Wednesday, August 3, 2011

KERETA API MENUJU KUALA LUMPUR FROM LCCT

Saya disini mencoba untuk share mengenai transportasi lain selain Bus menuju ke kuala Lumpur dari LCCT "Air Asia Home Stay" atau sebaliknya.

Bagi kita penikmat layanan Air Asia sangat lah tidak heran dengan nama LCCT. Yach di sana adalah bandara untuk Home Base Air Asia di Kuala Lumpur. Dan kalau kita menuju ke Kuala Lumpur kita sering gunakan taxi Limo atau Bus. Dan biasanya jarak tempuh ke Kuala Lumpur bila kita menaiki Bus karena tarif taxi limo cukup mahal bila dibandingkan dengan menaiki Bus..Tapi itulah jarak tempuh antara LCCT ke KL sekitar 75 menit dan bisa lebih bila kondisi jalan sedang macet karena jam sibuk pulang kantor.

Sebenarnya saya biasa menggunakan sarana bus untuk menuju ke Kuala Lumpur dan harga tiketnya pun RM 9 bila naik Sky bus tapi kalau naik bus biasa harga tiketnya RM 8. Tapi kalau mau beli tiket Sky Bus murah yach pesannya via online sewaktu memesan tiket pesawat.

Tiket Bus  and Train
Nah saya mau cerita sekarang mengenai alternative lain selain Bus ke Kuala Lumpur dari LCCT. alternative lain adalah dengan menggunakan Kereta Api atau istilahnya Rapid KL. Tapi itulah harga tiketnya lebih mahal dikit dari tiket Bus yaitu RM 12.5 bila kita turun di KL sentral tapi bila turun di bandar tasik selatan harganya RM 10.8 . Kalau perbandingan mengenai harga Bus yang lebih murah tapi kalau bicara ketepatan waktu yach naik kereta api.

Untuk menaiki kereta api, kalau dipikir-pikir naik dari bandara LCCT tidak ada statiun kereta api ataupun rel kereta api seperti halnya di Airport sebelahnya yaitu KLIA. Dimana di KLIA ada statiun kereta api. Nah untuk mensiasati agar tidak terjadi perbedaan pelayanan bandara makanya diadakan juga transportasi dengan menggunakan Train dari LCCT ke Kuala Lumpur.

Suasana di dalam Bus

Station Salak Tinggi
Bila kita ingin menaiki kereta api, harganya tergantung tujuannya. yang paling mahal yaitu RM 12.50 menuju ke KL Sentral tapi kalau kita bawa anak2 dibawah usia 12 tahun biaya untuk anak2 RM 6. Tapi berhubung di LCCT tidak ada statiun kereta api ataupun rel. maka disiasati menggunakan system Transit istilahnya "KLIA Transit". Dimana kalau kita naik dari Bandara LCCT , kita naik bus dahulu trus turun di Statiun Salak Tinggi dan kemudian naik kereta api menuju ke KL Sentral. Jarak Tempuh sekitar 1 jam. dimana dengan rincian naik bus dari LCCT ke Salak Tinggi estimati waktu 20 menit dan Salak Tinggi ke KL Sentral estimati waktu 30 menit. dan waktu tunggu kereta api estimati 10 menit jadi total sekitar 1 jam. Tapi bila kita berangkat dari KL Sentral ke LCCT waktu hanya sekitar 50 menit karena tak ada waktu tunggu kereta api.
Untuk keberangkatan dari LCCT ke KL Sentral adalah setiap 30 menit. Jadi Bus Transit walau berisi hanya 10 orang busnya tetap berangkat menuju ke Salak Tinggi. Istilahnya penumpang lebih diutamakan lah.

HOW TO USED KLIA TRANSIT FROM LCCT TO KL CENTRAL

Kereta Api yang digunakan
Untuk menggunakan kereta api ini , saat kita tiba dari Indonesia atau dari mana saja, untuk mencari lokasi dimana bus transit ini berada lokasinya tidak jauh dari Sky Bus. Tapi posisi pastinya berada di depan Terminal Keberangkatan untuk Domestik. Dan bila kita dari Indonesia khan turunnya di International Airport jadi bila kita menuju ke Sky Bus pasti deh melewati Bus Plusliner ini. Atau tanya-tanya saja kalau mau naik kereta api dimana station bus nya.
Dan untuk menaiki bus + kereta api , kita hanya membayar RM 12.5 dan anak2 hanya RM 6. Petugas Tiketnya biasanya duduk di kursi di sebelah bus sebelum kita naik. Dan bilang saja ke dia kalau kita mau ke KL Sentral atau Bandar Tasik Selatan. Dan bila anda tinggal di daerah ChowKit ,Mesjid jami , atau daerah yang di lalui LRT. ada baiknya Turun di Station Bandar Tasik Selatan dan naik LRT dari sana menuju ke Chow Kit misalnya. Dan tarif nya bila ke Bandar Tasik Selatan hanya RM 10.8 sahaja. Disamping LRT juga ada Kometer dan juga Bus menuju ke luar Kuala Lumpur. Karena Bandar Tasik Selatan ini merupakan Statiun Terbesar di Kuala Lumpur.

Oke kita balik lagi ke cerita awal. Setelah kita membeli tiket, kita akan diberi 2 buah tiket. yang satu tiket untuk naik bus dan satu lagi tiket untuk naik kereta api. Setelah membeli tiket kita naik ke Bus dan setiap 30 menit bus nya berjalan menuju ke Station Salak Tinggi. Setelah 30 menit menunggu akhirnya bus berangkat menuju ke statiun salak tinggi dan jarak tempuhnya sekitar 20 - 25 menit dan diusahakan 20 menit sudah sampai di statiun agar penumpang bisa langsung naik ke Kereta Api.

Bus yang digunakan untuk Transit
 Setelah melakukan perjalanan selama 20 menit tibalah di statiun salak tinggi dan kita turun dari bus dan masuk ke statiun Salak Tinggi dan setelah itu kita menunggu kereta lewat. Dan tak kurang 10 menit kita menunggu datanglah kereta api yang akan membawa kita ke kuala lumpur. Dan jangan khawatir tersasar atau bingung di dalam statiun , semua petunjuk yang ada di statiun cukup lengkap. Statiun nya kecil dan jangan disamakan dengan statiun Gambir. Yach beda jauh deh..Dan selama di dalam statiun , kita akan diberikan petunjuk-petunjuk dari pengeras suara untuk mempermudah kita memahami apa yang berlaku di sana.

Setelah kita menunggu kereta api tiba , kita naik ke kereta dengan menekan tombol berwarna merah yang ada di depan pintu kereta api. dan usahakan kita cepat naik karena waktu untuk stop kereta api hanya berkisar 1 menit saja.

Sebagai info saja kalau Kereta Api ini ada 2 buah type. Type pertama yaitu KLIA Express yaitu kereta api yang tanpa henti dengan tujuan KLIA Airport to KL Central dan KLIA Transit yaitu kereta api yang selalu berhenti di setiap station. Nah yang kita naiki ini adalah KLIA Transit.

Setelah kita menaiki kereta api , kita pilih saja tempat duduknya dan tentunya di dalam kereta api ini sangat nyaman dan nikmat. dan kereta api transit ini berhenti di statiun Putra Jaya , Statiun Bandar Tasik Selatan dan Terakhir Berhenti di Statiun KL Central. Tak kurang 30 menit kereta telah tiba di statiun KL Sentral.

Dan setelah kita tiba di Statiun KL Central , tentunya kita tahu kemana arah tujuan kita. Karena bila kita naik Sky Bus pun berhenti di Statiun KL Central juga.

Saran saya, bila kita ingin memilih transportasi dari atau ke LCCT ada baiknya mencoba Alternative ini karena disamping nyaman juga tepat waktu dan saya sudah 3 kali menggunakan KLIA Transit ini. Dan ini pun karena saya baru tahu kalau ada alternatif lain menuju ke LCCT dari KL Central. Memang harga mahal selisi 3 ringgit bila kita naik sky bus. Untuk ketepatan waktu , Insya Allah dengan menggunakan kereta api juntru lebih tepat. Dan untuk menghindari jalan macet bila akan memasuki Kuala Lumpur atau sebaliknya.

Untuk info lebih lanjut , silahkan buka website KLIA Transit di   www.kliaekspres.com

Salam

KL Chow Kit , 2 Agustus 2011 at 06.55 AM.

1. kalau naik bis/taxi dulu dari LCCT ke KLIA lalu naik KLIA Express bisa tidak?

2. Ya bisa aja Bu..Cuma yach ngapain..
    Khan boros biayanya..lagipun jaraknya lumayan jauh. yach sekitar 30 menitanlah..

Bus transfer ada juga disediakan di bandara LCCT, untuk ke KLIA. tapi ada baiknya naik saja yang KLIA Transit Bus seperti yang saya ceritakan sebelumnya.

3. yunk..station tren paling besar di KL adalah KL Sentral..bkn Bandar Tasik Selatan.. klu nk ke chow kit ada baiknya anda turun di KL Sentral aje.. dari situ boleh ambik LRT @ Komuter untuk terus ke Masjid Jamek dan berjalan ke Chow Kit.