Sabtu, 01 Juni 2013

OVERVIEW PIPING DESIGN CHECK LIST BOOK.

Piping Design Check list adalah suatu pekerjaan untuk mengecek atau mereview suatu gambar piping apakah sesuai dengan kaedah-kaedah yang berlaku di dalam mendesign sebuah system perencanaan piping.

Kalau kaedah-kaedah yang dimaksud tentunya banyak dan tergantung dari masing-masing perusahaan yang mengeluarkan aturan yang berhubungan dengan check list untuk piping design. Tapi sebenarnya tidak hanya piping design yang mempunyai check list tapi semua bidang lain pun mempunyai check list.

Tapi yang dibicarakan adalah berhubungan dengan piping design maka ada baiknya lebih menfokuskan kepada piping design check list.

Pada umumnya kaedah-kaedah yang dimaksud adalah P&ID, Piping Specification, Piping Symbol drawings dan Legend. Dan semua yang disebutkan diatas adalah sering dipakai sebagai acuan untuk penulisan piping design check list baik itu oleh perusahaan consultant engineering atau perusahaan yang bergerak di explorasi minyak dan gas atau perusahaan-perusahaan di bidang lainnya, seperti di Pulp & Paper, Power/Energi, Community (Water Treatment Plant) dan lain-lain, dimana pada saat mendesign suatu system perencanaan piping memerlukan check list.

Sebenarnya tujuan dari pembuatan check list (daftar pengecekan) terhadap piping design adalah hanya untuk memastikan apakah sebuah design system perencanaan piping apakah bisa dipahami pada saat konstruksi di lapangan alias pemasangan piping di lapangan. Bilamana perencanaan piping tidak sesuai dengan kaedah-kaedah yang ditetapkan di dalam check list dikhawatirkan akan ada permasalahan pada saat pemasangan system perpipaan di lapangan. Misalnya : kesalahan arah aliran fluida di dalam piping akan mengakibatkan kesalahan pemasangan check valve, kesalahan penulisan piping materials seperti schedule pipe, pipe size, material, kesalahan penulisan piping specification pada gambar piping.

Tentunya bisa dibayangkan apa yang terjadi bilamana ada kesalahan pemasangan piping design pada saat konstruksi/ erection saat mengacu kepada gambar yang salah. Selain adanya ledakan pada pipa dan fitting, juga kerusakan pada valve dan banyak lagi kejadian-kejadian yang tidak kita harapkan apabila ada kesalahan dalam penulisan / teknik penggambaran system perpipaan.

Piping Design Check List sangat diperlukan dalam setiap perencanaan system perpipaan. Banyak perusahaan yang menerapkannya tapi ada kalanya juga ada perusahaan yang tidak mau menerapkannya. Beberapa alasan kenapa ada yang tidak menerapkannya adalah kemungkinan system perpipaan yang dibuat tidak mempunyai temperature dan pressure yang tinggi, tidak menimbulkan ledakan, tidak berhubungan dengan zat kimia dan banyak lagi alasan yang dipakai untuk tidak menerapkan piping check list di perusahaan mereka.

Tapi di perusahaan yang bergerak di bidang Oil & Gas dan Power/ Energy, seperti Petronas, Alstom Power, Chevron dll. Dan juga ada beberapa perusahaan Engineering Consultant yang menerapkan piping design check list, seperti Flour, Hyundai dll. Tapi walaupun perusahaan engineering consultant memiliki standard (check list) tersendiri untuk mengecek atau mereview gambar system perpipaan yang dibuat tapi tetap saja perusahaan engineering consultant harus mengacu kepada standard piping design check list yang dimiliki oleh perusahaan Owner (Client) , seperti Chevron, Petronas dll.
Dalam buku ini akan juga dibahas secara umum mengenai P&ID (Piping & Instrument Diagram), Piping Specification, Equipment Layout Pipe Support, Symbol-symbol piping design drawing, Piping Plan drawing dan isometric drawing, insulation dan lain-lain dimana itu diperlukan pada saat kita mengecek perencanaan sebuah system perpipaan. Dan itu akan di bahas dalam bab tersendiri.

Gambar atau drawing yang dicheck dengan menggunakan piping check list standard biasanya adalah gambar isometric, gambar piping plan layout and section dan kadang juga gambar equipment layout. Tapi pada umumnya untuk pengecekan equipment layout sudah ada tersendiri system pengecekannya. Tapi kadang kalanya untuk pengecekan equipment layout juga muncul di dalam point-point check list piping design. Namun semua itu tergantung dari setiap perusahaan yang menerapkan system design check list ini.


Di dalam buku ini juga akan dibahas beberapa metoda check list piping design yang pernah ditemukan di dalam internet atau dari sharing dari teman-teman sesama piping design engineer. Dari beberapa metode penulisan check list yang dijabarkan masing-masing akan coba dirangkum menjadi satu standard penulisan piping design check list sebagai acuan bagi para piping designer untuk mengecek system perencanaan piping yang dibuat agar sesuai dengan standard yang berlaku, memudahkan orang lain untuk membaca design piping yang dibuat dan memudahkan pemasangan pipa pada saat di pasang di lapangan sehingga hasil yang sangat baik bisa tercapai, aman dan safety serta sesuai dengan waktu yang direncanakan.

Itulah tadi cerita pendahuluan mengenai buku piping design check list yang sebenarnya sedang saya susun untuk diterbitkan. Banyak data yang saya perlukan dalam penulisan buku ini tapi berhubung external hard disk saya sedang rusak sehingga kelanjutan buku ini tertunda sampai sekarang dan saat ini saya tengah mencari data-data kelengkapan untuk buku ini lewat internet. 

Do'akan saya sehingga saya pun bisa menyelesaikan buku ini seperti buku-buku terdahulu saya yang pernah saya terbitkan via e-book. 

Canberra 2 June 2013,

Pujangga Piping

1 komentar: