Thursday, January 17, 2019

LAJUKELA COFFEE: MENGENAL KOPI LIBERIKA MERANTI RIAU - KOPI RASA BUAH NANGKA-08117603471

Salam buat pecinta kopi tanah air.
Berikut ini saya ingin membagi informasi mengenai salah satu kopi yang ada di Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia mempunyai banyak jenis kopi dngan karakter yang berbeda. Dimana itu adalah Arabika, Robusta, Liberika dan Excelsa.

Tapi kali ini saya ingin sharing mengenai kopi liberika dimana asalnya dari Propinsi Riau tepatnya di Pulau Rangsang Kepulauan Meranti Riau. Kopi yang enak mempunyai rasa dan aroma buah nangka dan sangat dikenal di Malaysia..

hasil dari bibit kopi yang berbeda
Gambar diatas adalah contoh buah kopi yang berasal dari Kopi Liberika Meranti , dimana bibit atau varietas yang digunakan adalah Liberiod (LIM1) dan Liberiot (LIM2) Super. Bisa dilihat perbedaan antara buah hasil Varietas yang berbeda. Bibit dari varietas yang ada di pulau meranti ini sebelumnya sudah diuji dan di teliti di Jember. Jadi anda tidak perlu meragukan lagi keenakan dari kopi ini..
Aneka Product Kopi Liberika Meranti

Adapun proses pengolahan dari petani kopi Liberika Meranti Riau ini banyak macamnya diantaranya adalah proses semi wash, proses honey dan proses natural. Tapi saya merekomendasikan kopi yang sudah di test keunggulannya dimana telah mendapatkan sertifikasi sebagai kopi enak dengan cupping score diatas 80 yaitu kopi liberika yang melalui proses Honey. 
saat mengisi acara BE KRAFT di Mall SKA Pekanbaru
Lajukela Coffee menjual product kopi liberika dengan kemasan 100 gram, 250 gram dan 1 kg dengan harga bervariasi yaitu berkisar antara 25 ribu sampai ke harga 250 ribu rupiah. 
Adapun proses masaknya kopi menggunaka roasting medium atau city dimana dengan proses masak kopi (roasting) medium , maka karakter dari kopi tersebut akan keluar sehingga aroma yang ditampilkan pun menjadi nikmat.

Tapi seperti kita ketahui bersama bahwa kopi enak itu bagaimana cara mengolahnya dimana seperti yang kami pelajari , proses dari petani itu mempunyai persentase yang tinggi yaitu 40%, disusul cara masak kopi (roasting) 40 %. Barista 10% dan penyajian serta lainnya itu 10%.


#lajukelacoffee # kopienak #kopiliberikariau #kopiriau #explorekopi # explore #arabika # robusta # liberika #PEKANBARU


No comments:

Post a Comment