Senin, 07 Mei 2012

PIPING DESIGN TRAINING BY PII -BK MESIN

I just share this information from Persatuan Insinyur Indonesia who like to conduct the training of Piping Design. If you wanna following this training please contact PII - BK Mesin.

TRAINING : PIPING DESIGN, ANALISYS, CONSTRUCTION, AND SELECTION
Hotel Bidakara, Jakarta, 29 – 31 Mei 2012
PENGANTAR
Piping mengambil peranan penting dalam melakukan transfer fluida di sebuah plant atau berbagai storage. Dengan transfer tersebut diharapkan akan terjadi proses – proses berkelanjutan menjadikan produk akhir. Berbicara Piping dimulai dari tahapan design, analisis, penentuan specification, data sheet, dan kemudian construction. Adalah sebuah proses yang tidak bisa hanya dikuasai dengan otodidak perlu training untuk bisa menjadikan lebih optimum dan efisien.
Untuk itu diperlukan sebuah guideline dalam melakukan tahapan design piping. Piping design harus mengakomodasi beberapa aspek dalam sebuah proyek. Aspek Safety, Accessibility, Constructability, Maintenance dan Economic. Sebuah plant yang memiliki kapasitas sangat baik namun nampak semrawut tentu mempengaruhi operasional sehari hari. Disamping menggunakan bantuan tools PDMS dan CAESAR, maka diperlukan pemahaman yang memadai untuk kaidah kaidah dasar design piping agar nantinya dapat berguna dalam mengambil keputusan terkait dengan problem desain dan memberikan solusi yang terbaik.
Training PIPING DESIGN, ANALISYS, CONSTRUCTION, AND SELECTION ditujukan untuk memberikan guideline bagi engineer, supervisor, superintendent atau pelaku bisnis cara yang tepat dan optimum dalam penentuan piping disebuah plant atau storage. Gambaran tersebut akan memudahkan dalam pengambilan keputusan dan calculation sehingga diharapkan akan terjadi produk akhir yang optimum serta hemat biaya.
Materi Training
1. Piping Calculation and Stress Analysis
2. PDMS (Plant Design Management System)
3. Piping Design and Procedure (Include Construction Method)
4. Piping Material, Specification, Special Items and Data Sheets


Deskripsi Materi
1.    Piping Design, Calculation and Stress Analysis
Pipe strees analysis merupakan bagian penting dalam perencanaan sebuah instalasi pengeboran minyak/Petrochemical Plant. Pipe Stress Analysis dilakukan untuk menganalisa sistem perpipaan dari sisi code stress compliance, defleksi serta loading yang terjadi sehingga menghasilkan sebuah sistem perpipaan yang aman dan memenuhi allowable loading pada koneksi dengan equipment. Piping Stress analysis adalah suatu cara perhitungan tegangan (stress) pada pipa yang diakibatkan oleh beban statis dan beban dinamis yang merupakan efek resultan dari gaya gravitasi, perubahaan temperature, tekanan di dalam dan di luar pipa, perubahan jumlah debit fluida yang mengalir di dalam pipa dan pengaruh gaya seismic.
2.    PDMS
PDMS adalah Software design drafting dengan 3D Modelling yang sangat berguna untuk pekerjaan Engineering Design Drafting saat ini. Pembuatan 3D modeling piping di saat proses desain berlangsung sangat penting, Karena PDMS mampu memberikan masukan yang valid bagi koordinasi antar disiplin dalam sebuah Project plant dan meminimalisir kesalahan desain. Selain itu output PDMS dari piping mampu menghasilkan piping isometric drawing secara otomatis dengan akurasi tinggi.
3.    Piping material, specification, special items and data sheet
Piping Material merupakan segala kebutuhan material sistem perpipaan yang dibutuhkan dalam membangun sebuah Plant. Oleh karena itu guna menunjang terpenuhinya syarat minimum material yang digunakan, maka perlu dilakukan beberapa study mengenai pemilihan material yang kemudian dituangkan dalam spesifikasi piping material, Spesifikasi Piping Material berisi mengenai batasan-batasan material yang dipilih berdasarkan study pada saat pemilihan material dan breakdown materialnya dituangkan dalam Piping Material Class. Breakdown tersebut berupa material yang digunakan seperti pipa, flange, fitting, Valve & Piping Special item berdasarkan Code & Standard setiap piping component (ASME, API, ASTM, NACE, etc).
TUJUAN TRAINING
Training ini bertujuan antara lain adalah sebagai berikut :
1.   Mencetak para engineer yang mempunyai kemampuan dan keahlian, serta professional
      di bidang system piping.
2.   Menjadikan BKM-PII sebagai wahana pelatihan keprofesian dan keinsinyuran.
3.   Meningkatkan pelayanan BKM-PII kepada anggota dan masyarakat keinsinyuran.

Keikutsertaan dalam training ini dapat dijadikan sebagai penambah score (nilai) mengikuti program sertifikasi insinyur profesional dan laporan pengembangan kompetensi berkelanjutan (PKB) untuk pemegang sertifikasi insinyur profesional.


WAKTU DAN TEMPAT

Direncanakan terlaksana pada  29 – 31 Mei 2012, pukul 09.00 – 17.00 bbwi, Hotel Bidakara, Jakarta


PESERTA TRAINING

Training ini dirancang untuk para professional yang memerlukan pengetahuan di bidang perancangan perpipaan, dapat diikuti oleh pada insinyur , supervisor, superintendent atau pelaku bisnis  di bidang oil & gas, petrochemical dan di berbagai industri, serta bidang konstruksi.
INSTRUKTUR

Tim Instruktur berasal dari para expert di bidang Piping Designer, Analysis, dan  PDMS (Plant Design Management System), serta Construction Superintendent.


BIAYA TRAINING

Biaya training adalah sbb :
1. Anggota PII             : Rp. 5.000.000,-
2. Umum                     : Rp. 5.500.000,-


PENDAFTARAN PESERTA

Pendaftaran peserta langsung pada panitia penyelenggaran di Sekretariat Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM-PII), Jl. Bandung No. 1, Menteng, Jakarta Pusat 10310. Telp. 021-31904667, 8352354 Fax. 021-31904667.  E-mail: bkmesin_pii@yahoo.co.id. Contact : Yesso

Pendaftaran peserta dan pembayaran biaya training paling lambat tanggal 25 Mei 2012.

Pembayaran biaya training dapat dilakukan melalui transfer ke Rek No. 070-0005232389, A/N :“Persatuan Insinyur Indonesia-BKM”, pada Bank Mandiri KCP Wisma Baja, Jakarta, atau langsung di Sekretariat Panitia Penyelenggara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar