Friday, April 10, 2020

MINUM KOPI DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID 19

Negara kita Indonesia tengah dihadapkan akan suatu wabah yang membuat kita, negara dan pemerintah kewalahan dan khawatir akan wabah itu yaitu virus covid 19. Virus yang Pendeminya adalah manusia membuat mudah penyebarannya baik melalui sentuhan tangan ke benda benda, hembusan nafas dan lainnya. Maka pemerintah banyak menyarankan agar kita memakai masker, diam di rumah, menjaga jarak dengan manusia lainnya dan yang paling penting adalah mencuci tangan sebelum memegang bagian muka khususnya mulut, hidung dan mata. Karena masukny virus ke tubuh manusia adalah melalui bagian tersebut.


Banyak pencegahan yang dilakukan oleh manusia dalam pencegahan virus yaitu bagaimana menjaga imun tubuh agar tetap sehat yaitu dengan melakukan olah raga yang teratur, berjemur, makan makanan yang sehat, makan buah dan sayur serta mengunakan supplement untuk kesehatan..baik itu rempah rempah maupun madu maupun lainnya.

Ada juga
minuman lain yang bisa digunakan sebagai salah satu cara mencegah masuknya virus corona masuk ke dalam tubuh yaitu minum Kopi. karena menurut penelitian bahwa kopi itu minuman yang dapat mencegah influenza. Influenza/ flu gejalanya hampir mirip dengan gejala virus korona yaitu deman, panas tinggi, batuk, hidung meler dan tenggorokan sakit. Jadi bagi anda penikmat kopi tentunya ini adalah suatu harapan agar kita tetap sehat dan selalu sehat ketika memgkonsumsi minuman kopi.

Saya bukan peneliti untuk bidang pencegahan virus corona tapi saya mendapatkan info dari teman peneliti dan saya juga sudah mencobanya sendiri karena saya pengopi dan juga sudah memberikan minuman kopi kepada istri saya yang menjadi bagian SATGAS COVID 19 Riau untuk bagian laboratorium COvid 19 PCR agar istri saya tetap sehat dan kuat serta selamat dan kembali berkumpu dengan kami, keluarganya.


Chlorogenic acids are secondary metabolites in diverse plants. Some chlorogenic acids extracted from traditional medicinal plants are known for their healing properties, e.g., against viral infections. Also, green coffee beans are a rich source of chlorogenic acids, with 5-O-caffeoylquinic acid being the most abundant chlorogenic acid in coffee. We previously reported the synthesis of the regioisomers of lactones, bearing different substituents on the quinidic core. Here, 3,4-O-dicaffeoyl-1,5-γ-quinide and three dimethoxycinnamoyl-γ-quinides were investigated for in vitro antiviral activities against a panel of 14 human viruses. Whereas the dimethoxycinnamoyl-γ-quinides did not show any antiviral potency in cytopathogenic effect reduction assays, 3,4-O-dicaffeoyl-1,5-γ-quinide exerted mild antiviral activity against herpes simplex viruses, adenovirus, and influenza virus. Interestingly, when the compounds were evaluated against respiratory syncytial virus, a potent antiviral effect of 3,4-O-dicaffeoyl-1,5-γ-quinide was observed against both subtypes of respiratory syncytial virus, with EC50 values in the submicromolar range. Time-of-addition experiments revealed that this compound acts on an intracellular post-entry replication step. Our data show that 3,4-O-dicaffeoyl-1,5-γ-quinide is a relevant candidate for lead optimization and further mechanistic studies, and warrants clinical development as a potential anti-respiratory syncytial virus drug.

Seperti dilihat di atas bahwa kopi mengandung zat clorogenic yang membantu mencegah flu dan bantu yang merupakan cikal bakal virus corona masuk ke tubuh manusia. jadi dengan minum kopi diharapkan kita manusia dapat menghindari penularan dan penyebaran virus corona.

Dalam hal ini tata cara minum kopinya adalah kopi yang mengandung kadar asam yang agak tinggi seperti kopi Liberika dan Kopi Arabika namun bisa juga bilamana menggunakan kopi Robusta. Tapi disarankan yang arabika atau liberika tapi kalau mau ngurangin rasa asamnya bisa menggunakan kopi robusta sebagai campurannya.

Lajukela Koppie adalah product baru dari kami yang mencampurkan antara kopi arabika, robusta dan liberika dengan komposisi tetap 65% untuk kopi robusta dan sisanya kopi campuran kopi arabika dan liberika. Anda bisa melakukan sendiri dan resepnya akan kami berikan bilamana anda membeli product kami. Tapi tetap disarankan kopi arabika atau kopi liberika secara single origin yang di seduh. Dan intinya kopi tanpa gula maupun susu. jadi diminum kopi hitam saja. 

Saya sedang melakukan uji sample kepada istri saya yang saya buatkan kopi racikan tersebut dan dicampur susu kental manis , atau gula. dan nanmpaknya beberapa hari saya berikan istri tidak terkena flu. Tapi kalau saya biasanya minum kopi single origin , arabika atau liberika tanpa gula karena saya ingin mengobati penyakit yang ada di dalam tubuh saya yaitu diabetes. Kalau asam urat saya, Alhamdulilah sudah normal .

Jadi kesimpulannya adalah bilamana anda ingin sehat dan terhindar dari sakit flu ada baiknya konsumsi kopi asli bukan kopi yang tidak asli alias kopi campuran. karena unsur chlorigenic nya mungkin sedikit dibandingkn kopi asli. Minum kopi setiap hari juga mampu menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit.Tapi hendaknya dikala minum kopi jangan lah dibarengin dengan merokok. karena merokok sudah terbukti sangat mengganggu kesehatan terutama di bagian paru paru. 

tetap sehat, tinggal di rumah, pakai masker dan cuci tangan 

Pekanbaru 10 April 2020






No comments:

Post a Comment