Sabtu, 30 April 2011

BAGAIMANA MENJADI PEKERJA YANG NYAMAN BUAT DIRI SENDIRI

Your Job: How to Get it, How to Keep itDalam Dunia kerja pastilah ada perjumpaan dua orang atau lebih di dalam suatu tim yang berpedoman adalah melakukan kerja baik itu kerja di Engineering, di Constuction maupun di Production. Dan kadang di dalam dunia kerja kita tak hanya berjumpa dengan manusia tapi juga kita bertemu dengan karakter manusia, budaya yang berbeda bahkan negara bangsa yang berbeda dan tentunya memerlukan pemahaman dan pengertian bagi diri si manusianya bahwa kerja itu seharunya dibangun di dalam suatu team.

Terbentuknya suatu team kerja yang baik tak lepas dari cara dan upaya baik diri atau orang lain untuk mengikhlaskan kepentingan diri sendiri atau kelompok untuk terciptanya suatu team kerja yang solid tapi itulah kadang manusia terlalu terbawa oleh rasa egoisnya sehingga suatu team tidak lah akan terbentuk bila ada unsur egois dan kepentingan diri yang menjadi virusnya.

Ada kata-kata bijak yang saya dapat pada saat membaca Buku.
"Biarkan berbagai hubungan itu berakar dan bertambah. Yang semula anda kira akan mati mungkin mekar dan berkembang dan mungkinyang anda kira pasti sukses akan alyu dan mati. (Guy Kawasaki 1992)

Jadi untuk membina suatu team sehingga orang-orang bekerja di dalamnya merasa nyaman ada sedikit semacam resep dan mungkin pernah anda terima juga sewaktu membaca buku-buku yang lain. MEskipun ini resep adalah resep yang muda, tapi banyak di antara kita mendapatkan bahwa langkah-langkahnya sulit diikuti. Tidak banyak orang yang pandai"memasak masakan ini" , meskipun mereka menegira mereka dapat memasaknya.
1. Perlakukan setiap orang dengan hormat. Bersikaplah sopan dan santun.
2. Jangan berbicara tentang diri sendiri, biarkan orang-orang yang lain berbicara tentang diri mereka sendiri. Bersikaplah atau paling tidak berpura-puralah, sungguh-sungguh tertarik terhadap orang lain.
3. Berbicara selalu dalam konteks orang lain. Tunjukkan empati. Tempatkan diri anda dalam sepatu orang lain.
4. Perlakukan setiap hubungan sebagai penanaman modal jangka panjang. Eratkan hubungan-hubungan anda , biarkan tumbuh dan berkembang. Bersabarlah . Beri waktu bagi sebagian dari itu untuk berbuah.
5. Bina hubungan-hubungan anda sebelum anda perlu bantuan orang lain.
6. Hindari mengkritik, mengeluh atau menyalahkan orang lain. Orang-orang bodoh pun dapat melakukan hal itu. Hindari perdebatan atau konfrontasi terbuka.
7. Hargai usaha-usaha orang lain dan pujilah mereka atas pekerjaan yang telah dilaksanakan dengan baik. Setiap orang memerlukan kata-kata penghargaan. janagn menghindakan diri untuk menunjukkan penghargaan dan kepuasan anda.
8. Bersikaplah bersahabat dan dapat didekati. Biarkan orang merasakan rasa hormat anda kepada mereka dan betapa tingginya anda menghargai usaha-usaha dan kepribadian mereka.
9. Ingatlah nama-nama dan gunakanlah sesering mungkin. nama-nama seseorang adalah kata-kata yang paling penting dalam perbendaraan kata-kata yang dimilikinya.
10. Bersikaplah alamiah dan tulus. jangan menggosip , mengejek atau menertawakan orang , tertawalah bersama mereka. Buatlah agar orang menykai anda dan buatlah agar mereka merasa bahwa mereka dapat menpercayai anda.

Kata-kata Bijak
"Kurangi perhatian pada apa yang dikatakan orang-orang di sekitar anda,
amati saja apa yang mreka lakukan.
Tindakan berbicara keras daripada kata-kata"

kalau kata-kata saya.
"Suatu kerja adalah bagaimana menjadikan semua itu menjadi hasil karya yang gemilang.
Suatu kerja membutuhkan suatu team yang solid dan management waktu yang terschedule"


Kerteh , 1 Mei 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar