Wednesday, May 30, 2012

FIRST TIME IN AUSTRALIA (COSTUMS DECLARE)


Sebenarnya Costum ini yang paling ditakuti oleh para pendatang yang ke Australia baik itu oleh oraang asing maupun warga negara Australia.. Karena kadang isi tas kita dibongkar habis bilamana kita tidak mengisi dengan jujur blangko costum yang diberikan ke kita untuk diisi pada saat di dalam pesawat.

Akupun mengisi formulir costum itu dengan apa adanya yang saya bawa dan Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dan aku melewati proces imigrasi dan costum dengan selamat..

Kalau anda ingin melewati costum dengan lancar, isilah formulir itu dengan jujur. Karena pihak costum akan tahu apa saja yang kita bawa. Aku pun nggak tahu darimana mereka tahu kalau ada orang yang berbohong dengan apa yang dibawa dia alias di declare di dalam costum form. Costum itu istilahnya pihak bea cukai.

Saya pun belajar dari istri saya yang duluan tiba disana. Setiap barang-barang yang saya bawa, disortir istri saya dulu dengan pertanyaan-pertaanyaan. Ada beberapa yang diminta istri saya untuk dibawa akhirnya tidak jadi di bawa. Misalnya dipesan untuk membawa Abon. Akhirnya tak jadi kubawa. Karena kata istriku setiap sesuatu yang mengandung daging, telur dan susu dilarang untuk dibawa masuk ke Australia. Dan akhirnya juga aku tak jadi membawa Indomie Goreng walau sudah kubeli 8 bungkus. Dan akhirnya semua kitinggal di tempat kakakku.

Aku pun tak jadi membawa obat-obatan untuk keperluan kami selama di sana. Dan juga obat-obatan untuk anakku yang baru sunat. Karena bekas sunat anakku belum sembuh benar sehingga aku harus membawa obat-obatan. Tapi kata istriku tak usah dibawa obat-obatan nanti susah menjelaskannya di Costum. Akhirnya aku tak jadi membawa obat-obatan ke dalam koperku. Juga rencananya aku ingin membawa minyak angin , berhubung itu juga semacam obat-obatan traditional, makanya istriku melarangku membawa minyak kayu putih. Sebenarnya bisa saja semua obat-obatan di bawa tapi semuanya harus di declare dan dijelaskan kepada pihak bea cukainya Australia. Dan daripada ribet urusannya. Akhirnya semua mengandung obat-obatan tidak jadi kubawa ke sana dan kutinggalkan di rumah. Maksudnya ribet itu ialah bagaimana cara menjelaskannya ke pihak costums tentang apa saja yang dibawa karena my english is not very good lah.

Kalau bisa pun janganlah membawa buah-buahan ke Australia, aku pun dikasih tahu istriku untuk tidak membawa buah-buahan. Dan bila ingin dibawa harus di declare. Dan berhubung buah-buahan itu banyak macamnya tentulah tas kita akan dibuka dan tentunya lebih repot lagi urusannya. Jadi daripada ribet, aku nggak mau membawa buah-buahan dan dalam declare kubuat “No”.

Aku pernah lihat di televisi Canberra, ada seorang bapak yang tidak mendeclare buah-buahan yang dibawanya dan tas nya akhirnya dibongkar dengan habis dan ditemukan dua buah-buahan sejenis mangga dengan jumlah dua buah. Akhirnya si bapak itu ngeyel alias membantah dan minta supaya dibuang saja buah-buahan itu. Tapi berhubung si bapak itu tidak mengisi dengan jujur , costum declare form , akhirnya si bapak kena denda sebesar USD 200 untuk dua buah mangga yang dibawanya. Dan buah mangga itu disita oleh pihak costums. Tapi si bapak mendapatkan bukti pembayaran denda.
Memang pihak costums Australia begitu ketat dan kita pun harus hati-hati dengan apa yang kita bawa, jadi jangan membawa sesuatu yang tidak kita declare di dalam bawaan kita dan daripada report urusan denda mendenda serta menunggu terlalu lama lebih baik dihindarkan hal-hal untuk membawa buah. Toh di Australia juga banyak buah-buahan dan harganya pun tak terlalu mahal. Tapi kalau memang ingin dibawa juga yach di declare saja dan diisi formnya dengan jelas dan jujur.

Kalau anda perokok dan ingin membawa rokok ke Australia hendaknya berpikir dua kali. Sebenarnya bisa membawa rokok tapi dalam jumlah tertentu dan harus di declare. Karena bilamana tidak di declare procesnya akan sama dengan si bapak pembawa buah. Karena saya bukan perokok, jadi saya nggak membawa rokok . Juga jangan anggap enteng satu batang rokok, karena itu pun harus di declare. Kalau nggak di declare bisa berurusan dengan polisi bandara tapi terlebih dahulu lewat costum dan tentunya barang bawaan kita akan dibongkar untuk mencari barang bukti lainnya yang tidak di declare. Declare itu artinya pemberitahuan apa saja yang dibawa masuk ke Australia. Tapi kalau anda berkeras ingin membawa rokok yach silahkan saja tapi harus di declare. Tapi kalau saran saya sich nggak usah dibawa karena kita nggak tahu apa yang terjadi kemudian bilaanda membawa rokok masuk ke Australia. Di Australia pun banyak kok yang jual rokok. Jadi beli saja di Australia. Tapi saya nggak tahu berapa harganya karena saya bukan perokok.

