Sabtu, 30 April 2011

KETIKA KITA HARUS MENGENAL ORANG LAIN DAN KITA.

Saya baru saja membaca buku karangan Igor S Popovich yang judulnya Your Job "How to Get It How To Keep It" dan saya lihat ada suatu uraian yang berisi mengenai sifat-sifat pekerja yang ada di kantor kita atau anda. Jadi saya berfikir bahwa ada benarnya juga apa yang diuraiakan dalam buku ini tapi saya selama ini tidak menyadarinya. Ehm.... jadi saya teringat kisah saya sewaktu kerja di Duri Riau ikut Project di Chevron SLN..Tapi udahlah ngapain di ceritain mengenai rasa kecewa. Angap aja apa yang saya alami selama di Duri menjadi pengalaman buat saya untuk meniti karir saya ke depannya. Dan mudah-mudahan selalu baik dan berhasil tanpa merugikan orang lain.  Amin.

Disini akan saya tuliskan sifat-sifat atau siapa saja type orang-orang yang mungkin kita akan temui semasa kita bekerja atau bersekolah intinya bilamana kita berinteraksi dengan orang lain pasti jumpa akan hal-hal yang tertuang di bawah ini . Dan apa yang tertulis di bawah ini anggap saja sebagai bahan masukan bagi kita atau anda yang mau masuk di dunia kerja atau di dunia pergaulan.

Kalau kata Pujangga Piping :
Hidup di Dunia Kerja itu bagaimana kita bisa mensikapi sesuatu perubahan dengan hati yang lapang dan ikhlas serta Bagaimana kita dapat menerima orang yang baru di dalam kehidupan kita dan memahami mereka seperti kita memahami diri kita sendiri. Demi tercapainya suatu tujuan untuk suatu pencapaian yang maksimal dan baerhasil baik demi kepentingan bersama......(Pujangga Piping...2011)

Adapun sifat-sifat dari penampilan orang-orang yang dimaksud dalam buku Igor S Popovich adalah :

Kuda Penurut
Bos-bos menyukai mereka. Mereka mengambil berbagai penugasan terlibat dalam setiap perkara dan biasanya menghasilkan hal-hal yang baik. Mereka mengorbankan waktu, energi dan harga diri mereka. Profil kepribadian yang biasa : penakut, puas diri, gila kerja , setia kepada boss dam perusahaan.

Pemfitnah
Mereka berada dimana-mana dan umum dalam iklim dewasa ini. Yang utama adalah mengenali dan menetralkan mereka secepat mungkin. Lindungi punggung anda dan gunakan segala sarana yang perlu untuk membuang mereka sebelum mereka melukai anda.

Ahli Wawancara
Sebagai pakar permainan mencari pekerjaan,  mereka tahu bagaimana cara menulis resume yang baik meskipun isinya tidak banyak, bagaimana cara diwawacarai dan bagaimana cara mendapatkan pekerjaan yang baik. Sejak itu kopetensi mereka berhenti. Mereka menjanjikan banyak hal dan sedikit sekali menepatinya. apapun yang mereka lakukan , satu mata mereka melihat ke resume mereka, dan cenderung untuk sering sekali berganti pekerjaan. Dalam pengertian ini mereka dapat disamakan dengan para pengejar karier.

Pembohong
mereka jenis orang yang "Saya pernah kesana dan mengerjakan semua itu". Terlalu percaya pada kemampuan mereka, mereka juga cenderung menjanjikan banyak dan sedikit sekali menepatinya. Bos-bos yang mudah tertipu akan masuk ke dalam jebakan mereka karena lebih mempercayai apa yang mereka dengar daripada apa yang dicapai oleh para pendusta itu. Cepat atau lambat (biasanya lambat sekali) bahkan bos yang paling bodoh pun akan menyadari apa yang sedang terjadi, namun para pembohong ini telah pindah ke tempat lain untuk mencari korban yang baru.

Penjilat
Mereka adalah orang-orang "Ya Bos" Bos selalu benar, dan pendapat dengannya , mereka selalu benar (itulah apa yang mereka kira, tentu saja) Berhati-hatilah yntuk tidak mengatakan apapun kepada mereka yang tidak diketahui boss, sebab anda bisa memastikan bahwa boss adalah orang yang pertama mengetahui apa yang anda katakan kepada seorang penjilat. Mereka adalah kotoran dan tidak boleh percaya sama sekali.

Serigala Kesepian
Serigala-serigala kesepian hampir tidak dapat digolongkan sebagai umat manusia yang punya rasa kasih. Meskipun mereka tidak membenci sesama merka pasti merasa lebih enak jika tidak ada manusia di sekitar mereka. Sebagian besar dari mereka cukup bagus dalam bekerja, dan bahkan anda dapat mengajak mereka bekerja sama asalkan anda tahu cara menangani mereka. Beberapa jabatan sesuai dengan jenis kepribadian ini melebihi jabatan lainnya . Penulis, akuntan, artis, dan orang -orang seperti itu memiliki beberapa kecendrungan ke arah gaya serigala yang kesepian.

Pengumpul dan Penonton
Mereka memperoleh nama itu dari dua kaliamat yang paling luas penggunaannya. "Saya akan periksa itu" dan "tinggalkan pada saya", "Saya akan beritahu anda dalam beberapa hari". taktik ini (tidak pernah mengatakan TIDAK, saya tidak bisa, saya tidak mau dll) akan membuat mereka kelihatan suka bekerja sama dan selalu mau membantu.
Apa yang terjadi pada mereka "Pengumpul" adalah kisah terkenal :anda tidak akan mendengarnya lagi selama bertahun-tahun.mungkin tidak pernah. Mereka tidak boleh dan harus tidak diharapkan. Jika anda harus mendelegasikan sesuatu kepada mereka, tulislah supaya anda tidak lupa. tetaplah mengingatkan mereka tentang masalah intu dan terapkan tekanan secara terus menerus agar mereka menepati janji mereka.

Orang yang lambat
Mereka bekerja untuk hidup, berlawanan dengan kuda penurut yang hidup untuk bekerja. BIasanya orang-orang yang lambat adalah karyawan yang amaat terikat pada jam kerja. Kerja Lembur, khususnya jika tidak dibayar adalah mimpi buruk mereka. Mereka sanagat menghargai waktu dan kehidupan pribadi mereka . Sebagian besar punya minat yang kuat terhadap kehidupan di luar kerja. Orang-orang yang lambat cenderung melakukan sesedikit mungkin asalkan memenuhi aturan kemudian berhenti. Sebagian besar adalah karyawan yang berharga, meskipun dipandang "malas" dan "kurang Motivasi".

Pengejar Karier.
Tujuan akhir mahluk adalah puncak . Karena puncak sangat sulit didefinisikan , masing-masing dari mereka punya definisi sendiri-sendiri . Apapun itu, mereka memiliki banyak kesamaan. Mereka memilih pekerjaan dengana hati-hati dan ingin terlibat di dalamnya. "Nilai Resume" dari kegiatan-kegiatan dan proyek-proyek adalah hal yang paling penting bagi mereka.  sebab hal itu akan membantu mereka untuk lebih cepat mencapai target mereka. Pekerjaan rutin, kasar, dan terinci mereka jauni.
Beberapa pengejar karir adalah tukang memanfaatkan orang lain secara kejam yang menggnunakan dan menyalah gunakan semua manusia  dan segala sesuatu dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan. jalan itu biasanya berhamparkan karir-karir yang hancur. Seorang pengejar karir dengan kepribadian kedua sebagai pemdfitnah adalah musuh besar anda dan harus diperlakukan seperti itu.

Tukang Bolak balik Kertas
Mereka ini dapat menjadi juru tulis pemerintah atau penghitung kacang, tetapi berakhir melakukan pekerjaan yang sifatnya lebih praktis. Mereka menyukai suara, sentuhan dan bau kertas dan kenyamana bahwa kertas tidak dapat mengatakan TIDAK dan dapat menerima perlakukan apapun . Nget-Nget inii menghasilkan berton-ton memo, note, sirkuler, laporan, procedur, petunjuk dan hampir tidak ada lainnya lagi. Anda dapat mengenali mereka dari pantat mereka yang datar sebagai akibat dari banyaknya jam yang mereka habiskan untuk memanasi kursi-kursi mereka.

Pendebat
beberapa orang dilahirkan sebagai pengacara tetapi berbagai keadaan mereka melakukaan hal lain. Mereka dapat melihat tidak saja dari kedua sisi dari keping mata uang tetapi juga semua pro dn kontra dari setiap saran, rencana atau pola. Para pendebat kadang membingungkan setiap masalah dan memacetkan setiap kemajuan. Kebanyakan dari mereka adalah perfeksionis dan tidak memiliki tujuan yang pasti. Para pendebat ini cenderung menghamburkan tembakan mereka sehingga mereka jarang mencapai target.

Ahli Pidato.
Para ahli pidato tidak melakukan apa yang mereka kotbahkan. Mera berusaha mengaburkan pengelihatan boss dengan menekankan kebijaksanaan dan nilai-nilai perusahaan, kebutuhan untuk mecapai lebih banyak, berdaya guna lebih baik , membangun semangat dan motivasi kerlompok, menetapkan procedur pengendalian mutu, mengadakan kursus pelatihan dan lain-lain. Mereka adalah politikus di tempat kerja. Selain menghasilkan klise-klise dan ungkapan-ungkapan usang mereka sama sekali tidak berguna sepanjang mengangkut kerja nyata. Mereka  mampu melakukannya, Mereka tidak mampu, mengkhotbahkannya.

Kalau menurut Pujangga Piping ada satu lagi type yang kurang dari uraian di atas yaitu :
"Buang Badan dan Getah Basah"
Type manusia seperti ini sering dijumpai di dunia kerja . Dan hati-hati menghadapi orang type buang badan ini . Bila mana berurusan dengan mereka atau ada instrucsi dari mereka cobalah meminta setiap apa yang mereka instrucsikan tertuang dalam email atau secarik kertas. Khawatirnya bilama kita mengalami kesalahan dan itu atas instruksi mereka maka mereka akan mengelak dan bilang bahwa mereka tidak menyuruh dia untuk melakukan hal itu dan balik menyerang kita.
Kalau Type Getah Basah adalah type yang mau enaknya sendiri dimana orang tersebut mendelegasikan suatu pekerjaan kepada orang lain padahal mereka posisi yang sama tapi dia asyik bermain-main atau jalan-jalan ria. Ibarat di dalam suatu team kerja ada suatu kerjaan yang dikerjakan bersama-sama tapi karena malasnya si Getah Basah ini maka kita sendir yang akhirnya mengerjakannya. Getah Basah ada persamaan dengan benalu yang melekat di pohon.


Itulah sifat-sifat atau ciri -ciri orang yang mungkin akan kita jumpai di dalam kehidupan kita baik di dalam kerja atau di sekolah . Ambil saja perenungan bilamana sudah membaca tulisan ini dan anda ada di posisi yang mana.. Dan ambil ini sebagai acuan dan pengetahuan kita agar bilamana kita bekerja atau bergaul , kita dapat berhati-hati dan tahu menghadapi type type ini. Type-type seperti ini saya tuangkan bertujuan agar semua pekerja dapat bekerja sam dengan baik dan paham setiap sifat yang dimiliki setiap manusia demi tercapainya tujuan bersama tanpa merugikan orang lain.


Kerteh, 1 May 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar