Sabtu, 23 Juni 2012

LULUSAN TEKNIK MESIN IN ENGINEERING CONSULTANT COMPANY.

Saya disini mencoba memberikan gambaran bagi lulusan Teknik Mesin terutama untuk lulusan Sarjana Teknik bilamana berkeinginan bekerja di Engineering Consultant Company. seperti di Tripatra, Amec Berca dan lain-lain.yang intinya bekerja sebagai Design Engineer.

Posisi design engineer banyak di cari oleh perusahaan Consultant baik di dalam negeri maupun di luar negeri, dan semua itu tergantung dari experiences dan kemampuan anda juga. Kalau gaji tergantung negosiasi anda dengan perusahaan tersebut.

Ya kalau untuk Design Engineer pengalaman masih 2 tahun biasanya gajinya 4 juta an, kalau sudah 5 tahun keatas biasanya 8 juta dan bila pengalaman anda diatas 10 tahun biasanya gajinya di atas 10 juta. Tapi semua tergantung kemampuan anda dan bagaimana anda bernegosiasi. Tapi yang saya ceritakan tadi adalah gaji untuk design engineer yang bekerja di Engineering Consultant bidang Oil & Gas. Kalau di luar itu, saya belum tahu karena semua pun tergantung dengan negosiasi.

Berikut saya akan coba share beberapa informasi pekerjaan yang biasa dilakukan oleh  lulusan Teknik Mesin di bidang engineering design Oil & Gas.

1. Mechanical Design Engineer - Static.
    Biasanya mendesign Tank, Vessel, Column, Heat Exchanger. bisa pakai software, spreadsheet atau manual. Static istilahnya tak bergerak.
    Sebenarnya Piping Engineering termasuk di dalam Mechanical Engineering - Static tapi berhubung pekerjaan piping lebih banyak dari yang lain maka dijadikan satu profesi khusus yaitu : Piping Engineer

2. Mechanical Design Engineer - Rotating.
    Biasanya mendesign Pompa dan Kompressor. Rotating istilahnya berputar. .    
   

3. Piping Design Engineer -
    Kalau piping yach berhubungan dengan design piping system beserta accesorriesnya.




4. HVAC Design Engineer
     HVAC (Heating Ventilating & Air Conditioning) Design adalah mendesign suatu system HVAC
     baik itu di perusahaan ataupun di perumahaan. Biasa kita kenal dengan AC Central dan AC Seplit.
     Kalau Heating diperlukan biasanya di daerah yang mengalami 4 musim.

Biasanya untuk perusahaan international , ke 4 posisi yang saya sebutkan diatas dibuat pas seperti itu dan terpisah-pisah tapi biasanya bilamana bila perusahaan yang menekan budget, Posis Mechanical Design Engineer untuk Static dan Rotating dijadikan satu di dalam Mechanical Design Engineer (Static & Rotating).

Tapi bilamana project yang ditangani sedikit maka biasanya bila perusahaan ingin menekan budget lagi, Posis Piping Design Engineer termasuk di dalam posisi Mechanical Design Engineer.

Tapi biasanya itu jarang terjadi tetap saja ada beda antara Mechanical Design Engineer dengan Piping Design Engineer.

Salam

 

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mackintosh, komentarnya belum saya terima

    BalasHapus