Bila anda membawa alat electronik dan laptop yach di declare saja juga. Karena di dalam form ada kata-kata bila membawa barang bawaan diatas AUS 900 dollar, jawab aja yes. Nanti bila ditanya jelaskan saja bahwa anda membawa laptop, camera, handycam, mainan anak-anak (psp, nitendo). Saya pun kemaren ditanya oleh pihak costums mengenai apa yang saya bawa, saya jelaskan saja apa yang saya bawa dan saya bilang semua bukan barang-barang baru.

Bila anda membawa makanan baik itu makana kering atau basah harap di declare juga. Dan diterangkan pada saat diinterview oleh pihak costums. Saya aja ada membawa bumbu-bumbu masak semacam bumbu untuk membuat rendang. Intinya semua makanan yang kita bawa tidak mengandung telur, susu dan daging. Jadi harap semua yang kita bawa untuk di declare dengan jujur. Insya Allah, semua akan berjalan dengan lancar dan sempurna.

Saran-saran saya bila anda ingin melewati Costums/Bea Cukai Australia dengan baik dan lancar serta sempurna
  1. Bersedekahlah sebelum berangkat ke Australia.
  2. Berdo’alah minta dilapangkan semua urusan masuk ke Australia.
  3. Kalau anda orang Muslim, baca aja Ayat Kursi sebanyak 3 kali setelah sampai di Australia.
  4. Berpakaianlah yang rapi selayak seorang diplomat ulung. Sorry maksudnya pakai pakaian rapi saja dan tidak urakan. Karena itu kemungkinan bisa jadi penilaian kita untuk bisa dipercaya atau tidak dengan jawaban-jawaban kita.
  5. Isilah formulir costums dan declare dengan jujur dan jangan berbohong dengan apa yang dibawa kita. Bila anda ragu untuk dibawa , jangan dibawa. Daripada repot urusan denda mendenda dan dibongkar habis isi tas kita. Lebih baik katakan jujur dan declare jujur.
  6. Bila anda ingin membawa makanan cair seperti bumbu-bumbu masak semacam bumbu rendang, bumbu opor ayam dll hendaknya dibungkus dengan baik dan rapat sehingga airnya tak keluar. Kalau bisa pakai wadah/tempat semacam product tupperware, kemudian dimasukkan ke bungkus plastik dan kemudian dibungkus pake koran dan kemudian dibungkus plastik lagi. Itu cara yang saya lakukan. sehingga tidak ada bau yang keluar dari dalam bumbu tersebut.
  7. Bila anda membawa 3 buah koper seperti saya ada baiknya dikunci pake gembok saja dan tak usah di wrapping/ataupun dipacking dengan pake tali untuk memudahkan saja bilamana koper bawaan kita ada yang akan dibuka untuk menunjukkan barang-barang yang kita declare. Dan bila kita sudah mengambil barang2 dari bagasi hendaknya koper yang terkunci dibuka saja kunci gemboknya dan bilamana kita harus membuka tas kita, kita tinggal buka langsung tanpa membuka gembok terlebih dahulu.
  8. Bila anda membawa koper 3 buah seperti saya hendaknya, barang-barang yang di declare atau yang kemungkinan akan dibuka ditempatkan di dalam satu tempat dan usahakan pakai koper saja tempat itu. Maksudnya agar memudahkan kita untuk menutupnya kembali karena kalau pake kotak karton rada susah mempackingnya kembali bilamana tas koper tersebut itu dibuka.
  9. Kalau seperti saya, saya bawa 3 koper jadi pakaiaan, jaket, sepatu, alat mandi, handuk, sejadah saya tempatkan dalam dua koper. Sedang satu koper lagi saya masukkan bumbu-bumbu bawaan, kecap, saos, dan lain-lain yang kemungkinan akan dibuka pada saat pemeriksaan. Hendaknya kita pun memahami apa saja yang kita bawa sehingga kita mudah menjelaskan kepada pihak costums Australia apa saja yang dibawa dan tentunya dalam bahasa Inggris.
  10. Jangan takut terhadap pihak Imigrasi dan Costums Australia, karena mereka orangnya ramah-ramah. Dan sepanjang kita mengikuti procedur dengan baik. Insya Allah semua tidak ada masalah. Yang penting isilah formulir costums dengan benar dan jujur. Karena ada kemungkinan ketahuan apa saja yang kita bawa tapi tak di declare.
  11. Ada baiknya memeriksa kembali barang-barang yang akan kita bawa ke Australia baik itu pakaian, isi tas dan lain-lain yang akan dibawa. Saya saja melakukan 3 kali free inspection terhadap barang-barang bawaan saya, untuk mengetahui dimana saja barang-barang saya yang di declare ataupun terlewatkan.
Untuk anda perokok, ada baiknya hati-hati kembali dengan barang bawaan anda dan pastikan puntung rokok atau sebatang rokok tidak ada dalam pakaian anda. Misalnya anda yakin anda tidak membawa rokok tapi rupanya ada 1 batang rokok terselip di dalam saku baju anda. Dan dalam isian formulir costums, anda bilang tidak membawa rokok, dan ketahuan ada dalam saku baju anda di koper. Siap-siap saja menghadapi proces costums (bea cukai) dan bisa saja sampai ke polisi..

Ini Cuma pengalaman saya saja saat melewati process costums Australia, dan saya ikuti procedurnya dengan benar, mengisi formulir costums dengan jujur, meninggalkan di Indonesia barang-barang yang ragu untuk di declare. Dan ini nampaknya Australia dan New Zealand sama procedurnya dalam hal costums declare.





No comments:

Post a Comment