Minggu, 31 Maret 2013

ANDAIKAN DI AUSTRALIA JUGA ADA MANDIRI REMITTE ATAU BNI/BRI REMITTE

Hari ini aku mengotak-atik laptopku untuk mencari-cari cara untuk mengirimkan uang ke Indonesia..(istilah kerennya searching di internet..gitu loh...red)..dan selalu saja kutemukan tempat pengiriman swasta dan tidak satupun kutemukan tempat pengiriman resmi milik pemerintah Indonesia.

Aku sebenarnya heran kenapa Bank Pemerintah Indonesia tidak satupun membuka cabang di Australia atau bisa juga dengan semacam tempat pengiriman saja semacam Mandiri Remitte, BNI Remitte, BRI Remitte yang bisa saya jumpai di Kuala Lumpur..

Makanya aku heran, di Australia, dimana potensi orang Indonesia lebih banyak tapi tak satupun kujumpai "Remitte" seperti kujumpai di Malaysia.. Kalaupun memang mau buka Remitte bisa di Sydney, yang sering kujumpai orang bercakap dalam bahasa Indonesia  atau Canberra sebagai ibukota negara Australia.

Sebenarnya itu yang menjadikan diriku berpikir terus, kenapa di Australia tidak ada Mandiri Remitte?? atau remitte lainnya, padahal potensi orang Indonesia banyak di Australia???

Kalau boleh, saya punya ide, Kalau bisa dibuat tempat pengiriman uang (Mandiri Remitte atau lainnya) di Canberra atau dimana saja yang penting ada perwakilan untuk mengirimkan uang secara mudah ke Indonesia, memang kalau mengenai kurs lebih tinggi yang kurs dari tempat pengiriman swasta.
Yach semua itu resiko, karena tidak semua orang mengharapkan kurs yang tinggi tapi ada juga yang mengarapkan walaupun tidak tinggi yang penting cepat sampai.

IDE MENGENAI PEMBUKAAN TEMPAT PENGIRIMAN UANG KE INDONESIA LEWAT
BANGK PEMERINTAH (MANDIRI REMITTE, BNI REMITTE & BRI REMITTE).

Latar Belakang..

Kepentingan bagi pribadi yang tinggal di Australia untuk mentransfer uang melalui bank pemerintah dan siapa tahu cepat sampai..


Idenya.
Tolong buatkan perwakilan di Australia seperti Remitte Mandiri, BNI, BRI, karena orang Indonesia juga banyak di Australia..Dan kalau bisa semacam contoh perwakilan dahulu (Pilot Project) untuk mencari tahu seberapa banyak orang Indonesia mengirimkan uang ke Indonesia. Karena sesuai dengan makna Diaspora Indonesia yang ingin membangun Indonesia, tentunya ada kemudahan untuk mengirimkan uang (investasi) bagi orang-orang Indonesia yang tinggal di Australia..
Kalau saya usulkan untuk Pilot Project nya di Canberra Australia, alasannya karena lebih dekat ke KBRI, juga karena Ibukota Negara Australia juga ada saya di Canberra..karena setidak-tidaknya ada report kelanjutan mengenai Tempat Pengiriman uang "Remitte" di Australia, dan bilamana progressnya bagus dan banyak mengirimkan uang ke Indonesia, baru dibuka lagi Remitte di Sydney dan seterusnya..
Juga alasan lain adalah berkenaan dengan Wisata ke Canberra..maksudnya adalah setidak-tidaknya dengan dibukanya Remitte di Canberra, banyak orang Indonesia dari segala penjuru Australia datang ke Canberra, sehingga secara tidak langsung bisa menambah pendapatan di warga Canberra. Setidak-tidaknya dari bus Murrays sendiri, hotel atau lainnya...
Karena pengalaman saya masih kerja di Malaysia sewaktu kerja di Kerteh,...saya setiap awal bulan selepas terima gaji saya selalu ke Kuala Lumpur hanya untuk mengirimkan uang ke Indonesia lewat Mandiri Remitte.
Jadi saya harus mengeluarkan ongkos naik bus, sewa hotel dan makan selama di Kuala Lumpur. karena dari Kerteh ke Kuala Lumpur memakan waktu 5-6 jam.

Jadi kesimpulannya :

IDE : Bikin Mandiri Remitte di Canberra

Keuntunganya :
1. Peningkatan Devisa Negara dari sektor Diaspora Indonesia Australia ke Indonesia.
2. Orang yang mengirimkan uang ke Indonesia bisa lebih menambah hasil pengiriman uangnya sehingga
    banyak uang mengalir ke Indonesia dan siapa tahu kurs Rupiah Indonesia bisa semakin baik.
3. Meningkatkan Pariwisata di Canberra, karena setidak-tidaknya bila orang yang tinggal di luar Canberra
    ingin mengirmkan uang, akan menginap di hotel, naik bus dan makan di Canberra.
4. Peningkatan perekonomian di Indonesia bisa lebih baik dengan adanya kemudahan pengiriman uang ini.

Tapi itu hanya sekedar ide belaka..karena saya melihatnya dari segi orang yang ingin mentrasfer uang ke Indonesia lewat Remitte Pemerintah Indonesia seperti halnya di Malaysia.

Salam Diaspora




1 komentar:

  1. Please use option of translating the blog to english as well. Thanks
    www.pipingguide.net

    BalasHapus