Thursday, November 3, 2011

NASIB PEKERJA KONTRAK...

Saya hari ini rada sedih karena mendengar berita teman saya kontraknya tidak diperpanjang lagi di tempat dimana saya bekerja. Saya sebenarnya sedih juga mendengar berita tersebut dan nampak dari mata temanku tersebut keluar air matanya karena tidak menyangka kalau kontrak kerjanya akan berakhir. Dan saya pun sedih karena kehilangan teman sekerja dan mudah-mudahan dia mendapatkan pekerjaan di tempat lain yang lebih baik dari dimana dia kerja saat ini.

Tapi sebenarnya kalau menurut aturan-aturan yang berlaku di pekerja kontrak bilamana perusahaan atau karyawan yang akan mengundurkan diri atau mengakhiri kontraknya maka akan diberikan 1 bulan pemberitahuan lebih awal sehingga baik pekerja atau karyawan dapat mencari penganti atau mencari pekerjaan.

Dan memang kadang orang merasa , orang kerja kontrak itu besar gajinya dan dapat lembur tapi kadang mereka lupa bahwa pekerja kontrak itu mempunyai batas waktu tertentu dan tidak mempunyai facilitas yang didapat orang permanent, baik itu training-training, jaminan kesehatan dan lain-lain. Memang kalau gaji agak sedikit lebih besar kontrak daripada permanent tapi setidak-tidaknya itulah yang menjadi modal bila nantinya belum mendapat pekerjaan sebagai gantinya bilamana diputus kontrak.

Saya pun pernah mengalami masa-masa sulit seperti tidak mendapat kerja dan pernah sampai 6 bulan saya belum mendapat kerja , dan waktu itu saya mengalami masa-masa sulit untuk mencari kerja karena memang tak semudah yang dikira bahwa mendapatkan pekerjaan itu. Sudah banyak lamaran kerja yang saya masukkan tapi tak satu pun berhasil dan menyedihkan lagi masa itu saya alami semasa istri saya hamil. Sedih memang tapi mau bagaimana lagi. Dan setelah 6 bulan barulah saya mendapatkan pekerjaan yang baik dan Akhirnya saya bekerja lagi. Dan itu yang tidak mau saya alami dan tidak mau saya menganggur dengan alasan yang tak jelas.

Tapi selama menganggur saya mendapat / memperoleh pengalaman bahwa kalau kita ini pekerja kontrak, ada baiknya mempunyai teman banyak, teman yang mau membantu dalam hal mencarikan info-info mengenai dunia kerja sesuai dengan bidang kita, ikut serta dalam millis-millis atau yang sekarang ini lagi naik daun yaitu linkedin, dan aktif juga mencari informasi kerja di dunia maya alias internet. Dan terakhir aktif menanyakan kepada perusahaan yang menghire kita , satu bulan sebelum kontrak berakhir. Dan setidak-tidaknya kita mempunyai waktu untuk mencari pekerjaan lain Dan satu lagi yaitu sering bersedekah baik itu ke fakir miskin atau anak-anak yatim. Ya, Insya Allah, mereka pun turut selalu mendoakan agar kita selalu mendapatkan rejeki yang melimpah selain do'a dari ibu atau bapak kita, istri dan anak-anak.

Disamping seperti yang saya sebutkan di atas, kita harus mmpunyai certificate-certificate training dan emmang saya akui selama saya nganggur, saya belum pernah ikutan training-training untuk menambah wawasan keilmuan saya di bidang yang saya geluti sekarang. Yaitu Piping and Mechanical Engineering. Tapi kebanyakan saya mengambil training ke arah pipingnya. Ya Alhamdulillah setelah mengikuti beberapa training, peluang kerja pun semakin ada dan timbul kepercayaan dari company bahwa kita punya kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan kepada kita. Dan jangan lupa dengan penguasaan software-software yang berhubungan dengan bidang keahlian kita.

Dan saya akui selama menjadi pekerja kontrak, ada rasa cemas bilamana sudah mendekati masa kontrak kerja akan berakhir di samping harus mencari tempat lokasi kerja yang lain juga harus meninggalkan teman-teman sekerja yang sudah dikenal . Dan memang jadi pekerja kontrak ini harus siap mental dan fisik karena kadang kala ada orang yang tidak suka akan keberadaan kita. Ya apalagi kalau bukan masalah gaji yang besar dibandingkan mereka yang permanent. Sebenarnya saya pun mau kerja permanent asal mendapatkan gaji yang cukup untuk keprluan saya dan keluarga saya serta semua yang menjadi tanggung jawab saya.

Jadi intinya bilamana menjadi pekerja kontrak hendaknya jangan bersikap sombong dan merasa lebih dari orang lain, karena suatu waktu akan berjumpa lagi. Mempunyai banyak teman baik di dunia maya maupun di dunia nyata, misalnya bergabung di Millis MIgas Indonesia, walaupun bukan pekerja migas tetap dibolehkan mengikuti millis tersebut, dan juga bergabung di linkedin..masukin saja cv nya sekedarnya saja. Karena kadang kita dengar cv kita yang kita taruh disana sebagian besar hanyaalah digunakan untuk mengikuti tender belaka tapi terlepas dari itu semua , percaya tidak percaya , yach masukin saja cv nya dan tulis supaya orang tertarik membaca cv anda. Mudah-mudahan ada company yang tertarik dengan keahlian kita dan pengalaman kita, mengikuti training yang sesuai dengan bidang keahlian kita,  jangan lupa berdo'a agar tetap dimurahkan rejeki kita dan bersedekah.

Siap tidak siap untuk berakhir masa kerja kita baik itu mendadak atau one month notice, kita sebagai pekerja kontrak harus siap sedia dengan apapun kondisinya. setidak-tidaknya 2 bulan sebelum kontrak berakhir , sudah banyak masukkan cv ke mana-mana. Supaya selepas kontrak berakhir sudah ada company yang menunggu kita untuk mempekerjakan kita syukur-syukur kita mendapatkan posisi yang baik dan offering yang baik. Semoga kta semua mendapakan hikmahnya dengan kejadian teman saya yang di putus kontraknya, agar kita menjadi orang yang lebih baik lagi.


Kuala Lumpur, 3 December 2011 at 01.52 AM

No comments:

Post a Comment