Kamis, 25 Februari 2010

GAMBARAN UMUM MENGENAI PIPA

Di bawah ini dijelaskan apa-apa yang berhubungan dengan suatu system perpipaan dan apa saja yang berhubungan dengan semua system perpipaan bilamana kita memilih sebuah pipa :

1. PIPE dan TUBING
Pipa istilah biasanya mengacu pada produk-produk yang berbentuk pipa Diameter luar (OD) selalu memenuhi ukuran standar meskipun ketebalan dinding mereka (jadwal angka) bervariasi. Sementara ukuran pipa belum standar pada tingkat yang sama seperti ukuran pipa metalik NPS (Piping Nominal Size) Nominal Standar Ukuran standardizes pipa ukuran diameter pipa yang umum digunakan dalam sistem pemipaan. Yang paling banyak digunakan adalah standar untuk NPS ANSI B36.10 untuk tempa baja, sementara ANSI B36.19 digunakan untuk stainless steel. Ukuran merujuk dengan diameter luar (OD) pipa, meskipun hanya pipa berukuran 14 "dan lebih besar telah
OD yang sama sebagai NPS. Pipa di bawah 14 "telah OD lebih besar dari NPS, berdasarkan Briggs standar. (Lihat tabel A.1. Pada Lampiran) Tubing ukuran umumnya ditunjuk oleh OD aktual mereka.

2. PIPE SCHEDULE
Pipa schedule sebenarnya berhubungan dengan standar ketebalan dinding untuk NPS. Schedule ini terdaftar sebagai nomor dan bervariasi untuk setiap NPS. 4 "pipa dengan shedule 40 tidak sama ketebalan dinding sebagai 14 "pipa dengan schedule yang sama. Di samping numerik ini shedule sana juga tiga klasifikasi umum untuk ketebalan dinding pipa: Standard (STD), Extra Kuat (XS) dan Double Extra Strong (XXS). Ketiga angka tumpang tindih pipe shedule pada ukuran tertentu. Sebagai contoh: schedule STD untuk ukuran sampai dengan 10 "adalah sama dengan schedule 40, sedangkan untuk ukuran dari 12 "dan di atas STD schedulenya mengacu pada ketebalan dinding 0,375 ". (Lihat tabel A.2. Pada Lampiran) ANSI B36.19 daftar nomor jadwal pipa khusus untuk pipa baja stainless, yang telah akhiran s seperti jadwal 10s, 40s dan 80s. Pipe Schedule ini juga sering digunakan untuk non-Steel pipa. PVC pipa dan plastik tertentu lainnya yang tidak memiliki titik dimaksud adalah biasanya disebut sebagai dengan schedule 40 atau 80.

3. RATING
Flens komponen tekanan diklasifikasikan dalam beberapa kelas, yang berhubungan dengan kerja tekanan dalam pound per square inch, seperti £ 150, £ 300, £ 600, dan lain-lain. ANSI Standar dimensi B16.5 memberikan data dan tekanan operasi pemberian peringkat selama tujuh mengarah kelas 150 melalui 2500 untuk berbagai baja dan paduan flensa. (Lihat tabel A.3. Pada Lampiran)
Cast atau ulet flensa besi diproduksi untuk sambungan ulir saja. ANSI B16.1
untuk besi tempa flensa dan fiting flens daftar kelas 25, 125, 250 dan 800 sebagai standar klasifikasi.

Demikianlah gambaran umum mengenai Pipa dimana bilamana kita mau memilih pipa untuk sebuah design system perpipaan harus mengacu kepada Schedule dan Rating.
Intinya adalah Pipe and Tubing adalah sebuah polongan yang mempunyai diameter yang berbeda dimana di dalamnya akan mengalir cairan atau gas.

Kalau kita menyebut pipa berarti ukurannya diatas 1/2" sedangkan kalau kita menyebut Tubing berarti ukurannya di bawah 1/2".

Kalau kita bicara shedule pipa artinya kita bicara mengenai ketebalan pipa yang akan digunakan untuk sebuah system perpipaan semakin tinggi tekanan dan temperaturnya maka semakin tebal dinding dari pipa itu. misalnya sch std, sch 40, sch 80

Kalau kita bicara Rating berarti kita bicara mengenai tekanan yang dimiliki oleh sebuah pipa dimana semua pipa akan diuji terlebih dahulu untuk menentukan kemampuan sebuah pipa untuk menahan tekanan makanya kita kenal rating # 150, # 300, # 600 dll.

5 komentar:

  1. mantap bro koleksinya mampir jg ya. apakah profsinya sama?

    BalasHapus
  2. ada gak ya tabel semua jenis ukuran pipa, butuh banget nih, mohon bantuannya..Tnks..

    BalasHapus
  3. Mas Watu.. Profesi saya piping design engineer jadi berhubungan erat dengan piping ini yang saya jelaskan tapi sekarang saya lagi kerja sebagai piping designer.. karena projectnya di Malaysia.

    Salam

    BalasHapus
  4. Mas January,

    Sebenarnya banyak info mengenai jenis ukuran pipa ..coba kamu download saja di mbah googgle , pasti banyak deh di sana.

    coba kamu juga buka website www.wermac.org atau www.piping-world.com atau cari download gratisan di internet mengenai piping.

    Dan untuk ukuran pipa sifatnya umum dan banyak juga buku-buku piping yang di jual di Gramedia.

    Demikianlah saya sampaikan. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  5. Referensi yang bagus. Menjadi informasi baru untuk kami.
    Terima kasih.

    BalasHapus