di Palembang, mudah-mudahan ada yang berpikir untuk mengubah kreasi dari Kropok Lekor ke Pempek Palembang. Mungkin kalau ada yang jual pempek Palembang di Kuala Lumpur , setiap sore diusahakan menyempatkan singgah ke outlet /cafe yang menjual pempek tersebut.

Sebenarnya tidak susah sangat membuat pempek Palembang, yang penting ada bahannya sagu dan ikan. Ikan diusahakan ikan tenggiri, ikan belido atau ikan gabus. Yang penting ikannya digiling menjadi halus dan pisahkan sisik ikan, tulang ikan dari badannya. setelah itu dicampur daging ikan dan sagu serta air secukupnya dan diaduk pake tangan hingga merata yach semacam membuat adonan roti lah. Setelah ok baru dibuat/dibentuk menjadi berbagai jenis pempek.
Kalau mau buat cuka nya ..masak saja air dicampur dengan gula jawa secukupnya kemudian masukkan cabe yang sudah digiling dan diaduk di dalam panci kalau perlu yach dikasih cuka sedikit.
Tapi kalau secara resminya cara membuat pempek, mungkin bisa dilihat di website yang berisi cerita mengenai pempek.

Sebenarnya makanan Indonesia sudah banyak dan outletnya pun sudah banyak. Contohnya ; Ayam penyet , outlet ini bisa dijumpai di berbagai mall yang ada di KL seperti Maju Junction Mall, Es Teller 77 di dekat Pasar Seni, Kalau makanan Indonesia lainnya seperti bakso, tongseng, sate kambing, nasi Padang, Gado-gado, pecel, sate Padang, sate kacang, mie celor, mie rebus, mie Aceh dll bisa dicari di sekitara Chow Kit, Gombak, Kampung Bahru. Tapi pempek Palembang tidak ada yang jual padahal khabarnya komunitas orang Palembang di KL sudah cukup banyak.

Bila Pempek Palembang pengen mendunia seperti halnya KFC (Kentucky Fried Chicken) atau CFC (California Fried Chicken), yach buat saja perwakilan atau cabang di setiap negara. mungkin bisa dinamakan SPP (Somad Pempek Palembang), KPP (Kadir Pempek Palembang) atau CPP (Candy Pempek Palembang) .

Kalau nggak mau diakui oleh negara lain, yach dipatent kan sajah. biar nggak terlalu ribut sekali. Tapi lucu juga yach kalau mematentkan suatu jenis makanan. karena kalau dipikir-pikir gimana matent kan pisang goreng, ikan bakar, nasi, dll yang merupakan makanan sehari-hari orang asia tenggara.

salam

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. erima kasih atas keterangan yang telah disampaikan, saya menjual pempek asli (vico, pak raden, candy, nony dan saga) yang di datangkan dari palembang ke kuala lumpur, hubungi +60192230278 Rina / 082280534433

    BalasHapus