Rabu, 14 Juli 2010

MALAM NISFU SA'BAN - MALAM YANG BERMAKNA BESAR DALAM KEHIDUPANKU

Kulihat kalender diatas mejaku dan kuperhtikan tanggal demi tanggal yang ada di dalam kalender tersebut..
Trus kulihat di kalender tersebut bahwa Puasa Ramadhan di mulai pada tanggal 10 Agustus 2010. Tak terasa bahawa sebentar lagi sudah mau puasa lagi..dan semain hari umur manusia semakin berkurang..


Oh..aku ingat sesuatu..kulihat lagi kalender yang ada di meja kerjaku dan kuamati tanggal demi tanggal yang ada disana..dan mataku tertuju di tanggal 27 Juli 2010, kulihat tanggal tersebut tanggal 15 d bulan Sa'ban.
berarti Senin malam Selasa, merupakan malam nisfu Sa'ban..

Dan aku pun berpikir apa sich keistimewaan malam Nisfu Sa'ban dan makna dan arti Nisfu Sa'ban itu apa...

Ahirnya kucari di google dan yahoo apa makna malam tersebut bag umat Islam..

Akhirnya aku menemuannya (kayak lagu aja..yeach..)

Nisfu Syaaban adalah peristiwa hari ke-15 dalam bulan Syaaban tahun Hijrah. Muslim mempercayai yang pada malam Nisfu Syaaban, amalan akan dibawa naik oleh malaikat untuk ditukar dengan lembaran amalan yang baru setelah setahun berlalu.
Nabi Muhammad s.a.w. menggalakkan umatnya untuk bangun malam dan berjaga serta beriktikaf sepanjang malam karena tidak mahu amalan diangkat dalam keadaan tidur atau lalai.

Fadhilat Nisfu Syaaban

Membaca Surah Yasin sebanyak tiga kali selepas Sholat Maghrib
1. Yaasiin pertama : mohon dipanjangkan umur untuk beribadat kepada Allah
2. Yaasiin kedua : mohon rezeki yang halal untuk beribadat kepada Allah
3. Yaasiin ketiga : mohon ditetapkan iman dan Islam & mati di dalam iman

Dan ada lagi infrmasi mengenai Malam Nisfu Sa'ban..

Diam tak diam rupanya kita telah berada di pertengahan bulan Syaaban. Maknanya dua minggu lagi kita berpuasa. Dan seperti tahun-tahun yang lalu pada pada malam tadi (Nisfu Syaaban) umat Islam berkumpul di masjid atau surau di antara Maghrib dan Isyak untuk membaca surah Yasin secara beramai-ramai.

kami membaca Yasin sebanyak tiga kali disertai niat agar dipanjangkan umur, dimurahkan rezeki dan kuatkan iman dengan diiringi doa khusus.

Malam Nisfu Syaaban sangat istimewa berbanding malam lain kecuali malam Lailatul Qadr pada Ramadan. Pada malam Nisfu Syaaban, pintu keampunan dibuka untuk semua orang yang berbuat dosa kecuali dosa mensyirikkan Allah SWT dan menyimpan perasaan dendam.

Ini bersandarkan hadis yang diriwayatkan Ibn Hibban dan al-Tabrani daripada Muaz bin Jabal bahawa Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud, “Allah SWT menurunkan rahmat kepada semua makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaaban, lalu ia mengampuni dosa-dosa mereka, kecuali orang musyrik dan yang menyimpan dendam." (Al-Muntaqa, 1/319, bil 533)

Walaupun ada yang mengatakan amalan membaca Yasin pada malam Nisfu Syaaban tidak pernah diajar Rasulullah SAW, tetapi ramai berpendapat tidak salah jika hendak membaca Surah Yasin secara beramai-ramai pada malam Nisfu Syaaban.

Seperti juga dengan tahlil, doa arwah, talkin, upacara potong jambul dan sebagainya ada yang berpendapat itu amalan bidaah tetapi masih juga dilakukan oleh umat Islam khususnya di negara kita kerana mereka berpendapat amalan itu boleh dilakukan.

Dari Sumber Berita di Koran

Banjarmasin (ANTARA News)- Ribuan umat Islam di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti ibadah malam nisfu sya`ban --menjelang tibanya bulan Ramadhan-- yang dilaksanakan hampir semua masjid dan surau yang ada di kota tersebut.

ANTARA News melaporkan bahwa yang mengikuti ibadah nisfu sya`ban di masjid tertua di kota ini, yaitu Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin Utara, Sabtu malam melaporkan, ribuan jemaah mengikuti ibadah yang hanya setahun sekali tersebut.

Masjid yang berkontruksi kayu ulin (kayu besi) dan beton tersebut, tampak penuh sesak, sehingga jemaah memenuhi halaman bahkan menyita jalan raya.

Ibadah malam nisfu sa`ban di masjid tersebut dipimpin ulama muda kharismatik, KH Juhdi yang memimpin salat Magrib berjemaah dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasin selama tiga kali.

Sebelum membaca surat Yasin secara bersama-sama ribuan jemaah itu, dilaksanakan doa meminta ampunan Allah SWT, serta dihapuskan segala dosa yang diperbuat, kemudian berdoa agar dipanjangkan umur, dimurahkan rezeki dan diberi keselamatan.

Doa lainnya meminta agar diampuni dosa para orang tua, tetangga, keluarga, serta dosa umat Islam Indonesia dan umat Islam di dunia.

Usai membaca surat Yasin tiga kali dilanjutkan dengan salat sunah Tasbih berjemaah selama dua kali dan salat Hajat.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dikumpulkan, ribuan jemaah juga memenuhi masjid terbesar Kalsel, Masjid Raya Sabilal Muchtadin, Masjid Noor, Masjid Jami Teluk Dalam, Masjid Sentra Antasari.

Berdasarkan kebiasaan umat Islam di Banjarmasin dan wilayah lain di Kalsel, selalu melaksanakan ibadah nisfu sya`ban.

Menurut pandangan umat Islam Kalsel, sepanjang tahun terdapat lima keutamaan yang cukup istimewa di sisi Allah SWT, yakni malam Jumat, malam Idulfitri, malam Iduladha, malam pertama bulan Rajab dan malam nisfu (pertengahan) bulan Sya`ban.

KH Juhdi mengatakan, Rasulullah Muhammad SAW dalam sabdanya kepada istrinya Aisyah RA, menerangkan keutamaan malam nisfu Sya`ban, yang merupakan malam mustajabah (dikabulkan) doa umat oleh Allah SWT.(*)
Dikesahkan bahawa satu hari Nabi Isa a.s berjalan-jalan maka ia terpandang sebuah gunung yang sangat besar maka beliau pun mendakinya sehingga sampai pada sebuah batu yang sangat putih, lebih putih dari warna susu
Apabila Nabi Isa a.s melihat batu itu, ia sangat kagum sehingga ia berpusing-pusing mengelilingi batu tersebut. Kemudian Allah s.w.t mewahyukan kepada beliau “Wahai Isa, adakah kamu mahu kalau aku tunjukkan yang lebih indah dan yang lebih mengkagumkan dari ini?”
Maka berkata nabi Isa a.s. “ Ya, aku hendak melihatnya”. Setelah nabi Isa a.s berkata demikian maka Allah s.w.t. pun memecahkan batu yang besar itu dan sebaik sahaja batu itu pecah maka kelihatan seorang tua berjubah putih sedang solat, di sisinya ada sebatang tongkat dan setangkai buah anggur.
Apabila nabi Isa a.s melihat keadaan orang tua itu begitu rupa maka dia pun
bertanya “ Wahai Sheikh, apakah yang sedang kamu buat di sini ?”.
Berkata Sheikh “ Inilah rezekiku yang Allah beri setiap hari”. Nabi Isa a.s bertanya lagi “ Sejak berapa lama kamu beribadat di sini ?. Sheikh menjawab “ Aku sudah berada di sini selama 400 tahun”.
Kemudian nabi Isa a.s bermunajat kepada Allah s.w.t. “ Ya Allah !, adakah engkau telah mencipta sesuatu yang lebih hebat dari apa yang aku saksikan pada orang tua ini ?”.

Allah mewahyukan kepada nabi Isa a.s. “ Wahai Isa, kalaulah umat akhir zaman (umat nabi Muhammad s.a.w.) menjumpai bulan Syaaban maka mereka mengerjakan solat Baraah pada malam pertengahannya ( malam nisfu Syaaban), niscaya solat itu lebih baik daripada ibadah hambaku ini selama 400 tahun”.

Kemudian nabi Isa a.s berkata “Alangkah bahagianya diriku ini sekiranya
aku dapat menjadi umat nabi akhir zaman”. ( umat nabi Muhammad s.a.w).

1.
2.
3. Mohon taubat dan keampunan diri
4. Membaca Al-Quran
5. Membaca Tasbih seperti:
6. Membaca Selawat kepada Nabi

4- KELEBIHAN BULAN SYAABAN (Rujuk Slaid 9)
Maksud Hadith : Daripada Nabi Muhammad s.a.w, sesunggguhnya bersabda: “Keistimewaan Bulan Syaaban adalah mengatasi segala bulan, sebagaimana keistimewaan para nabi dan Bulan Ramadhan adalah mengatasi keistemawan segala bulan. Sebagaimana Allah memberi keistimewaan kepada hamba-Nya”

1. Sabda Nabi s.a.w. Apabila masuk bulan Syaaban, baikkanlah niatmu
padanya, kerana kebaikan bulan Syaaban atas segala bulan adalah seperti
kelebihanku atas kamu. Al-Hadith

2. Barang siapa berpuasa sehari dalam bulan Syaaban, diharamkan oleh
Allah tubuhnya dari api neraka. Dia akan menjadi taulan kepada nabi
Allah Yusuf a.s di dalam syurga , diberi pahala oleh Allah seperti
pahala nabi Allah Ayub dan nabi Daud. Jika sempurnakan puasanya sebulan
dalam bulan Syaaban , dimudahkan baginya oleh Allah Sakaratul Maut dan
ditolak baginya kegelapan di dalam kubur, dilepaskan baginya huru-hara
Munkar dan Nakir, ditutup oleh Allah keaibannya di hari kiamat dan
diwajibkan ke atasnya syurga. Al-Hadith

3. Barang siapa berpuasa pada awal hari Khamis dalam bulan Syaaban dan
akhir hari Khamis dalam bulan itu., dimasukkan dia ke dalam syurga. .
Al- Hadith

4. Berkata Siti Aisyah r.a. Bulan yang lebih dikasihi oleh Rasululah s.a.w
ialah bulan Syaaban. . Al-Hadith

5. Sabda Nabi s.a.w. Syaaban adalan bulanku dan Ramadhan adalah bulan
umatku. Syaaban ialah mengkifarahkan (menghapuskan) dosa dan Ramadhan
ialah menyucikannya (rohani dan jasmani) . Al-Hadith 3

6. Sabda Nabi s.a.w. Bahawa puasa Syaaban kerana membesarkan Ramadhan.
Siapa yang berpuasa tiga hari dalam bulan Syaaban kemudian dia
berselawat kepadaku beberapa kali sebelum berbuka, maka diampunkan oleh
Allah dosanya yang telah lalu, diberkatkan rezeki baginya. Dan berkata
Rasululah s.a.w lagi bahawa Allah Taala membukakan pada bulan itu 300
pintu rahmat. Al-Hadith

Allah tidak akan mengampunkan dosa pada malam Nisfu Syaaban enam
golongan manusia:
a. Orang yang kekal minum arak
b. Orang yang durhaka kepada ibu bapa
c. Orang yang kekal dalam zina
d. Orang yang banyak berkelahi
e. Orang yang bersumpah palsu dalam jualannya
f. Orang yang mengadu domba
7.

Riwayat daripada Abil ‘Asi. Sabda Rasulullah s.a.w. Pada malam Nisfu Syaaban setelah berlalu 1/3 malam Allah Taala turun ke langit dunia lalu berfirman; Adakah orang-orang yang meminta maka Aku perkenankan permintaannya. Adakah orang-orang yang meminta ampun maka Aku ampunkannya. Adakah orang-orang yang bertaubat maka Aku taubatkan akannya
dan diampunkan bagi sekalian orang mukmin lelaki dan perempuan, melainkan orang yang berzina atau orang yang berdendam marah hatinya kepada saudaranya. Al-Hadith

8. Sabda Nabi s.a.w. Bahawa kelebihan Rejab atas bulan-bulan yang lain
seperti kelebihan Al-Quran atas segala kalam. Kelebihan Syaaban atas
bulan-bulan yang lain seperti kelebihanku atas segala ambia’. Kelebihan
Ramadhan atas bulan-bulan yang lain seperti kelebihan Allah atas segala
makhluknya. Al-Hadith

9. Bulan Syaaban, keagungan malamya pada malam Nisfu Syaaban seperti mana
keagungan Rejab dengan malam Isra’ Mi’rajnya dan keagungan Ramadhan
dengan malam Lailatul Qadarnya. Maka pada malam Nisfu Syaaban telah
datang Jibril kepada Rasulullah s.a.w. lalu berkata; Angkatlah kepalamu
ke langit, itulah malam yang dibukakan Allah padanya 300 rahmat dan
diampunkan sekalian orang yang tiada menyekutukannya (syirik) denganNya
sesuatu, kecuali tukang nujum, kekal dalam zina, kekal minum arak dan
derhaka terhadap ibu bapa. Al-Hadith

10. Sabda Nabi s.a.w. Allah menilik hambanya dimalam Nisfu Syaaban maka
diampunkan segala dosa makhluknya melainkan dosa orang syirik dan dosa
orang yang tiada bertutur dengan saudaranya.


Setelah kubaca dan kusimak kata demi kata yang ada di dalam layar monitorku..aku pun teringat istriku dan pekerjaanku dahulu saat bergabung dengan Perusahaan Oil & Gas yang ada di Duri. Dan kurasa masih banyak lagi kestimewaan malam Nisfu Sa'ban di dalam kehidupan saya ..Mungkin selama kuliah atau masih di SMA. Aku sudah lupa semua..

Yang kungat saat ini adalah bagaimana saya memohon doa kepada Allah di malam Nisfu Sa'ban pada waktu itu yang membuat kehidupann menjadi lebih baik dari keadaan yang sebelumnya.

1. MEMANJATKAN DO'A AGAR DIBERIKAN ISTRI YANG SHOLEHAH,

Sebenarnya kejadian ini berlangsung di Bulan December 1997 dimana pada
waktu itu, kakakku menikah dan aku pun pulang dari Bontang Kalimantan
Timur.. Dan cerita ini sudah saya muat dalam Kisah " KUTEMUKAN ISTRIKU
DI MALAM NISFU SA'BAN". Walan Episode II belum selesai diterbitan di
Blog ini. Tapi akan saya usahakan agar bisa diterbitan minggu depan..


Jadi pada waktu itu aku sengaja untuk mencari Malam Nisfu Sa'ban, dikarenakan menurut para ulama di kampungku..bahwa malam tersebut apa yang kita minta akan dikabulkan oleh Allah.
Singkat Cerita , saya balik ke Palembang dan pada malam nisfu Sa'ban dimana diantara Sholat Maghrib dan Sholat Isya, kita membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali. Setelah sholat Isya Aku pun berdo'a dan salah satunya mengenai jodoh..Aku minta kepada Allah , agar aku diberian istri yang cantk, yang baik , yang mencntai diriku, anak orang aya beragama Islam, berpendidikan, mencintai diriku dan menyayangi diriku.
Setelah berdo'a aku pulang ke rumah. Jarak dari Musholla di kampungku dengan rumahku berjarak sekitar 120 meter.
Dan aku sebelum keluar dari musholla , aku bersugesti/berniat.."Siapapun cewek yang kujumpai pertama kali adalah istriku" tapi bukan berarti istri orang wanita itu.
Au pun nggak tahu kenapa aku bersugesti seperti itu..Allah Hu Akbar..

Jadi setelah aku keluar musholla dan berjalan menuju rumah. Aku mengalami eanehan karena ta satu pun cewek yang kujumpai pada malam itu... Akhirnya tibalah aku di rumahku dan dalam bayanganku "kayaknya abelum ada jodohku nich.." akhirnya aku lihat ada 2 pasang sandal di depan rumahku yang bukan pemilik dari rumahku. Harapanku muncul kembali..
Akhirnya aku masuk ke rumah dan aku lihat ada 2 wanita dan yang satu sudah bersuami dan yang satunya masih gadis..
Dan yang masih gadis inilah adalah istriku sekarang.. Cerita mengenai bagaimana aku jumpa istriku bisa dilihat di Cerita"Kutemuan Istriku di Malam Nisfu Sa'ban)

Istriku : Orang Melayu Medan, Sekolah di Medan, Kuliah di Bandung, Kerja di Lahat Sumatera Selatan, ke Palembang karena ada Dinas

Sedang aku : Orang Palembang, Sekolah di Palembang, Kulah di Palembang, Kerja di Bontang Kalimantan, ke Palembang karena kakak menikah
Dan kami belum pernah kenal sebelumnya

Dan Anehnya apa yang kuminta di dalam do'aku d malam nisfu Sa'ban tersebut
dikabulkan semua oleh Allah. Alhamdulillah


2. MEMANJATAN DO'A AGAR DAPAT PEKERJAAN YANG DEKAT DENGAN KELUARGA.

Ini kisah sewaktu saya berdinas di Kota Banda Aceh sewaktu setelah terjadinya Tsunami di Aceh..Dan ini terjadi di tahun 2005 tepatnya di Bulan September 2005.
Aku waktu itu berangkat ke Aceh pada bulan Juni 2005 dan ditugaskan oleh kantorku yang berpusat di Medan.. untuk mengawasi proyek-proyek mereka di sana.
Karena apa yang dijanjikan oleh perusahaan waktu itu tidak cocok dengan apa yang kuhadapi di sana. Aku pun trus berdoa agar segera dapat keluar dari Aceh dan dapat kerja di luar aceh dan tentunya pengen di Oil & Gas..
Dan kulihat di Bulan September 2005, aku melihat ada malam nisfu sa'ban, dan tepat ada malam nisfu Sa'ban, aku pun mengerjakan membaca Surat Yasin antara Maghrib dengan Isya dan memohon agar diberikan pekerjaan yang lebih baik dari sekarang ini dan deat dengan keluarga..

Dan selang 2 dan 4 hari, aku mendapatkan telpon dari Perusahaan Oil & Gas yang ada di Duri Riau. dan gajinya sangat-sangat baik dari gajiku sebelumnya di Perusahaan sebelumnya.

Itulah dua buah pengalaman berhargaku dan terkabulnya do'aku di Malam Nisfu Sa'ban yang sangat-sangat berarti di dalam kehidupanku..

Dan nanti tanggal 26 Juli 2010 , akan ada malam Nisfu Sa'ban..Dan aku akan memanjatkan do'a lagi..dan tentunya do'a nya untu kebaikan diriku, keluarga agar menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.
Dan tentunya do'anya pengen Naik Haji ke Mekkah dengan Istriku tercinta.

Amin..

16 komentar:

  1. wah nice inpoh..
    heheu.
    txhx2..

    BalasHapus
  2. Terimakasih telah memberikan inspirasi. Terus terang saya juga berharap dpt merasakan terkabulnya doa spt yg pernah abang utarakan ke Allah d malam nifsu Sya'ban saat abang msh lajang dan saat d pekerjaan yg lama.

    BalasHapus
  3. aslkm.
    subhanallah.
    maha besar Allah dan maha suci Allah.
    saya yakin kalau Bapak adalah orang yang selalu di lindungi Allah dan orang yang soleh.
    karena saya yakin Allah selalu mengabulkan doa doa umatnya yang soleh dan selalu mengingatNya dan mengingat rasullullah.
    alhamdullillah.
    semoga doa bapak didengar terus oleh Allah SWT.
    amin amin amin ya rabal'allamin.
    terima kasih atas pengalamannya.
    ^_^

    BalasHapus
  4. Mbak Indah..
    Assalammualaikum..

    Terima kasih atas komentarnya..
    Dan saya sangat berterima kasih bilamana apa yang saya tulis diatas menbuat Mbak Indah semakin dekat dengan Allah..
    Yang penting setiap hari kita mengingat Allah SWT.. jadi itu yang selama ini saya kerjakan.

    BalasHapus
  5. Bang Aidil,
    Terima atas komentarnya , Tapi bukan berarti di malam lain kita lupa berdo'a kepada Allah.
    Intinya di Malam Nisfu Sa'ban inilah menurut kabar yang saya dengar apa yang kita minta dapat dikabulkan, tapi semua itu tergantung niatan dan keiklasan kita dalam berdo'a.
    Insya Allah..Dan saya sebagai manusia hanya bisa menceritakan pengalaman saya di malam nisfu sa'ban.
    Dan satu lagi, kalau bisa tiap hari kita mengingat Allah..maksudnya dengan menjaga tingkah laku dan perbuatan kita.
    Tapi bukan berarti kita lupa dngan hubungan dengan manusia dan mahluk sekitar kita.
    Karena kita ini manusia biasa dan tak luput dari salah. kadang kita pengen jujur dalam hidup ini tapi kadang keadaan memaksa kita untuk tidak jujur. Tapi itu semua tergantung kita dalam menjalaninya.

    BalasHapus
  6. amin, i like it's

    BalasHapus
  7. i like it's..., semoga terkabul amin....??

    BalasHapus
  8. subhanalloh... trimakasih atas inspirasinya...

    BalasHapus
  9. alhamdulilah,,,senangnya bisa membaca semua ini...
    makasie ya pa..
    :)

    BalasHapus
  10. aku jadi negrti apa makna arti pentng nya malam nosfu sa'ban !!!

    BalasHapus
  11. Subhanallah sungguh Allah maha besar, dan maha segalanya..
    Semoga amal perbuatan kita semua di terima disisiNYA amin...dan semoga agama islam/umat islam semakin harum & maju di dunia..amin..

    BalasHapus
  12. http://wahonot.wordpress.com/2008/07/21/hukum-upacara-peringatan-malam-nisfi-syaban/

    BalasHapus
  13. Dear Teman-teman,

    Mungkin apa yang saya berdo'a di malam Nisfu Sa'ban kebetulan di kabulkan Allah.
    Tapi ada beberapa juga yang tidak..
    Tapi kita harus yakin dan percaya, dengan niat baik dan ikhlas memohon do'a pada Allah , Insya Allah apa yang kita do'akan dikabulkan Allah

    BalasHapus
  14. Assalam mulaikum
    subhannallah maha suci engkau ya allah

    aku menangis dan sedih , karna banyak dosa2 ku

    BalasHapus
  15. Mas Tirta..
    Terima kasih atas komentarnya.
    Mengenai Dosa hanya kita dan Allah lah yang tahu. Dan bila kita merasa berdosa cobalah untuk menjauhi larangan Nya dan menjalankan Perintah Nya. Dan jangan lupa menyantuni anak yatim. Tapi yang penting Ikhlas.

    BalasHapus