Tuesday, June 5, 2018

PUJANGGA PIPING AS A PIPELINE DESIGN ENGINEER

Alhamdulillah , akhirnya kami mendapatkan pekerjaan kembali di dunia oil & gas. Bekerja di salah satu perusahaan Engineering & Construction, kami siap memberikan yang terbaik untuk perusahaan yang saya ikuti sekaligus ingin membuktikan kemampuan kami sebagai seorang pipeline engineer. Kerjanya baru mulai kemaren dan mudah-mudahan kami bisa menulis kembali sesuatu di blog ini walaupun dengan nuansa yang berbeda

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
          google_ad_client: "ca-pub-3627987274904652",
          enable_page_level_ads: true
     }); 
</script>

Sebenarnya kami banyak bekerja di piping design engineer dan ini baru pertama kami berkecimpung di dalam dunia pipeline design engineer. Sebenarnya ilmunya sama cuma yang dihadapi berbeda, kalau piping mostly di dalam gathering station kalau pipeline kebanyakan di luar areal kerja client.

Pipeline yang dikerjakan berhubungan dengan integrity atau bisa kita dalami adalah kemampuan dan kesanggupan dimana pipeline yang ada walau berumur lebih dari 40 tahun diharapkan masih mampu menahan beban dari dalam dan dari luar baik itu tekanan, korosi dan gesekan dari dalam saat transportasi minyak bumi (Shipping Line)

Korosi tidak bisa dihindarkan pada setiap benda yang bermetal alias punya komposisi besi (ferro) yang tinggi. Jadi mau tak mau engineer harus mendesign bagaimana seharusnya sebuah pipeline itu bisa tahan terhadap korosi,
Banyak cara yang dilakukan untuk menahan laju korosi yaitu dengan memberikan coating (lapisan) berupa cat atau lainnya. juga bisa memberikan cathodic protection dengan pemberian anoda di tempat yang sudah ditentukan.

Bisa juga dengan memberika pipe sleepe atau pipe condom, pipe casing atau lainnya dimana tujuannya ada untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam menghindarkan diri dari korosi.

Cerita malam menunggu malam lailatul Qodar  5 Juni 2018

No comments:

Post a Comment