Minggu, 31 Maret 2013

ANDAIKAN DI INDONESIA BISA GAJIAN TIAP DUA MINGGU SEKALI SEPERTI DI AUSTRALIA.

Ehmmmm pertama kali kerja di Canberra mengalami beberapa kejadian yang aneh menurutku dan belum bisa di dapatkan di Indonesia..Tapi kali ini cukup satu sajalah pengalaman tersebut aku share disini khan sebagian ide untuk membangun Indonesia walau mungkin tidak disukai oleh beberapa perusahaan di Indonesia ataupun di Malaysia..

Aku sudah pernah menerima hasil kerja berupa gaji dengan istilah kerennya salary..selama bekerja di Indonesia dan Malaysia setiap 1 bulan sekali dan tentunya cukup report bagiku untuk mengatur keuanganku karena gajinya 1 bulan sekali dan apalagi bilamana gaji yang diterima tidak cukup untuk keperluan satu bulan..Dan terkadang capek juga menunggu gajian setiap akhir bulan atau awal bulan dan sering menjadi pikiran bila tak ada duit.

Tapi pernah juga sewaktu aku bekerja di PT. Tolan Tiga Indonesia memberikan gaji kepada karyawan perusahaan kebun dimana aku ditempatkan di kebun. Dan rata-rata mereka terima gaji 2 kali dalam satu bulan, tapi setiap 15 hari sekali. tapi istilahnya gajian besar dan gajian kecil. Dimana gajian kecil (istilahnya pinjaman) dibayarkan pertengahan bulan dan gajian besar dibayarkan di akhir bulan. Tapi gajian kecil berupa pinjaman sebesar 100 ribu atau 150 ribu tergantung posisi dari pekerja..Dan akhir bulan di potong pada gajian bulanan..

Saya lihat dengan adanya itu, pekerja merasa nyaman dengan kondisi mereka di kebun karena mereka tidak harus menunggu 1 bulan untuk menerima gaji dan setidak-tidaknya mereka menerima 2 kali gaji walaupun gajian tengah bulan tidak sebesar nilainya dibandingkan gajian akhir. tapi mereka happy dan perekonomian di kebun atau desa-desa kecil disekitar kebun menjadi berkembang..

Saya berpikir kenapa perusahaan di Indonesia tidak menerapkan 2 kali gajian (setiap 2 minggu sekali seperti di Australia) dan jangan pernah berpikir bahwa gaji di Australia besar bila dibandingkan gaji di Indonesia, karena semua itu tidak bisa di bandingkan. coba banyangkan sewa rumah di Canberra saja, untuk tiga kamar bisa 20 juta sebulan sedangkan di Indonesia sewa 20 juta untuk satu tahun.

Siapa tahu dengan gajian 2 kali dalam satu bulan bisa meredam tindak korupsi, tindak kejahatan termasuk pencurian dan meningkatkan rasa aman, mengurangi stress sebelum akhir bulan dan selalu membuat refresh di dalam jiwa dan pikiran manusia Indonesia..

Karena saya lihat orang Indonesia tingkat daya belinya tinggi dan kadang keinginan untuk membeli itu tinggi tampa melihat kondisi dari keuangan mereka dan terkesan memaksakan, sehingga kadang dalam dua minggu uang sudah habis padahal uang tersebut digunakan untuk keperluan selama satu bulan. Dan coba bayangkan apa yang terjadi kemudian bila tak punya uang? berhutang? atau bila kepepet sekali orang cenderung berbuat jahat..

Dengan adanya gajian 2 kali, istilahnya gajian di bagi selama 2. misalnya gajinya 2 juta, dan dibagi 2 maka setiap minggunya mereka terima 1 juta dan dipotong pajak 10% sehingga gajianya 900 ribu setiap 2 minggu sekali. Setidak-tidaknya budaya konsumtif menjadi menurun dan setiap keluarga punya planning ke depannya dan mengurangi stress akhir bulan dan tidak ada istilah lagi bulan tua.

Tapi saya nggak tahu apakah ini akan disetujui oleh Pemerintah Indonesia, mengingat semua orang punya kepentingan...Tapi ini hanyalah ide sebagai DIASPORA INDONESIA SWINGER HILL. Bilamana itu diperhatikan dan disetujui mudah-mudahan bisa meningkatkan perekonomian Indonesia, mengurangi kejahatan dan meningkatkan rasa aman untuk diri dan keluarga serta orang lain. Yach hidup ini adalah bagaimana kita bisa menciptakan rasa aman untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain.

Tapi Ide untuk 2 kali gajian dalam satu bulan di Indonesia hendaknya dipikirkan dan tidak ada yang susah bilamana ingin berbuat baik untuk orang lain. Dan perusahaan pun tidak dirugikan dengan adanya memberi gajian 2 kali dalam satu bulan.

Salam DIASPORA...Untuk Indonesia lebih baik..









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar