Monday, June 18, 2012

GAMBARAN LULUSAN TEKNIK MESIN UNTUK OIL & GAS

Lulusan Teknik Mesin seperti yang kita ketahui lebih banyak memilih di bidang Automotive di bandingkan bidang-bidang yang lainnya. Saya nggak tahu kenapa bisa seperti itu.

Mungkin sejak awal memasuki bangku kuliah mahasiswa disuruh mengambar yang berhubungan dengan mesin mobil sehingga ada kecendrungan lulusan Teknik Kerjanya di Automotive atau di Industri.

Pada awalnya saya pun berpikiran begitu tapi setelah menjalani sendiri bahwa lulusan Teknik Mesin tidak harus kerja di bidang Automotive, masih banyak peluang lain sebenarnya yang bisa dibutuhkan, seperti misalnya di Bidang Oil & Gas.

Saya sedikit membahas mengenai peluang Sarjana Teknik Mesin sebatas sepengetahuan saya saja disini, karena itulah yang saya tahu dan berhubungan dengan mata kuliah yang kita ambil pada saat penjurusan di Mesin Konversi, tapi bisa saja bersifat umum.

Tapi anak-anak yang masih di bangku kuliah tidak diharamkan untuk mengikuti training-training yang bersifat penjurusan di bidangnya. Misalnya melalui training-training online yang saya buat disini yang semuanya berhubungan dengan lulusan Teknik Mesin, Saya bisa saja membuat Training Online yang berhubungan dengan Teknik Civil atau Teknik Kimia , Tapi kalau Teknik Electro atau Teknik Instrumentasi saya belum berani karena bagi saya sesuatu yang tidak nampak itu masih perlu waktu untuk mempelajarinya.

Bila anda lulusan Teknik Mesin kalau bisa mendapatkan gelar S1 karena kalau lulusan D3 saja rasanya sulit untuk menaikkan standard gajinya, karena kalau kita ingin bekerja di luar Indonesia biasanya syaratnya minimal harus S1, baik kerja di Malaysia, Australia, Qatar dan dimana saja. intinya di luar Indonesia. Kecuali profesinya sebagai Welding Inspector atau yang berhubungan dengan Inspeksi , Tapi kalau Welding Engineer biasanya minimal S1.

Dan jangan lupa memaksimalkan IPK lulusan Teknik Mesin agar mendapatkan nilai di atas 3,0 skala 4. karena berat rasanya bersaing dengan lulusan-lulusan Teknik Mesin lainnya bila anda hanya mendapatkan IPK di bawah 3 untuk zaman sekarang ini. Tapi sebenarnya bisa saja didapatkan mengingat sekarang ada program semester pendek atau apa. Dan zaman sekarang pun dosen-dosen tidaklah pelit kasih nilai kecuali di jaman saya dulu kadang paling tinggi nilai B.

Ada beberapa peluang yang bisa diambil /dilamar untuk lulusan Teknik Mesin,

A. Client
     Kalau anda melamar menjadi Client itu harapan semua orang karena kalau menjadi Client nggak harus pusing mikirin masa depan dan lain-lain. Dan hanya memikirkan kerja bagus dan menaikkan karier. Tapi biasaya kalau kerja sebagai Client gajinya berdasarkan standard perusahaan dan tidak ada negosiasi.
Biasanya pun Client membuka posisi untuk Fresh Engineer tapi harus siap ditraining dan gajinya pun kurang banyak, standard salary bujangan.
Contoh : PT. Badak NGL Co, PERTAMINA, BP MIGAS, TOTAL E & P, CHEVRON, MEDCO, dll

B. Engineering Consultant
    Kalau anda melamar pekerjaan di Engineering Consultant, sebenarnya sangat menarik sebelum anda melamar kerja sebagai Client. Tapi biasanya kalau kerja sebagai Consultant, system kerjanya kontrak, ya kontrak 1 tahun atau 2 tahun dan bisa juga kerja permanent tergantung dengan Companynya dan juga keseriusan kita bekerja.Tapi tetap kita harus memikirkan masa depan kita karena waktu kerja kontrak ada batasan waktunya. Tapi keuntungan kerja di Engineering Consultant untuk masalah gaji bila kita sudah mempunyai experience yang bagus walau hanya 2 tahun, kita bisa negosiasi mengenai masalah gaji.
Tapi untuk fresh Engineer banyak peluang untuk bekerja di bidang ini.
Contoh : TRIPATRA, KBR, TECHNIP, Worley Parson, etc.

C. Inspeksi Teknik
 Kalau anda belum mempunyai bidang keahlian personal nampaknya belum bisa melamar di bidang ini, karena biasanya di bidang ini mensyaratkan harus memiliki certificate sesuai dengan bidang yang dilamar, misalnya Welding Inspector, NDT Inspector dan lain-lain. Walau anda lulusan S1 Teknik Mesin nampaknya belum bisa melamar secara langsung di bidang ini sebelum anda memiliki certificate keahlian. Kecuali Company nya membuka peluang kerja untuk Fresh Engineer.
Contoh : Sucopindo, Irsindo Pratama, Surveyor Indonesia (SI), dll.

D. EPC (Engineering Procurement and Construction)
    Bidang ini kombina antara bidang Engineering Consultant, Bagian Pembelian dan Construction) dan biasanya banyak juga yang membutuhkan pekerja dari Fresh Engineer. Tapi tidak ada salahnya anda mempunyai juga keahlian di bidang yang anda lamar. Tapi biasanya kalau semacam ini perusahaannya sudah sangat besar dan kadang mereka menjamin Client bisa bayar belakangan.
Contoh : FLOUR dll

E. SALES/MARKETING
   Mungkin bagi anda lulusan Teknik Mesin yang masih baru menganggap remeh bidang ini dan hanya terfokus untuk mencari peluang kerja menjadi Client atau kerja di Engineering Consultant, tapi sebenarnya posisi ini sungguh sangat bagus untuk mensupport karier ke depan anda untuk melamar kerja menjadi Client. Karena tidak jarang orang-orang yang bekerja sebagai Sales Engineer bisa direcruit oleh Client.
Sales Engineer untuk pompa, pipa, kompressor, barang-barang Instrumentasi dan lain-lain.

****************************************************************************

Ada cerita sedikit mengenai seorang Sales Engineer akhirnya menjadi Client .
Ada seorang teman saya yang bekerja sebagai Sales Engineer untuk bidang Pompa atau bidang instrumentasi, kalau dibilang kerja sama Vendor. Setelah 5 tahun dia bekerja sebagai Sales Engineer, akhirnya dia melamar di Engineering Consultant dan kerja selama 4 tahun di sana akhirnya melamar kerja menjadi posisi Client. Tapi akhirnya karena dia bosen kerja di Client akhirnya resign dan hanya 2 tahun saja. Dan akhirnya kembali kerja sebagai Engineering Consultant. Tapi itulah hidup ini adalah pilihan.

Tapi ada juga teman lainnya yang dari Sales Engineer kemudian menjadi Client dan baru punya pengalaman kerja selama 3 tahun. Dan ada juga dari Engineering Consultant yang kerja langsung menjadi Client. Karena disamping dia kerja sebagai di Engineering Consultant tentunya dia pun punya cita-cita untuk menjadi Client.
Dan biasanya itu memerlukan waktu baik itu lama maupun pendek.

Jadi untuk Lulusan Teknik Mesin jangan terpaku untuk kerja menjadi Client, tetapi tetap ambil peluang lain dan tetap berhubungan kerjaan dengan Dunia Oil & Gas. Karena hidup ini adalah suatu process, kadang bisa cepat dan kadang bisa lambat kalau ingin memotong jalur suatu process yach harus bekerja sendiri alias membuka usaha sendiri. 

Kalau saya sendiri semua bidang saya ambil yang penting saya bisa bekerja dan jadi yang terbaik untuk diri saya, keluarga saya dan masa depan saya. Apapun peluang itu tetap yang terbaik sepanjang itu tidak melanggar aturan Agama dan Negara.

Sebagai info, saya bekerja di bidang LNG Project, Pulp & Paper Project, Perkebunan (Pabrik Kelapa Sawit/Pabrik Karet), Power Plant Project, Community (Water Treatment Plant) , Oil & Gas Project. Tapi tetap di bidang Mechanical Engineering (Static, Rotating, Piping, Pipeline).

Saya pernah juga menjadi Sales Engineer bahkan Sales Mobil dan kerja di Engineering Consultant tapi sebatas Engineering Consultant saja karena menjadi Client sering gagal karena IPK saya nggak besar hanya cukup kerja di Engineering Consultant saja. Tapi sebenarnya pernah jadi Client tapi di Perusahaan Perkebunan Asing selama 4 tahun dan tiap tahun mutasi.

Ini adalah gambarlah bidang-bidang untuk lulusan Teknik Mesin dan mungkin saja lulusan untuk jurusan lainnya dan sifatnya general nanti episode berikutnya baru saya akan coba membahas, lebih fokus ke arah Engineering Consultant saja bagi lulusan Teknik Mesin, Tapi untuk lulusan Teknik lain pun bisa saya jabarkan tapi tergantung dari request dari pembaca.

Bagi anda yang ingin bekajar Engineering Design Online bersama saya di bidang Teknik Mesin, biaya trainingnya Rp. 500.000 saja. Materi saya akan kirim via email, dan tidak menutup kemungkinan untuk peseta yang masih kuliah di Tingkat Akhir Jurusan Teknik Mesin untuk mengikuti Training dari saya. Tapi kalau untuk yang masih tingkat 2 atau tingkat 3 pun boleh ikutan tapi nampaknya terlalu cepat dan untuk kesempatan bekerja pun masih lama karena harus lulus S1 dulu. Tapi saya terima saja karena Training saya ini sifatnya mendasar dan pengenalan terhadap barang-barang yang berhubungan dengan piping, static dan rotating.











6 comments:

  1. Awalnya saya masuk Teknik Mesin agak ragu, tapi setelah baca artikel satu ini, Jadi gak minder lagi, dan terus semangat !! makasih banyak mas :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Untuk mengikuti Trainngx Carax gimana yah Mas...??

      Delete
  3. Materi training nya apa saja mas ?

    ReplyDelete
  4. materinya apa aja ? mau ikut nich...

    ReplyDelete