Minggu, 14 Februari 2010

PIPING ENGINEER

Kadang kita sering mendengar dari teman atau lihat di email atau koran..dibutuhkan seorang Piping Engineer di salah satu perusahaan ternama di Indonesia atau di luar negeri. Kadang sering kita berpikir apakah itu profesi piping engineer itu dan apa sich syarat seseorang untuk menjadi seorang piping engineer..

Basic seorang piping engineer itu adalah berasal dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin, Teknik Kimia atau Teknik Civil yang notabenenya lulusan S1. Dan dalam perkuliahan biasanya yang berhubungan dengan piping engineer adalah mechanica fluida. Tapi selama kuliah mekanika fluida belum begitu banyak yang kita kenal apa itu piping dan komponennya. Jadi istilahnya ada kesan bahwa seseorang kuliah itu untuk mendapatkan wawasan saja dan kesannya tingkat cara berfikir yang berbeda bila dibandingkan dengan lulusan D3 atau SMA/STM.

Untuk menjadi seorang Piping Engineer, mau tidak mau kita harus menimba ilmu lagi mengenai ilmu piping di lembaga-lembaga training yang mengadakan kursus mengenai piping seperti misalnya www.oilistitut.com dan bisa melalui private perorangan kepada seseorang yang berpengalaman di dunia piping baik itu di industri Migas, Pulp & Paper atau lainnya.

Seharusnya seseorang yang belum lulus menjadi seseorang Sarjana S1 atau Insinyur sudah siap menghadapi dunia kerja tapi pada kenyataannya masih saja ada lulusan S1 Teknik yang menggaggur karena ketidak tahuan mereka di dunia kerja dan ada kesan Perguruan Tinggi hanya mencetak lulusan sarjana sebanyak-banyaknya dan masuk dunia kerja bukan tanggung jawab dari perguruan tinggi.

memang ada beberapa Perguruan Tinggi di Jawa yang telah membekali para lulusannya di bidang ilmu atau apa yang biasa di pakai bilamana mereka masuk ke dunia kerja.
Misalnya contoh : Sebelum para mahasiswa teknik lulus dari perguruan tinggi , Para dosen di PT tersebut membekali mahasiswanya dengan informasi mengenai dunia kerja. Sehingga para mahasiswa tingkat akhir bisa memilih mereka lulus mau kerja di bidang apa. Mereka memilih menjadi Piping Engineer. Maka Para Dosennya mengajarkan/memberitahukan ke mahasiswa mereka apa itu dunia Piping dan apa saja yang harus diketahui sebagai seorang Piping Engineer.

Ada beberapa penjabaran mengenai Piping Engineer, yaitu :
1. Piping Design Engineer
2. Piping Construction Engineer
3. Piping Quality Engineer

Dan ketiga-tiga hal yang tersebut diatas adalah sangat berkaitan dan berhubungan erat. Dan main productnya adalah di Piping Design Engineer. karena kesalahan dalam Design berarti kegagalan dalam operational suatu pabrik atau Plant.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar