Tuesday, April 24, 2012

BILA AKU INGIN MENJADI MECHANICAL ENGINEER

Saya mencoba cerita sedikit mengenai kerja seorang Mechanical Engineer sebatas sepengetahuan saya saja. Karena kadang setiap perusahaan mempunyai job description yang berbeda untuk tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Mechanical Engineer.

Tapi dalam hal ini kita batasi dulu pembahasan mengenai seorang Mechanical Engineer. Dan disini hanya cerita mengenai Mechanical Design Engineer saja. Jadi kaitannya dengan Engineering Design di bidang Oil & Gas. Kenapa saya pilih bidang Oil & Gas, karena mungkin saya pernah merasakan kerja sebagai Mechanical Engineer di Oil & Gas Company dan sebagai tripatrit saja.

Tapi yang jelas bila ingin menjadi Mechanical Engineer, harusnya basicnya adalah Sarjana Teknik Mesin. Dan jarang saya temukan engineer dari discipline lain menjadi Mechanical Engineer. Tapi mungkin kalau di luar Indonesia mungkin ada yang kerja sebagai Mechanical Engineer tapi mungkin basicnya Process Engineer. Dan mungkin itu berbeda dengan piping engineer, karena orang yang punya basic Teknik Civil, Teknik Kimia bisa juga menjadi Piping Engineer diluar lulusan Teknik Mesin.

Dan disini akan saya coba untuk membahas :
1. Sedikit mengenai Fungsi dan Tanggung jawab sebagai seorang engineer.
2. Software-software yang digunakan oleh Mechanical Engineer
3. Buku-buku yang berhubungan dengan posisi Mechanical Engineer.
4. Mechanical Engineer, Rotating dan Static.

Dan mungkin hanya sebatas ini saja dulu dari saya berhubung saya mau menjemput anak saya pulang dari sekolah. Maklum sekarang posisi sebagai pengangguran merangkap sebagai sopir pribadi anak-anak saya.

Mudah-mudahan nanti malam saya akan lanjut lagi untuk pembahasan ke empat point yang diatas.

Dan jangan lupa men_Click semua iklan yang ada di blog ini setidak-tidaknya bisa mensupport saya lah.

Oke ntar malam saya akan lanjut lagi .

Mohon maaf malam ini saya belum bisa ngedit ini tulisan...

No comments:

Post a Comment