Selasa, 24 April 2012

ESTIMASI BIAYA HIDUP DI KUALA LUMPUR (1)

Saya mau share dikit mengenai biaya hidup di Kuala Lumpur, karena tadi ada teman yang mengemail saya dan menanyakan mengenai biaya hidup di Kuala Lumpur. Jadi kebetulan saya pernah merasakan kehidupan di Kuala Lmpur selama 1 tahun lebih, maka saya akan coba share di sini deh juga.

Untuk Biaya Makan
Mengenai biaya makan sebenarnya cukup murah di Kuala Lumpur. karena ada yang masih bisa dibeli dengan RM 1 di waktu sarapan pagi tapi menunya roti cane dan teh tarik. Jadi kalau untuk sarapan pagi biaya yang dikeluarkan sekitar RM 1 s/d RM 5. Tapi biasanya harga segitu bisa di dapat di kedai-kedai yang ada di pinggir-pinggir jalan. Dan biasanya pun ada kedai yang memajang daftar harga sehingga kita mudah dapat memilih makanan yang sesuai budget kita.

Kalau makan siang, biaya di estimasikan sekitar RM 4 - RM 10, tapi semua itu tergantung selera makan yang biasa dipilih oleh kita. kalau saya setiap makan siang biasanya kena RM 5 - RM 10. karena kadang saya pilih makanan yang enak-enak menurut selera saya. Tapi kalau makan siang dihindarkan memakan Cumi-Cumi karena saya pernah kena makan cumi-cumi dan di kedai jualnya per biji. dan per bijinya RM 3 dan kadang bisa sampai RM 4. Dan karena saya tak tahu maka saya ambil sekitar 3 ekor cumi-cumi dan yach gitu deh kenanya RM 9 untuk 3 ekor cumi-cumi diluar nasi dan lauk lain. Jadi di sarankan bila kepengen sekali makan Cumi-cumi , ada baiknya di tanya dulu berapa harganya biar anda tidak sok berada di Kuala Lumpur.

Kalau untuk biaya makan malam, saya rasa sama saja dengan biaya makan siang. Dan semua tergantung dengan pilihan kita karena kita yang akan makan. Tapi itulah kalau makannya di Mall yach cukup mahal tapi terjangkau sekitar RM 10 sampai RM 15 dan bisa saja lebih.

Jadi untuk biaya Makan perhari anggap saja RM 15 yach sekitar 45 ribu rupiah. Tapi kalau saya mengestimasikan setiap harinya biaya makan saya adalah sebesar RM 20 alias 60 ribu. tapi kadang kala pun kurang dari estimasi itu dan kadang pun lebih. Tapi ini yang saya sampaikan bilamana makan diluar alias tidak masak di rumah. kalau memasak di rumah, biayanya jauh lebih murah lagi.

Kalau biaya untuk makan bila masak di rumah , mungkin satu bulan bisa kena hanya 1 juta saja untuk sendiri. Karena ada teman saya yang memasak di rumah, dan dia bilang pengeluaran dia untuk makan hanya berkisar 1 juta atau 1,5 juta saja. Jadi cukup murah biaya makan di Kuala Lumpur atau bisa dikatakan sama dengan di Indonesia khususnya di Pulau Jawa atau di Jakarta. Jadi jangan khawatir bilamana anda kerja di Kuala Lumpur.

Saya pernah bertemu dengan Teman-teman Indonesia yang kerja non skill alias semacam cleaner, gaji di sana minimal basic salary sekitar RM 800 dan bilamana ada overtime bisa dapat RM 1000 atau lebih. Tapi rata-rata seribu. Dan penghasilan mereka kalau di hitung-hitung hanya sekitar 3 juta rupiah. Tapi mereka bisa saving uang untuk dibawa pulang ke rumahnya di Indonesia. Uang segitu pun belum lagi dipotong oleh biaya working permit yang dikeluarkan oleh Agent. Jadi setiap bulannya mereka harus bayar untuk mengganti baiay pembuatan working permit. Tapi semua itu tergantung negosiasi saja dengan pemberi kerja dan pekerja saja. Tapi ini hanya illustrasi saja karena dengan RM 1000, mereka bisa hidup di Malaysia khususnya di Kuala Lumpur. Jadi kalau nanti anda punya salary RM 8000 atau lebih. dan dibandingkan dengan RM 1000, khan belum ada apa-apanya. Jadi mengenai biaya makan bisalah dianggap sudah dipahami.

Untuk Biaya Tempat Tinggal
Kalau mengenai Biaya Tempat tinggal itu pun semua tergantung anda dan anda bisa pilih , rumah yang mana yang mau disewa atau hanya bilik saja. Tapi itulah kalau kita sewa rumah berarti kita sewa rumah dengan hitungan setahun tapi bayarnya bulanan. Tapi kalau untuk sewa apartment biasanya biayanya berkisar RM 1000 - RM 1700 atau malah lebih. semua tergantung dari lokasi dimana kita mau tinggal. Kalau hanya sewa bilik pun bisa. Di Kuala Lumpur banyak tempat sewa kamar alias bilik. dan rata-rata untuk sewa kamar yang nyaman sekitar RM 500 - RM 1200 karena kita khan dianggap orang asing jadi nampaknya rada sulit untuk cari sewa kamar di perkampungan warga. Dan biasaya untuk orang Indonesia yang kerja Skill, mereka ambil dan tinggal di Apartment atau Condominium. Kalau saya tinggal di Condominium, namanya Bistari Condominium, dengan harga sewa RM 800 per bulan. ukuran kamar 3.5 M x 3,5 M. jadi type kamar Middle.

 Kalau mau lihat website untuk cari rumah sewa, apartment sewa, kamar sewa coba aja search di www.mudah.my , www.caribilik.net, www.expatriates.com dan search saja di "Google, ketik "Cari bilik di Kuala Lumpur atau Room Rent in Kuala Lumpur. Maka akan keluar semua website yang ada hubungan dengan pencarian yang kita lakukan. 

Untuk Biaya Transportasi.
Kalau di Kuala Lumpur sangat mudah untuk mencari transport. tapi ini khusus Kuala Lumpur saja. dimana ada bus, taxi, kereta api dan lain-lain sehingga mudah untuk dinaiki. kalau saya biasanya naik monoral, train. jadi istilahnya dari Train ke Train. Kalau biaya bus sekitar RM 1, kalau biaya Train dalam kota sekitar RM 2.1 dengan rute yang paling jauh.Dan harga itu sudah harga maximal. Jadi mengenai ongkos transportasi siapkan saja uang RM 100 - RM 150. 

Jadi kalau di total-total dengan beberapa info di atas jadi pengeluaran sebulan 5 juta rupiah dan nilai 5 juta itu sudah termasuk tinggi. Saya pun begitu, saya selalu siapkan budget sekitar 5 juta rupiah - 6 juta untuk biaya sebulan saya pribadi dan itu bisa kurang. 


Saya rasa sampe sini dulu sharing saya mengenai "Estimasi biaya hidup" di Kuala Lumpur versi Pujangga Piping. Dan jangan lupa untuk men-click beberapa iklan yang ada di blog ini. Partisipasi anda sangat saya harapakan dan bila anda ingin memberikan donasi , kami ucapkan Terima Kasih.Sekecil Donsi buat blog ini tetap selalu kami hargai.

Salam, 







 

3 komentar:

  1. Terimakasih men buat informasinya



    Salam

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya
    oh iya mau naya nih ,aku dapet tawaran kerja di johor itu gajinya-+900RM ,air,tempat tinggal,listrik ,trasportasi ditanggung perusahaan, itu gmna ya?? Mohon infonya soalnya saya baru lulus smk,terimakasih

    BalasHapus
  3. Mbak Siti..
    Kalau gajinya 900 RM mungkin sekitaran 3 juta RP.
    Dan itu sudah sangat bagus untuk lulusan SMK. Dan memang untuk Gaji lulusan setingkat SMA, gajinya seperti itu. Istilahnya UMR nya Malaysia.
    Tapi kalau mau info lanjut mengenai pertanyaan anda, bisa kirim ke email saya aja pujanggapiping2012@gmail.com ntar saya jawab via email.

    Salam

    Iwan

    BalasHapus