Sabtu, 20 Februari 2010

ANTARA STRESS PADA MANUSIA & PIPING

Sering kali kita mendengar kata-kata STRESS. ”Aku Stress ..aku nggak mau lagi mengerjakan pekerjaaan itu ” atau nampaknya teman kita lagi stress ,nampak sekali mulanya kusut banget” atau sering kita dengar ada atasan marah-marah tanpa sebab.
Rupanya sedang lagi ada masalah atasannya tersebut.

Tapi kalau stress pada Pipa itu berbeda jauh dengan manusia, yang jelas kalau pipa mengalami stress, dia nggak akan ngomong atau teriak paling yang dilakukan oleh Pipa, Pipa hanya menggerakkan badannya sedikit atau minta keluar dari tempat duduknya alias gelisah.

Stress pada manusia biasanya disebabkan akibat dari Tekanan baik dari dalam dirinya sendiri maupun dari luar. Tekanan dari dalam dirinya adalah seperti : bingung nggak punya duit, bingung nggak punya istri, bingung nggak punya penghasilan yang cukup atau bingung karena pekerjaan yang dikerjakan olehnya tidak bisa selesai dengan baik.
Dan Tekanan dari luar misalnya dimarahi bos, ribut sama teman atau gaji kurang.

Sedangkan pada Pipa hampir mirip juga tapi berbeda penafsirannya, kalau pada pipa bisa diakibatkan oleh tekanan dari dalam atau tekanan dari luar..Atau istilahnya Stress Akibat Tekanan/Pressure (Hoop Stress, Longitudinal Stress), Stress akibat Sustained (Kobinasi antara Pressure & Gravity), juga akibat dari Occasional Load(Temporary Cas: Wind Load, Eartquake, etc) dan yang sering dijumpai Stress Akibat Thermal Condition.

Tapi kadang kalanya Piping mengalami stress bisa diakibatkan oleh ukuran pipanya tidak sesuai dengan ukuran yang diminta, juga schedule atau ketebalan pipa yang dipasang tidak sesuai dengan tekanan/pressure fluida yang mengalir di dalam piping. Misalnya pipa dipasang Shedulenya 40 dan pipanya 150 psi sedangkan mengalir di dalam pipa itu 300 psi, maka mau tak mau pipa akan mengalami stress dan berbengkok-bengkok. Karena kita tahu setiap material itu mempunyai Yeild Strength yang berbeda-beda.

Ehm..rupanya hampir sama juga bahwa stress pada manusia dan pipa adalah akibat dari tekanan. Berarti tekanan berlebih itu bisa diartikan Stress. Kalau pada manusia istilahnya Depresi dan kalau pada Pipa istilahnya Flexibility.

Tapi kalau didefinisikan secara utuh Stress pada manusia itu adalah stress akibat dari tekanan perasaan jiwa seseorang dan akibat dari keputusan asaan/ prustasi terhadap suatu masalah yang tidak bisa dia hadapi.
Sedangkan Piping kalau didefinisikan adalah Stress akibat dari tekanan/pressure akibat aliran fluida yang cepat serta panas akibat dari fluida yang mengalir di dalam pipa serta juga akibat dari luar misalnya kenaikan suhu akibat panas matahari sehingga piping mengalami deformasi plastis dan tidak bisa kembali ke bentuk asalnya bilamana temperature turun secara drastis misalnya akibat hujan.


Banyak cara yang digunakan oleh manusia untuk meredu stress pada dirinya, dimana cara yang baik adalah bila mengalami stress lihatlah anak-anak dan istri, atau bernyanyi dengan teman-teman atau keluarga, juga berkumpul dengan teman-teman yang seide, juga bercurah hati dengan sahabat atau keluarga yang bisa mengatasi masalah yang dihadapi.
Tapi kadang ada beberapa manusia bila mengalami stress mereka datang ke tempat-tempat yang dilarang oleh Agama, minum-minuman keras, dan lain-lain, Semoga kita tidak termasuk ke dalam orang-orang seperti itu yang dibenci Agama Kita.

Tapi kalau pada piping, cara mengatasi stress biasanya dipasang Achor Pipe. Istilahnya pada jarak-jarak tertentu Pipa tersebut di las atau dibaut dengan supportnya sehingga bisa menahan gaya tekanan yang tinggi, Pipa kadang dibelok-belokkan pada jarak tertentu sehingga system piping tersebut dapat memuai dengan bebas sehingga gaya-gaya pada ujung-ujung piping akan berkurang, istilahnya memiliki flexiblility yang masih diijinkan dalam standard atau code dan istilah ini sering kit asebut dengan pipe loop. Dan ada kalanya juga dipasang Pipe Guide , istilahnya pipa diikat tapi jaraknya hanya ke kiri dan ke kanan saja, untuk menghindari pipa yang duduk di atas pipe support keluar/ jatuh ke tanah.

Dan yang paling utama bilamana Manuasia mengalami STRESS adalah kembali ke Akidah (Keyakinan masing-masing), bertakwa kepada Allah dan beramal Saleh, Berdoa , bertasbih dan mengerjakan Sholat, memperkirakan kemungkinan terburuk dan melihat orang yang keadaannya lebih parah, mencoba bersikap realistis, berbaik sangka dan terakhir berharap bahwa keadaan kita akan lebih baik dari sebelumnya.
Dan ada cara lain bilamana Manusia itu mengalami STRESS yang cukup parah yaitu dengan datang ke spkiater, ke dokter jiwa atau lewat ruqyah oleh orang yang ngerti agama dan ruqyah syariah.

Kalau Manusia STRESS pada umumnya kembali ke Akidah, sedang pada Piping, kalau piping stress piping kembali kepada code atau standard yang dipakai seperti ASME B31.3 (Power Piping) ASME B31.3 (Process Piping), ASME B31.4 (Liquid Petroleum Transportasi Piping Systems) atau ASME B31.8 (Gas Transmission and Distribution Piping). Dimana pada setiap Code itu berbeda peruntukannya ada yang untuk Power Plant, Chemical Plant atau Pipeline baik itu Gas atau Fluida.
Dimana di dalam code-code itu terdapat batasan-batasan atau aturan-aturan yang berupa tabel-tabel seperti Table Weld Joint Factor (E), Tabel Yeild Strength for Steel dan Iron Pipa, Tabel Coefisien Thermal Expansion dan masih banyak lagi tabel-tabel yang dipakai untuk perhitungan stress pada pipa. Tentunya Tabel-tabel tersebut dikombinasikan lewat rumus-rumur perhitungan yang terdapat pada setiap code ASME. Ada juga dilakukan checking grade untuk memastikan apakah pipa yang dipasang sesuai dengan peruntukannya, dimana yang dicheck adalah pipe size dan temperature.

Ada juga cara yang rada mudah menghitung pipe stress analisys yaitu dengan menggunakan Software atau perhitungan melalui komputer istilahnya kita hanya memasukkan data-data yang diminta dan kemudian keluarlah hasil yang diminta secara otomatis dan cepat.
Adapun software yang biasa dipakai untuk menghitung pipe stress analisys adalah : Caesar II, Caepipe, Simplex, ROHR2 dan Autopipe. Tapi biasa yang dipakai di Indonesia adalah Caesar II by Coade dan Auto Pipe. Atau pun bisa lewat spreadsheet, perhitungan melalui excel program..

Begitulah gambaran ringkas mengenai STRESS pada Manusia atau Stress pada Piping. Dan ini adalah merupakan opini saya dan sepanjang yang saya ketahui bilamana Manusia atau Pipa mengalami STRESS.
Dan bilamana kita bisa mengendalikan STRESS pada diri kita maka kehidupan kita akan semakin baik dan tenang. Dan bilamana kita bisa mengendalikan STRESS pada pipa, maka tingkat kesejateraan hidup dan kenyamanan hidup kita akan lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar