Sabtu, 01 Desember 2012

PIALA AFF 2012 : SELAMAT ATAS KEMENANGAN MALAYSIA ATAS INDONESIA

Malam ini nampaknya malam kelabu bagi team kesebelasan Indonesia di ajang Piala AFF 2012 dimana kalau dilihat dari hasil pertandingan malam ini, Indonesia harus menerima kekalahan atas Malaysia untuk kesekian kalinya di Stadiun Bukit Jalil Kuala Lumpur.

Memang harus diakui Malaysia masih unggul atas Indonesia di dalam pertandingan malam ini walau Indonesia sudah diperkuat 3 orang pemain Naturalis, tapi tetap saja harus tersingkir di Babak Penyisihan Piala AFF 2012 ini. Semua itu harus diterima dengan lapang dada dan harus bisa menerima kekalahan. Tapi itulah permainan kadang ada yang menang dan ada juga yang kalah.

Malaysia malam ini mainnya bagus dan taktis serta tak pernah membiarkan pemain-pemain Indonesia menguasai Bola dan setiap Bola yang sudah masuk ke wilayah mereka selalu mereka buang dan buang. Dan tentunya sangat berat buat Indonesia untuk memenangkan pertandingan malam ini.

Ada rasa sedih atas kekalahan Timnas Indonesia dan sekali lagi atas Malaysia dan tentunya kegagalan masuk ke semifinal Piala AFF 2012 merupakan rekor yang buruk untuk Sepakbola Indonesia dan PSSI tentunya. Tapi apa mau dikata , pemain sudah berusaha maksimal dan maksimal tapi memang lawan lebih tangguh dan unggul di semua lini. Cuma mungkin pemain Indonesia yang ditampilkan kali ini kemampuannya masih dibilang rata-rata di bawah kemampuan lawan-lawannya seperti Malaysia dan Singapure. Cuma mungkin keajaiban yang bisa memenangkan pertandingan pada malam ini.

Saya akui dan akui bahwa memang 3 tahun belakangan ini kemampuan sepakbola Malaysia semakin baik dan secara fisik serta taktis penyerangannya masih sangat bagus dan cenderung sempurna walau mungkin ada beberapa pemain yang berlaga di AFF 2010 lalu tidak dimainkan lagi di piapa AFF 2012 ini. Dan nampak penjaga gawang Fahmi sudah nggak dipakai lagi untuk menjaga gawang Malaysia malam ini.

Timnas Sepakbola Indonesia sudah berusaha maksimal dan maksimal tapi memang lawan lebih unggul dari mereka..Apalagi ada beberapa pemain belakang Indonesia yang tidak bisa main yang merupakan Bek Tengah yang cedera dan yang terkena kartu kuning. Dan 2 gol di babak pertam yang teecetak dalam waktu kurang dari 5 menit sungguh mengejutkan dan membuat penonton terpaku. Ada rasa sedih, rasa marah dan rasa nggak enak body saat melihat Indonesia tertinggal 2-0 di babak pertama.

Rasa sedih karena kwalitas pemain yang ditampilkan rata-rata baru pertama kali tampil di ajang International sehingga wajar rasanya kalau mereka harus menerima kekalahan malam ini akibat dari kurangnya pengalaman International. Dan memang Kwalitas permainan Malaysia malam ini masih lebih baik. Rasa Marah karena kurangnya rasa Nasionalisme terhadap Indonesia, dimana ada perbedaan dua pengurusan cabang sepakbola  di Indonesia seperti PSSI dan KPSI. Dan anehnya lagi KPSI melarang pemain-pemain yang dipanggil untuk masuk ke Timnas demi sebuah ego yang tidak semestinya terjadi. Rasa nggak enak body karena saat team Indonesia bermain selalu saja ada kesalahan di dalam pengoperan bola dan penyelesaian akhir yang kurang sempurna yang akhirnya tidak mampu membobol gawang Malaysia.

Pengen rasanya menyalahkan pemain-pemain sepakbola Indonesia yang menolak bergabung di Timnas Indonesia sekarang, Pengen rasanya mengatakan mereka maata duitan , nggak punya nyali , nggak punya rasa nasionalisme dan nggak punya nurani terhadapi kemajuan Sepakbola Indonesia. Tapi apakah wajar kalau aku menyalahkan mereka? Mereka hanyalah orang-orang manusia yang mempunyai kehidupan dan tidak mau kehilangan pekerjaan akibat terlalu berani melanggar aturan Klub di bawah KPSI. Saya pun nggak bisa ngomong saat aku mungkin ditanya oleh mereka bilamana mereka tidak mempunyai klub yang menampung mereka? Ya mau gimana lagi...itulah yang terjadi...

Nampaknya suporter Malaysia sudah mulai tertib malam ini karena tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sepanjang pertandingan. Atau mungkin karena mereka sudah menang 2-0 jadi rasanya tidak perlu lagi membuat keonaran atau memang sudah ditertibkan oleh ketua suporter Malaysia agar tidak berbuat yang aneh-aneh lagi seperti tayangan di youtube.com beberapa hari yang lalu.

Ach..sudahlah aku cuma bisa mengucaapkan Selamat Atas Kemenangan Malaysia atas Indonesia malam ini. Dan untuk Timnas Indonesia, saya hanya bisa bilang Terima Kasih , karena kalian sudah berusaha semampu kalian dan memang itulah hasilnya, lawan memang lebih baik. Kami tetap bangga atas perjuangan kalian dan walaupun harus tersingkir di Piala AFF 2012 yach harus diterima dengan ikhlas dan lapang dada serta tidak saling menyalahkan antara pemain. Tetap semaangat dan semangat serta berlatih lebih giat lagi.

Aku malas ngomongi mengenai KPSI yang melarang pemainnya masuk Timnas, Aku malas ngomongi adanya dua kepengurusan sepakbola di Indonesia PSSI dan KPSI, aku pun malas ngomongi tidak adanya solusi dari kementrian Olah Raga menjadikan sepakbola Indonesia lebih baik lagi. AKu inginnya ngomongin, tidak adanya lagi dualisme kepengurusan sepakbola di Indonesia yang bikin prestasi Sepakbola Indonesia semakin terpuruk di Dunia. Tapi hari ini sudah malam, sudah pukul 2 malam dan aku harus tidur untuk melanjutkan mimpi-mimpiku yang tertunda, karena impianku Indonesia menjuarai Piala AFF 2012 sudah terkubur malam ini di Stadiun Bukit Jalil Kuala Lumpur Malaysia.

Salam, Canberra 2 December 2012.










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar